Memiliki rumah berlantai keramik sering jadi hal yang dilematis. Khususnya dalam memilih lantai keramik yang tepat dari sisi motif, pemasangan, hingga harganya di toko bangunan.

Dalam memilih lantai keramik, sebenarnya tidak ada yang rumit. Sebab, pada dasarnya tinggal menyesuaikan kebutuhan ruangan, dimana ubin keramik tersebut akan dipasang.

Jika Anda sudah mantap memilih keramik sebagai material lantai rumah Anda, maka satu-satunya pilihan terbaiknya adalah memilih produk keramik terbaik. Sayangnya, tidak semua orang bisa. Ada yang hanya berfokus pada kesukaan terhadap motif saja namun harganya mahal jadi ujung-ujungnya boros.

Ada juga yang mengutamakan harga murah namun baru dipakai/dipasang beberapa tahun sudah retak-retak atau natnya bermasalah.

Disinilah pentingnya untuk Anda sebagai peminat keramik yang mungkin masih pemula, untuk memahami keramik seperti apa yang Anda butuhkan. Jadi, mari kita simak apa saja tips memilih material keramik sebagai lantai rumah Anda

Memilih Lantai Keramik, Memilih Lantai Keramik rumah, warna keramik rumah minimalis, Lantai teras rumah minimalis
Lantai keramik di teras rumah minimalis – diminimalis.com

Tips Memilih Lantai Keramik untuk Rumah Anda

Untuk memilih keramik sebagai material lantai rumah Anda, diperlukan beberapa tips agar didapatkan hasil terbaik, diantaranya yaitu:

porcelanix lantai, porcelanix 3D, porcelen keramik
lantai yang dihiasi dengan porcelanix bermotif bunga dan pewarnaan yang tepat – diminimalis.com

1. Memilih Bahan Keramik Terbaik

Untuk sebuah hunian/rumah, lantai keramik juga dituntgut untuk punya kualitas terbaik. Hal ini tidak lain supaya tidak cepat rusak dan bisaawet bertahun-tahun seiring berjalannya waktu.

Pilihlah bahan keramik yang berkualitas bagus dan tahan lama sehingga tidak mudah pecah ketika terinjak ataupun terkena benda tertentu. Dengan material terbaik maka ruangan rumah Anda akan indah dan awet cantiknya.

2. Pemilihan Warna harus Tepat

Anda perlu menyesuaikan lantai dengan tema yang akan diaplikasikan pada rumah Anda. Apabila bergaya desain rumah minimalis, maka hindarilah warna keramik yang gelap karena akan menambah kesan sempit pada ruangan.

Sebaliknya, pilihlah keramik-keramik bermotif cerah/terang sehingga mampu menghasilkan efek luas pada ruangan. Warna-warna cerah yang bisa dipilih ialah seperti putih, abu, kuning, dan lain sebagainya.

3. Ukurannya juga Harus Disesuaikan dengan Ruangan

Kesesuaian antara ukuran keramik dengan ukuran luas ruangan juga penting. Sebab, ukuran keramik juga berperan dalam membangun kesan luas pada sebuah ruangan rumah.

Apabila Anda mempunyai ruangan yang cukup besar maka Anda bisa menggunakan keramik dengan ukuran besar pula. Sementara apabila rumah Anda adalah konsep minimalis atau kecil maka disarankan menggunakan keramik dengan ukuran yang kecil.

Anda bisa melihat contoh nyata dalam pemilihan keramik untuk lantai masjid dimana karena kebanyakan masjid berukuran besar dan luas maka ukuran keramiknya juga besar. Jadi, untuk memilih lantai keramik juga harus mempertimbangkan ukuran, tidak bisa asal jika ingin hasilnya bagus.

4. Pilih Motif Terbaik dan Sesuaikan dengan Ruangan

Selain ukuran, hal lain yang juga perlu dipertimbangkan adalah motif. Anda dapat memilih motif keramik yang sesuai dengan keinginan dan pastinya tepat untuk ruangan rumah Anda.

Keramik sendiri ada berbagai macam motif yang tersedia di pasaran. Pilih motif yang sesuai dengan tema ruangan agar tercipta keseimbangan yang harmonis.

Baca juga: Membuat lantai keramik mengkilap ternyata semudah ini

5. Permukaan Keramik

Terakhir, dalam memilih lantai keramik juga harus sesuai dengan jenis permukaannya. Anda harus menyesuaikan keramik tersebut dengan ruangan yang akan dipasangi.

Misalnya keramik untuk kamar mandi tentu beda dengan yang untuk ruang tamu. Anda harus memilih lantai rumah dengan permukaan keramik yang agak kasar untuk kamar mandi sementara untuk ruang tamu yang penting cantik dan berkualitas.

Kesimpulan:

Pada intinya, dalam menentukan jenis keramik yang akan dipakai sebagai lantai sebuah ruangan, maka pertimbangan-pertimbangan di atas harus dilakukan. Tujuannya supaya hasilnya maksimal dan tidak berpotensi menjadi pemborosan karena harus bolak balik ganti.

Penting juga untuk Anda menyesuaikan dimana kermaik tersebut akan dipasang. Yang pasti memilih lantai keramik untuk sebuah ruangan sama pentingnya mendesain keseluruhan ruangan itu sendiri.

Mungkin itu saja ulasan dari kami tentang tips/cara memilih lantai keramik untuk rumah minimalis Anda. Semoga bisa membantu Anda dalam menentukan jenis keramik terbaik. (ls) editted by RN15092021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *