Anda mempunyai taman yang gitu-gitu aja? Anda perlu mengganti suasana taman dengan cara memperindah taman bergaya tropis. Model taman ini memang cukup rumit karena memerlukan perlakuan khusus untuk masing-masing vegetasinya. Taman rumah bergaya tropis merupakan konsep taman yang didesain menyerupai hutan tropis. Konsep taman yang ideal dan digemari di Indonesia karena menampilkan kesan natural yang eksotis sesuai iklim negara ini.

Bagaimana Memperindah Taman Bergaya Tropis?

memperindah taman bergaya tropis, memperindah taman bergaya tropis di Indoensia, taman tropis gaya bali
Tman rumah bergaya tropis pada rumah minimalis – diminimalis.com

Taman bergaya tropis adalah taman yang mempunyai desain seperti hutan tropis. Taman ini mempunyai berbagai jenis bunga dan tanaman yang sengja digunakan agar lebih lebat dan terlihat tidak kosong. Taman tropis juga akan lebih indah jika Anda menambahkan beberapa bebatuan, dekorasi, serta furnitur di teras luar ruangan.

Langkah untuk menciptakan sebuah konsep tropis lebih nampak, Anda perlu menggunakan banyak warna dan sangat menarik untuk dipandang mata. Adanya warna-wrana yang mencolok, serta dengan bentuk yang unik dan khas yang paling menonjol dari jenis tamanaman tropis. Tanaman tropis biasanya tumbuh di daerah yang cukup panas dan agak lembab. Apabila Anda mampu menata taman tropis dengan sangat cantik, tidak menutup kemungkinan nantinya akan dapat menarik perhatian burung, kupu-kupu, capung, dan lebah.

Berbagai tanaman seperti rerumputan, pohon, dan bunga hias dapat dipilih untuk melengkapi varian tanaman yang hadir di taman tropis. Meskipun penataan tanaman tersebut terkesan liar dan berantakan, namun taman tropis juga memerlukan perhatian khusus. Maka, Anda perlu merawatnya dengan seksama agar lebih indah dan menarik.

Tips Memperindah Taman Bergaya Tropis

memperindah taman bergaya tropis, memperindah taman bergaya tropis di Indoensia, taman tropis gaya bali
taman tropis yang terlihat menyejukkan di siang hari – diminimalis.com

Berikut ini tips singkat bagaimana merawat taman rumah bergaya tropis.

1. Pemangkasan

Langkah pertama untuk memperindah taman bergaya tropis adalah memangkas tanaman berkayu yang lebat setiap satu bulan sekali. Sehingga taman tropis dalam tampil lebih rapi seperti desain awal.

Anda dapat memangkasnya pada bagian samping dan atas yang sekiranya dapat mengganggu pemandangan. Gunakan gunting khusus tanaman agar hasilnya lebih rapi. Pastikan Anda memangkas bagian yang tidak mengurangi estetika tanaman tersebut.

2. Pemupukan

Langkah kedua yaitu memberikan pupuk tambahan, seperti Growmore dan Hyponex untuk tanaman yang lambat berkembang. Caranya mudah, hanya dengan menyemprotnya. Namun jangan lupakan penggunaan pupuk lambat urai dengan pemakaian sesuai dosis dan frekuensi yang dianjurkan pada kemasan.

Hindari pupuk yang terbuat dari bahan kimia. Alangkah lebih baiknya Anda menggunakan pupuk yang berasal dari kotoran hewan, pupuk kompos, campuran nutrisi makro, atau pupuk dari daur ulang tanaman. Tanaman Anda akan mudah subur jika diberikan kandungan yang murni dan sehat.

3.Penggemburan

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan beberapa nutrisi seperti nitrogen, fosfor, potasium, magnesium, sulfur, dan kalsium. Nutrisi tersebut sebenarnya sudah ada di dalam tanah, namun seiring berjalannya waktu nutrisi tersebut semakin hilang. Oleh karena itu, Anda dapat mengganti tanah secara berkala agar tanaman tumbuh subur dan tidak layu.

Anda juga perlu melakukan penggemburan tanah yang sudah mengeras akibat dari pemupukan agar tanah kembali subur dan kaya akan oksigen. Caranya dengan mencungkil ringan tanah, seperti sedang membajak sawah. Lalu isi tanah dengan campuran pasir dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Ketebalannya kira-kira 2 cm. Penggemburan tanah tersebut dilakukan minimal setiap 3 bulan atau paling lambat setahun sekali.

4. Pengendalian Hama

Langkah berikutnya untuk memperindah taman bergaya tropis adalah melakukan pengendalian Hama Penyakit Tanaman (HPT) yang biasanya sering menyerang, seperti kutu, ulat, dan bekicot. Jika tingkat serangannya rendah, maka atasilah dengan membuangnya satu per satu. Sedangkan yang terkena serangan parah, gunakanlah pestisida, seperti Decis, Metaphar, dan Curacron. Serta untuk pencegahan dilakukan dengan menaburkan Furadan.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa strategi berikut ini untuk mencegah tanaman dari serangan penyakit dan hama yaitu:

  • Pastikan Anda menjaga kualitas tanah dan memberikan nutrisi yang cukup seperti kotoran hewan atau kompos alami secara rutin pada tanaman
  • Merotasi tanaman secara rutin
  • Meletakkan tanaman dilokasi yang tepat sesuai kebutuhan dan kondisi tanaman
  • Memangkas rumput-rumput liar di sekitar tanaman

5. Menyiram Tanaman dengan Tepat

Langkah selanjutnya untuk memperindah taman bergaya tropis adalah melakukan metode yang tepat dalam melakukan penyiraman. Memang sejatinya semua tanaman membutuhkan air, namun setiap tanaman mempunyai porsi kebutuhan air yang berbeda-beda. Anda perlu mengetahui hal tersebut sebelum menyiramnya.

Berikut ini metode penyiraman secara tepat yang dapat Anda lakukan:

  • Menyiram tanaman pada saat pagi atau malam hari. Cara ini dilakukan agar tanaman mendapatkan suplai air yang cukup sebelum terkena sinar matahari secara langsung.
  • Siramlah tanaman secara merata agar tanaman tumbuh dengan baik dan stabil.
  • Siramlah tanaman secukupnya. Hindari menyiram pada daun yang terlalu basah, karena justru akan mengundang hama tanaman.
  • Hindari genangan air yang akan menutup jalur oksigen dan akan membuat tanaman cepat rusak.

6. Menjaga Kebersihan Taman

Taman Anda sudah sangat cantik dengan berbagai bunga dan jenis pepohonan. Jangan rusak tanaman Anda dengan sampah yang berserakan. Hindarkan membuang sampah ke tanah di sekitar tanaman, salah satunya sampah plastik, kaleng, dan bahan lainnya yang tidak dapat diurai oleh mikroorganisme.

Sapulah lingkungan taman setiap pagi dan sore hari untuk membersihkan dedaunan yang jatuh. Bersihkan juga patahan dahan, pangkas beberapa bagian tanaman yang tidak teratur. Serta buanglah sisa kotoran dan debu yang tidak seharusnya berada di lingkungan taman.

4 Desain Taman Tropis Rumah Minimalis

Anda sudah melihat beberapa tips memperindah taman bergaya tropis. Selanjutnya diminimalis akan sajikan 4 desain yang sangat cocok untuk taman tropis Anda.

1. Desain Taman dengan Sedikit Tanaman

Desain taman tropis yang pertama adalah taman yang menggunakan sedikit tanaman. Pada umumnya taman mempunyai banyak unsur rumput, namun desain taman yang satu ini justru menerapkan batu paras kebumen dan beberapa menggunakan jenis batu baligreen.

Selain itu, taman ini juga menggunakan beberapa jenis tanaman seperti gelombang cinta, palm, supplir sebagai pengganti rerumputan yang hijau. Anda juga bisa menambahkan beberapa furnitur seperti meja dan kursi di tengah atau sudut taman.

2. Kombinasi Taman Tropis dan Minimalis

Desain selanjutnya untuk memperindah taman bergaya tropis adalah memadukan taman tropis dan minimalis. Anda dapat memadukan batu koral sikat yang digunakan sebagai warna kontras dengan tanaman seperti rumput gajah mini, suplir, dan tanaman hias lainya. Biarkan tanaman ini tumbuh rimbun dan banyak, ini bertujuan agar lebih teduh dan sejuk.

3. Desain yang Berkesinambugnan

Desain taman tropis selanjutnya adalah konsep yang menerapkan kesinambungan. Taman ini menggunakan perpaduan yang tidak terkesan luas karena penerapan tanaman yang tidak rimbun dan pemasangan pijakan koral sikat yang disusun berbaris. Tujuan dari pijakan koral ini adalah untuk mengurangi dominasi warna hijau dari rumput.

4. Desain Memperluas Lahan yang Sempit

Desain selanjutnya untuk memperindah taman bergaya tropis adalah menggunakan lahan yang sempit agar terliat luas. Kunci dari membuat taman ini adalah kreativitas dalam menyusun taman. Anda dapat menggunakan batu koral dan sedikit batu setapak untuk menampilkan kesan elegan.

Agar taman lebih terlihat luas, Anda juga bisa menambahkan batu tempel atau marmer pada lantai tempat kursi. Tempat ini bisa Anda jadikan relaksasi ketika penat. Letakkan tanaman yang tidak terlalu besar agar tidak memakan tempat. Hindari juga tanaman yang akan tumbuh lebat dan menghalangi jalan.

Demikian ulasan kami tentang memperindah taman bergaya tropis pada rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membca ulasan kami tentang landscape taman belakang rumah, pelengkap kebahagiaan keluarga semoga bermangaat. (ls) editted by AL050421.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *