by

Menanam Bunga Mawar Berdasarkan 3 Poin Pengetahuan Penting

Menanam bunga mawar termasuk dalam hal yang tergolong cukup mudah dan sangat diminati oleh banyak orang. Numun, kebanyakan orang hanya mengenal secara umum terkait menanam bunga mawar. Sehingga perlu adanya informasi tambahan yang akan menambah pengetahuan.

Menanam bunga mawar memang sudah banyak yang melakukannya. Hal tersebut dikarenakan menanam bunga mawar sangat simpel dan tidak ribet. Namun, Anda juga perlu mengetahui agar bunga mawar tumbuh dan berbunga dengan baik dan indah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ada beberapa informasi yang perlu Anda ketahui.

Berikut informasi terkait menanam bunga mawar yang baik dan benar serta beberapa informasi terkait tanaman bunga mawar yang akan menambah pengetahuan Anda. Sehingga Anda memiliki pengetahuan yang lebih terkait tanaman bunga mawar.

Tips Menanam Bunga Mawar

Infromasi pertama adalah tips menanam bunga mawar. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menanam bunga mawar. Berikut tips menanam bunga mawar dengan batang yang benar agar tanaman bunga mawar Anda tumbuh dengan subur dan tidak mengecewakan:

Menanam Bunga Mawar

Pertama, pilih batang bunga mawar yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda untuk Anda jadikan sebagai bibit tanaman bunga mawar. Hal ini dilakukan guna mendapatkan bibit tanaman bunga mawar yang baik dan dapat menghasilkan bunga mawar yang indah.

Kedua, Anda potong badang bunga mawar secara meruncing. Jadi ujung batang dibuat agar meruncing, hal ini khusus untuk batang yang akan Anda tancapkan didalam tanah. Selain itu, pastikan bahwa hasil potongan Anda rapi. Jika tidka rapih Anda dapat merapihkannya dengan memotongnya hingga rapi namun tetap runcing.

Ketiga, gunakan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) alami seperti lidah buaya atau dengan bawang yang sudah ditumbuk. Jika Anda menggunakan lidah buaya, Anda dapat mengoles lendirnya pada ujung batang yang akan Anda gunakan untuk ditancapkan di dalam tanah.

Sedangkan, jika Anda menggunakan bawang, Anda dapat masukan bawang yang sudah ditumbuk kedalam gelas, kemudian diisi air dan masukan batang bunga mawar ke dalamnya dan rendam sekitar 6 sampai 8 jam. Setalah itu, Anda dapat langsung menanamnya di media tanam yang sudah Anda siapkan.

Tips ini dapat Anda gunakan ketika proses penanaman bunga mawar yang diharapkan dapat membantu tanaman Anda menjadi tanaman yang subur serta berbunga cantik dan indah sesuai dengan keinginan Anda.

Sifat Tanaman Bunga Mawar

Infromasi selanjutnya adalah sifat tanaman bunga mawar, yang mungkin sebagian dari Anda semua sudah mengenal tanaman bunga mawar ini. Hal ini dikarenakan tanaman bunga mawar sudah sangat banyak dan dapat Anda jumpai di sekitar Anda.

Namun, tidak ada salahnya jika kita mengulasnya kembali secara mendetail. Walaupun bunga mawar memiliki banyak spesies, namun tanaman ini memiliki sifat botani yang menjadi ciri khusus tanaman ini.

Tanaman bunga mawar merupakan tanaman hias yang memiliki rata-rata tinggi tanaman antara 0,3 sampai 0,5 meter dan memiliki daun yang berselang. Tanaman ini termasuk jenis perdu yang memiliki akar tunggang dengan akar yang memiliki banyak cabang.

Sedangkan untuk batangnya memiliki banyak duri dan bunganya sangat harum. memiliki mahkota bunga yang halus dan cantik, sehingga sering disebut dengan ratu bunga. Memiliki benang sari dan putik yang tersusun pada bunga yang berbentuk guci.

Nah, semua itu merupakan sifat botani dari tanaman bunga mawar yang kemungkinan Anda semua sudah mengetahuinya. Namun, dengan urain di atas diharapkan dapat menambah pengetahuan Anda.

Cara Merawat Tanaman Bunga Mawar

Nah, informasi selanjutnya adalah cara merawat tanaman bunga mawar. Tanaman ini memang dapat hidup liar tanpa dirawat. Namun, jika Anda membiarkannya, tanaman ini tidak akan menghasilkan bunga secara maksimal.

Menanam Bunga Mawar

Berbeda jika Anda merawatnya dengan rajin dan benar, maka tanaman buanga mawar akan mengeluarkan bunga yang indah terawat dan sangat cantik. Dengan demikian tanaman bunga mawar akan hidup terawat maksimal. Berikut cara merawat tanaman bunga mawar yang perlu Anda ketahui:

Pertama, tanaman bunga mawar sebaiknya ditemapatkan di tempat yang terkena sinar matahari setiap hari. Hal ini akan membantu proses fotosintesis dari tanaman tersebut. Namun, Anda juga harus rajin menyiram tanaman tersebut agar tidak kering karena kekurangan air.

Kedua, cara merawat yang kedua adalah dengan memberikan nutrisi yg cukup pada tanaman bunga mawar. Caranya adalah dengan memberinya pupuk. Nah, untuk jenis pupuk yang bagus digunakan adalah pupuk kandang yang aman tanpa ada efek samping yang buruk untuk kesuburan tanaman.

Bagi Anda yang tidak memiliki pupuk kandang, Anda dapat menggunakan pupuk buatan. Namun Anda tidak disarankan menggunakan pupuk buatan secara berlebihan. Karena hal tersebut akan mengganggu pertumbuhan tanaman bunga mawar.

Ketiga, Jangan lupa untuk rajin melakukan penyiraman pada tanaman bunga mawar. Penyiraman dapat Anda lakukan sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari jika cuaca panas, 1 kali sehari pada pagi hari jika cuaca tidak panas.

Namun, ketika musim penghujan, Anda hanya cukup menyemprotkan air biasa pada bunga dan daun mawar saja. Hal ini dapat Anda lakukan ketika hujan telah reda, karena air hujan memiliki sifat yang agak keras.

Keempat, rutin menyemprot pestisida jika sedang musim hujan agar bunga mawar tahan dari butiran air hujan yang mengenainya. Hal ini dilakukan guna menjaga bunga mawar bisa bertahan walaupun terguyur hujan.

Kelima, rajin melakukan pengoban dengan cara penyemprotan insektisida dan fungisida satu bulan sekali. Hal ini dilakukan guna mencegah dan melindungi tanaman bunga mawar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga, tanaman bunga mawar akan tumbuh subur dan berbunga indah.

Keenam, Selanjutnya Anda diharuskan untuk membersihkan gulma secara rutin. Hal ini akan menjadikan tanaman Anda lebih sehat tanpa Anda gangguan dari tanaman-tanaman penggagu yang tumbuh disekitarnya. Sehingga penghilanggan gulma sangat disarankan kepada Anda.

Ketujuh, yang terakhir adalah dengan menghilangkan rasa tidak tega. Maksudnya, Anda diharuskan memotong batang mawar yang sudah rusak atau mengering. Hal ini dilakukan untuk merangsang tumbuhnya cabang baru yang akan menghasilkan bunga yg lebih baik.

Dengan menghilangkan batang yang sudah rusak, maka nutrisi akan diberikan pada batang baru yang muncul sehingga kualitas dari batang baru lebih baik dari pada batang sebelumnya. Hal ini juga dilakukan guna menghindari kemubadziran nutrisi yang diberikan ke batang yang sudah rusak.

Nah, bagi Anda yang akan memotong batang yang rusak, Anda dapat memotongnya pada dua ruas dibawahnya, atau jangan sampai merusak proses pertumbuhan batang baru yang muncul.

Sekian infromasi terkait menanam bunga mawar dan beberapa informasi tambahan terkait tanaman bunga mawar. Semoga informasi di atas berguna dan bermanfaat untuk Anda semua.

Melalui informasi di atas, diharapkan akan membantu Anda dalam menanam bunga mawar dan merawatnya. Sehingga tanaman Anda akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan bunga yang indah nan cantik. Selamat menanam bunga mawar untuk Anda semua. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.