Ada dua macam kipas angin yang biasa dipakai/dipasang di ruangan rumah. Yaitu kipas angin gantung dan model dinding.

Banyak yang masih setia memilih kipas angin gantung adalah karena lebih praktis, enak dilihat, tidak bikin sesak, efektif untuk pendinginan, dan inovatif sebagai bagian dari dekorasi ruangan.

Sementara model kipas angin dinding kurang pas untuk ruangan yang besar karena memang efektivitas pendinginan ruangannya yang kecil.

Untuk itu, di postingan kali ini kita akan bahas mengenai bagaimana kiat memilih kipas angin gantung yang terbaik untuk dipakai di dalam rumah.

Tips Terbaik Memilih Kipas Angin Gantung

tips memilih kipas angin gantung
tips memilih kipas angin gantung rumah minimalis – diminimalis.com

Kipas angin memiliki bentuk model yang lebih banyak dibandingkan dengan AC. Selain itu kipas tidak memerlukan freon dalam proses pendinginannya sehingga lebih ramah lingkungan.

Salah satu yang masih pamor dipakai di masyarakat adalah model kipas angin gantung atau yang dipasang menggantung di plafon.

Nah, bagi anda yang masih ingin menggunakan kipas gantung atau kipas angin plafon ini pada rumah minimalis Anda sebaiknya pertimbangkanlah beberapa hal berikut agar manfaatnya lebih maksimal.

Kualitas harus oke

kipas angin gantung
kualitas kipas yang baik – diminimalis.com

Anda jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan sales. Secara umum untuk produk elektronik kualitas suatu produk bisanya sebanding dengan harga yang dibanderol.

Semakin mahal harga kipas tentu akan semakin baik pula kualitas kipas tersebut. Anda tentunya tidak menginginkan kipas yang dimiliki cepat rusak dikarenakan salahnya pemilihan kualitas kipas kan?

Jadi, saat memilih kipas angin gantung, pilihlah yang bagus. Anda bisa minta rekomendasi teman yang memang paham atau pernah membeli kipas angin model gantung.

Jika terpaksa, tidak ada teman yang bisa dimintai saran, Anda bisa minta rekomendasi dari pelayan toko.

Perkirakan Tinggi ruangan

Saat pemasangan, Anda harus memperhatikan tinggi ruangan agar diperoleh kesejukan yang maksimal saat kipas angin bekerja. Selain itu dengan tinggi ruangan yang pas akan mencegah terjadinya kecelakaan akibat terkena putaran baling-baling kipas.

Tinggi yang ideal untuk memasang kipas berkisar lebih dari 240 cm dari permukaan lantai. Karena saat ruangan panas dan diberi kipas angan maka bekerja lebih efektif saat mendinginkan.

Ukur luas ruangan dan bandingkan dengan kemampuan pendinginan kipas

Rumah minimalis biasanya memiliki ruangan yang sempit di dalamnya, hal ini akan mempengaruhi seberapa besar kipas yang Anda butuhkan.

Ruangan yang terhitung sempit sebaiknya tidak menggunakan kipas yang terlalu besar agar tidak mengesankan sumpek. Sebaliknya, Jika kipas angin gantung terlalu kecil juga akan menyebabkan ruangan tidak terasa sejuk saat dinyalakan.

Jadi, pertimbangkan ukuran ruangan dengan kipas dan bandingkanlah keduanya agar didapat perpaduan yang pas.

Atur posisi pemasangan kipas

Agar hawa sejuk segera Anda peroleh biasanya meletakan kipas di area yang sering Anda tempati. Hal ini tidaklah tepat, selain akan berakibat buruk pada kesehatan Anda, meletakan kipas pada posisi ini meyebabkan tidak meratanya aliran udara dalam ruangan.

Daya tahan nyala

Daya tahan kipas sebetulnya erat kaitannya dengan kualitas kipas itu sendiri. Kipas angin gantung haruslah memiliki daya tahan yang bagus dan kuat untuk menyala dalam rentang waktu yang lama.

Kipas juga tidak berbunyi mendengung atau menderit jika lama digunakan. Anda tentunya akan sangat tergangu jika putaran kipas mengeluarkan bunyi bukan? Jadi, pilihlah yang paling awet dan tidak banyak mengeluarkan bunyi-bunyi bising.

Kesimpulan:

Kalau dilihat dari tren, kipas angin gantung belakangan ini mulai ditinggalkan oleh sebagian masyarakat. Alasan tidak memilih kipas angin gantung ini cukup beragam.

Ada yang beralasan karena sudah kuno dan ada juga yang merasa repot saat mengatur perputaran baling-baling kipas yang masih menggunakan mode manual.

Dari sekian banyak kekurangan kipas gantung namun masih cukup bagus dan hemat jika dibandingkan dengan AC. Jadi, jika Anda masih berminat membeli kipas angin gantung, tips di atas masih bisa dipakai.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara tepat untuk memilih kipas angin gantung. Harapannya dengan produk terbaik maka manfaat yang dimiliki kipas gantung ini bisa Anda peroleh maksimal. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am). editted by RN24102021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *