Ruang tamu berukuran minimalis tetap bisa diupayakan kesan nyaman dan cantiknya dengan menambahkan berbagai hiasan. Salah satunya ialah pengaplikasian hiasan pada dinding ruangan. Menata hiasan dinding meski terlihat mudah ternyata juga perlu cara dan tips tips khusus lho.

Misalnya dimulai dari memilih model hiasan seperti apa yang akan dipasang, kemudian menentukan lokasi penempatannya, dan terakhir mempertimbangkan keserasiannya.

Hal-hal basik seperti ini jika tidak direncanakan dengan baik bisa-bisa hanya membuat ruangan dalam hal ini ruang tamu makin terlihat ramai saja. Kesan dekorasinya yang tadinya untuk mempercantik jadi tidak terlihat. Disinilah pentingnya untuk merencanakan setiap detailnya.

Untungnya, artikel kali ini akan membahas seputar tips bagaimana memaksimalkan ruang tamu dengan tambahan hiasan dinding. Lewat artikel ini kita akan belajar tentang bagaimana mengatur setiap elemen hiasan yang akan dipasang dan strategi penataannya.

Ruang Tamu dan Pentingnya Dekorasi Ruangan

Kesan pertama konsep rumah minimalis biasanya tercermin dari ruang tamunya. Interior ruang tamu minimalis modern yang tertata dengan baik maka keseluruhan rumah juga terlihat baik. Jadi, jangan pernah menyepelekan penataan ruang tamu. Upayakan untuk menata hiasan interior yang tepat untuk melengkapi gayanya yang minimalis.

Menata Hiasan Dinding, cara membuat hiasan dinding ruang tamu, jual hiasan dinding ruang tamu, hiasan dinding minimalis dari kayu, hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri, lukisan dinding ruang tamu, cara menata pigura di dinding, gambar hiasan dinding, hiasan rumah pemanis ruang tamu
Dekorasi hiasan dinding yang elegan – Diminimalis.com

Selain elemen interior secara keseluruhan, kerap kali dinding menjadi titik perhatian berikutnya. Hal ini lah yang membuat banyak orang terinspirasu untuk membuat hiasan interior, seperti wallpaper, aksesoris antik, foto hingga lukisan abstrak.

Tips Menata Hiasan Dinding Interior pada Ruang Tamu Minimalis

Menata hiasan dinding ruang tamu harus dipikirkan secara matang agar dekorasinya tampak lebih menarik dan penuh estetika. Menambahkan hiasan juga bisa jadi salah satu upaya memaksimalkan fungsi ruang tamu agar siapapun yang berkunjung jadi merasa nyaman.

Lantaran pentingny hal ini, penataan hiasan interior yang asal-asalan dan tak terkonsep bahkan bisa membuat ruangan terlihat semakin berantakan. Untuk itu, setiap penataannya membutuhkan perhitungan yang tepat. Berikut ini beberapa tips menata hiasan dinding untuk keindahan interior ruang tamu pada rumah minimalis Anda.

Menata Hiasan Dinding, cara membuat hiasan dinding ruang tamu, jual hiasan dinding ruang tamu, hiasan dinding minimalis dari kayu, hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri, lukisan dinding ruang tamu, cara menata pigura di dinding, gambar hiasan dinding, hiasan rumah pemanis ruang tamu
Sesuaikan hiasan dinding anda dnegan tema interior – Diminimalis.com

1. Sesuaikan dengan tema interior

Pilih desain hiasan yang sesuai dengan tema interior ruangan. Bentuk pigura yang akan digunakan juga perlu dipertimbangkan. Akan lebih baik lagi jika tema foto yang ditampilkan juga sesuai dengan tema minimalis ruang tamu.

2. Tentukan kolase

Terdapat sekitar 10 macam formula kolase untuk ruang tamu yang bisa membuat tampilan dinding terlihat lebih hidup. Penjelasannya ini akan dibahas secara mendalam di sub berikutnya.

Pilih salagh satunya untuk Anda terapkan di ruang tamu. Jangan lupa untuk mengatur pola yang rapi agar tampilan ruang tamu terbantu.

3. Sesuaikan penataan hiasan

Untuk tips selanjutnya dalam menata ruang tamu sederhana yang modern adalah memperhatikan penataan detail hiasan. Sesuaikan model penataan hiasan dengan jumlah, ukuran, model, dan macam-macam hiasan yang akan dipasangkan.

Tidak perlu terlalu banyak hiasan yang dipilih. Ambil beberapa saja agar ruangan tidak terlalu sesak oleh hiasan sehingga mengganggu fokus perbincangan.

4. Tentukan titik fokus

Penataan hiasan dinding pun tak bisa dilakukan dengan sembarangan. Salah satu kunci agar enak dipandang adalah dengan menentukan satu titik untuk dijadikan focal point. Titik tersebut akan memudahkan Anda dalam melanjutkan langkah penataan berikutnya.

Adapun yang dimaksud dengan titik pemasangan adalah lokasi dimana hiasan akan dipajang. Misalnya untuk hiasan dinding kaligrafi yang bentuknya cukup besar, maka bisa ditempatkan di tengah salah satu dinding dan tidak ditambahi hiasan lain.

5. Menarik garis halus

Setelah membuat satu titik fokus, tariklah garis halus untuk menentukan setiap poisisi dari masing-masing hiasan yang akan ditempelkan/digantungkan. Ini akan membuat hiasan dinding semakin presisi.

6. Beri tanda pada dinding

Berikan tanda pada dinding yang akan dipasangkan hiasan. Akan lebih baik jika membuat garis tipis yang seukuran dengan masing-masing hiasan. Untuk mengantisipasi ketimpangan atau penataan jarak tidak sesuai, mengingat ukuran hiasan yang satu dengan yang lainnya cukup berbeda.

7. Tempelkan kertas penanda

Setelah garis tipis dibuat, Anda bisa memulai menempelkan kertas untuk membentuk sebuah kolase hiasan dinding. Pastikan kertas yang digunakan bisa dilepas kembali dan tidak meninggalkan noda pada tembok yang kerap menjadi masalah baru pada dinding rumah Anda.

8. Beri jarak pada hiasan

Selanjutnya, sisakan jarak antara hiasan yang satu dengan yang lainnya agar biasan pada dinding terlihat simetris dan proporsional.

Formula untuk Menata Hiasan Interior Ruang Tamu

Dalam menata hiasan dinding untuk keindahan interior ruang tamu sebetulnya memang penting dilakukan dengan konsep tertentu. Setidaknya ada 10 formula yang bisa dijadikan panduan dalam menata hiasan dinding ruang tamu minimalis Anda.

1. Butterfly

Dengan memasangkan satu foto besar sebagai titik fokusnya. Letakan empat foto lainnya di sisi kanan dan kiri foto yang menjadi titik fokus.

2. On a Shelf

Gunakan ambalan sebagai tempat untuk hiasan dinding. Ambalan tidak selalu digunakan untuk menaruh perabotan kecil, melainkan juga bisa digunakan untuk menghias beberapa foto dengan titik fokus yang lebih besar ditengahnya. Anda juga bisa menambahkan hiasan dinding minimalis dari kayu sebagai pemanis yang akan membuatnya lebih eye-catching.

3. Pinwheel

Letakanlah 4 figura dengan posisi pinwheel attau memutar selang seling. Figura pertama letakkan dengan posisi landscape, kemudian figura berikutnya dengan posisi portrait, dibawahnya letakan kembali figura portrait dan disampingnya letakkan posisi figura lansdscape kembali.

rak buku dinding untuk dekorasi ruang tamu - diminimalis.com
desain rak buku kreatif yang dapat memperindah ruang tamu Anda – diminimalis.com

4. Line Up

Konsep ini kerap kali digunakan. Caranya, hanya dengan membiarkan figura ditata tak beraturan. Namun, tetap dengan jarak dan penyusunan yang sesuai. Anda bisa mencari orang yang jual hiasan dinding ruang tamu, sleian dari figura.

5. Block Party

Konsep ini lebih tersusun rapi karena diletakkan dengan ukuran figura yang sesuai. Bisa disusun 3 x 3 atau 4 x 4 figura. Namun, untuk penataan di ruang tamu, disaranan jangan lebih dari 4 x 4 susun figura. Sebab, nanti justru akan terlihat terlalu penuh.

6. Chevron

Letakkanlah figura portrait dan susun berjejer selang seling. Formula ini sangat cocok untuk ruang tamu minimalis. Carilah figura berwarna biru tosca, hitam atau putih.

7. Tetris/Squared

Hampir serupa degan Line Up, namun formula ini lebih rapi karna masing-masing figura diratakan agar setiap sisinya lurus.

8. The Quad

Formula ini menggabungkan beberapa figura portrait panjang yang dijejer lurus. Lebih cocok lagi jika isi figura bukanlah foto, melainkan lukisan dinding ruang tamu.

9. Simple

Susun satu foto besar dengan 3 figura portrait dipingirnya

10. Elegan

Anda bisa tambahkan satu kaca berbingkai oval dan berikan figura-figura berisi foto berukuran kecil disamping kaca.

Demikian ulasan kami tentang cara menata hiasan dinding untuk keindahan interior ruang tamu Anda. Menata hiasan interior dengan konsep tertentu dan dengan strategi yang matang akan membuat ruangan terlihat lebih cantik. (us) editted by RN25102020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *