Nampaknya sudah bukan rahasia lagi bahwa memelihara hewan peliharaan baik di dalam maupun di luar rumah adalah hal yang menyenangkan. Terutama bagi para pecinta hewan, memiliki, memelihara dari kecil, dan merawatnya hingga besar seperti circle hidup tersendiri yang indah. Tidak heran jika ada beberapa orang di luar sana yang seperti cinta mati dengan hewan peliharaannya karena memang boundingnya yang begitu kuat.

Nah, ngomongin soal memelihara binatang peliharaan tentu saja perspektifnya masih luas. Karena, tentu saja bergantung pada tujuan pemeliharaannya itu sendiri. Memiliki hewan peliharaan dengan tujuan untuk dijual seperti ayam, ikan, kambing, dan sejenisnya tentu beda dengan memelihara hewan lucu penurut seperti kucing, anjing dll.

Perbedaan itulah yang membuat kita perlu fokuskan. Yang akan kita bahas kali ini adalah memelihara hewan untuk hobi. Hewan-hewan ini adalah yang memiliki karakteristik sendiri seperti kucing, anjing, kura-kura, kelinci dan sebagainya.

Suka Duka Memiliki Hewan Peliharaan

Kita tahu bahwa sebagaimana menanam tanaman, memelihara hewan juga terbilang gampang-gampang susah. Apalagi jika dipeliharanya di bagian dalam rumah, tentu akan ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Jika Anda adalah pecinta hewan, pertimbangan seperti ini sangat perlu untuk Anda perhatikan agar nantinya tidak ada yang dirugikan baik penghuni, anggota keluarga lainnya bahkan hewan peliharaan Anda sendiri.

Memelihara hewan
memelihara hewan kesayangan – diminimalis.com

Tujuan orang ketika memelihara binatang memang sangat beragam. Mulai dari yang hanya iseng-iseng saja hingga yang memang diniatkan sebagai investasi yang menghasilkan pundi-pundi uang. Bagi yang berniat memelihara hewan untuk bisnis tentunya akan berbeda pengelolaannya jika dibandingkan dengan yang memelihara dengan niatan iseng saja.

Nah, pada artikel kali ini, diminimalis akan mengajak Anda untuk memahami konsekuensi dari memelihara hewan di rumah. Baik untuk dijual atau sekedar hobi saja. Maksud dari konsekuensi ini adalah terkait hal apa saja yang perlu Anda siapkan dan lakukan selama merawatnya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memelihara hewan di rumah

Banyaknya keuntungan yang akan didapat saat memelihara hewan di rumah tentunya juga harus juga diimbangi dengan persiapan yang matang sebelumnya. Apa sajakah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika berniat memelihara binatang di rumah? Berikut penjelasannya.

1. Mengecek kondisi binatang saat beli

Anda harus cermat dalam memilih jenis dan kondisi hewan yang akan dipelihara. Hewan yang dalam kondisi baik, sehat dan dewasa sebaiknya menjadi prioritas utama saat memilihnya. Hewan yang baik secara fisik, tidak cacat alias sehat tentu kemungkinannya lebih besar untuk hewan tersebut mampu bertahan hidup lebih lama.

Sedangkan pemilihan hewan yang dewasa dimaksudkan agar mudah dalam pemeliharaan. Hewan yang sudah dewasa tentunya tidak membutuhkan air susu lagi dari induknya dan sudah bisa hidup mandiri sehingga tidak terlalu merepotkan Anda saat memeliharanya.

2. Pertimbangkan kemudahan pemberian makan

Semua makhluk hidup tentunya membutuhkan makanan untuk bertahan hidup termasuk binatang peliharaan. Anda harus paham betul tentang jenis makanan apa yang cocok dijadikan pakan untuk hewan yang Anda pelihara.

Jika pakannya sulit didapat lebih baik pertimbangkan jenis hewan peliharaan alternatif lain. Selain itu, Anda harus paham jenis pakannya. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak salah memberikan pakan yang tentu saja akibatnya bisa fatal.

3. Komitmen pembersihan kandang

Seperti halnya rumah, kandang sebagai tempat tinggal hewan peliharaan juga harus mendapat perhatian terkait kebersihannya. Perhatian kandang disini tidak hanya bentuk atau lokasi kandangnya saja, namun juga perawatan dan kebersihanya.

Jika Anda disini ingin memelihara hewan ternak ada, baiknya Anda posisikan tidak terlalu dekat dengan rumah agar polusi udara yang dihasilakan tidak menggangu. Namun jika Anda hanya ingin memelihara hewan yang lucu, bisa Anda buatkan kandang di sekitaran rumah yang mudah dijangkau.

Untuk poin ini tentu saja kebersihan menjadi hal yang utama untuk diperhatikan agar tidak mengotori rumah alias menimbulkan bau yang tidak sedap.

4. Perawatan ekstra

Memelihara hewan
merawat hewan jika sakit – diminimalis.com

Pemeliharaan dan perawatan rutin juga perlu dilakukan agar kondisi hewan peliharaan Anda selalu prima. Pada binatang yang memiliki kuku, ada baiknya Anda potong secara rutin agar terlihat bersih.

Cakar atau kuku hewan yang bersih selain enak dilihat juga mengurangi potensi Anda celaka oleh cakarnya. Jika punya dana lebih, pemeriksaan rutin ke dokter hewan juga bisa Anda usahakan agar kesehatannya bisa terpantau.

5. Berikan perhatian dan kasih sayang sepenuhnya

Poin terakhir yang perlu Anda perhatikan jika memutuskan memelihara hewan peliharaan di rumah adalah pemberian kasih sayang yang maksimal. Seperti manusia, hewan juga membutuhkan kasih sayang agar bisa tumbuh dengan baik.

Ingat bahwa kasih sayang dari hati yang Anda berikan juga senjata paling ampuh untuk menjadikan hewan peliharaan Anda lebih jinak dan tumbuh sehat. Mungkin itu saja dulu ulasan singkat seputar tips memelihara hewan peliharaan di rumah. Semoga usaha Anda tidak sia-sia dan hewan lucu kesukaan Anda selalu sehat dan mengisi hari-hari Anda. Sampai jumpa. (am) editted by RN18022021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *