Kiat Memilih Wallpaper Dinding Kamar Untuk Kesan Berbeda, Begini Caranya!

Rumah dengan dinding wallpaper memiliki keunggulan tersendiri utamanya dari sisi tampilan. Meski begitu, masih saja ada yang dilema terutama akan memilih dinding polos atau diberi wallpaper yang memakan biaya lebih besar.

Ditambah lagi, memilih wallpaper yang sesuai dengan keinginan bukanlah perkara yang mudah. Apalagi ketika harus menyesuaikan pula dengan budget yang dimiliki.

Mengapa Memilih Wallpaper Terbaik itu Penting?

Wallpaper sudah sangat lazim digunakan pada dinding rumah agar terlihat lebih indah. Ragam motif dan warna yang dimiliki wallpaper cukup membantu Anda dalam menentukan wallpaper seperti apa yang hendak digunakan.

Memilih wallpaper
Memilih wallpaper yang sesuai – diminimalis.com

Seluruh bagian dinding dalam rumah bisa Anda lapisi dengan material wallpaper ini. Ruangan akan memberikan kesan berbeda jika Anda aplikasikan wallpaper didalamnya. Harga wallpaper dinding rumah yang relatif lebih mahal dibanding cat tembok tentu tidak akan membuat Anda kecewa jika hasil yang ditampilkan jauh lebih indah dan menarik.

Jadi, kenapa Anda tidak memasang wallapaper saja daripada tembok Anda polosan?

Tips Memilih Wallpaper untuk Kamar tidur

Perlakuan sedikit berbeda harus Anda lakukan pada tiap-tiap ruangan yang hendak Anda pasang Wallpaper di dalamnya. wallpaper yang Anda pilih untuk ruang tamu tentu akan sangat berbeda dengan wallpaper yang hendak Anda pilih untuk kamar. Apa sajakah tips memilih wallpaper pada kamar yang perlu dilakukan agar tercipta kesan berbeda, berikut ulasannya.

Perhatikan ukuran ruangan

Luas dan sempitnya ruangan kamar akan sangat menentukan wallpaper seperti apa yang hendak Anda pilih. Pada ruangan kamar yang memiliki space yang luas bisa Anda gunakan wallpaper berwarna gelap agar kamar terkesan lebih tenang. Namun jika luas ruangan kamar yang Anda miliki tidak terlalu luas Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan warna wallpaper yang cerah agar kamar terasa lebih luas.

Pertimbangkan tempat pemasangan

Tidak sedikit orang yang menggunakan wallpaper pada keseluruhan bidang dinding kamar agar terlihat indah. Tidak salah memang, namun memasang wallpaper pada sebagian dinding dan mengecat bagian lainnya akan memberikan kesan yang lebih menarik.

Anda bisa memasang wallpaper pada area belakang tempat tidur dan mengecat bagian dinding lainnya. Pemasangan seperti ini akan menjadikan nuansa kamar tidur Anda lebih menyenangkan. Apalagi jika warna cat yang Anda pilih diselaraskan dengan warna wallpaper pilihan.

Sesuaikan dengan tema

Salah satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah menyelaraskan antara tema ruangan dengan tema wallpaper yang hendak digunakan. Kesesuaian ini akan menjadikan suasana ruangan terasa lebih hidup dan menarik sehingga Anda pun menjadi betah di dalamnya.

Pemilihan bahan dan warna

Wallpaper yang beredar di pasaran memiliki jenis bahan yang cukup beragam mulai dari jenis vinyl, textile dan foil. Dari ketiga bahan tersebut, bahan vinyl menjadi bahan yang paling banyak digunakan. Bahan vinyl memang memiliki kelebihan mudah dibersihkan dan juga memiliki daya tahan yang lebih baik dibanding bahan lain dari udara yang lembab.

Untuk pemilihan warna wallpaper bisa Anda sesuaikan dengan luasan ruangan maupun dengan warna-warna faforit Anda. jika Anda bingung bisa konsultasikan dengan jasa desain interior rumah yang Anda percayai.

Hindari pembelian online

Memilih wallpaper
berhati-hati saat berbelanja online – diminimalis.com

Hari ini kita memang sangat dimudahkan dengan adanya akses internet yang bisa menjangkau hampir seluruh penjuru dunia. Tak terkecuali dalam hal jual beli, Anda akan sangat dimanjakan dengan begitu banyaknya toko online yang menawarkan produk unggulanya termasuk wallpaper.

Hal ini patut Anda waspadai karena bisa jadi antara produk yang ditawarkan dengan kenyataannya berbeda.

Untuk menghindari kesalahan saat membeli wallpaper ada baiknya Anda membeli di toko wallpaper yang ada di sekitar rumah Anda agar diperoleh barang yang sesuai.

Kiat Khusus Memilih Wallpaper Dinding yang Bagus

Pada prinsipnya pemilihan wallpaper yang tepat akan membuat ruangan semakin bagus. Hanya saja tidak semua orang memahami bahwa ada beberapa kriteria yang mesti ada saat hendak memilih wallpaper untuk kamar, berikut diantaranya:

1. Tentukan Kombinasi warna yang visioner

Warna berpengaruh terhadap suasana ruangan. Untuk membuat ruangan tampak lebih besar dan langit-langit lebih tinggi, pilih pola dengan latar belakang warna-dingin, seperti hijau, biru, atau ungu. Warna-warna dingin yang lembut menunjukkan ketenangan. Gunakan pola pemilihan warna yang cerah terlebih jika rumah Anda minimalis.

2. Perhatian pada arah cahaya

Warna dan motif wallpaper berpengaruh terhadap suasana ruangan terutama saat terkena cahaya. Jadi perhatikan di bagian dinding sebelah mana yang akan Anda pasangi wallpaper. Warna gelap akan membuat cahaya lebih dekat dan ruangan terasa kecil. Sebaliknya, wallpaper warna terang akan membuat ruangan terkesan lebih luas dan elegan.

3. Pilih Gaya yang Cocok

Untuk tampilan formal, pilih pola yang besar dengan warna dramatis. Untuk mendapatkan gaya yang berkesan menyenangkan dan cerah, pilih motif kecil/bintik.

4. Padu padankan untuk dapat tampilan terbaik

Suatu ruangan tanpa adanya pola bisa membosankan, sementara ruangan dengan terlalu banyak pola bisa menyebabkan crowdy. Saat memilih pola yang tepat, adopsi pola yang sama untuk  setiap garisnya.

Mungkin itu dulu ulasan singkat mengenai bagaimana memilih wallpaper untuk dinding kamar agar diperoleh kesan yang berbeda. Semoga dengan penambahan wallpaper pada kamar akan menambah kualitas intirahat Anda sehingga Anda bisa bangun dengan hati yang senang dan badan yang prima. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am). editted by RN26022020


Comment