Memelihara hewan di apartemen memiliki banyak pro dan kontra. Hal ini dikarenakan apartemen merupakan salah satu jenis hunian vertikal bertingkat yang memiliki banyak penghuni didalamnya.

Sehingga apartemen memiliki aturan yang telah dibuat dan tercantum dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2011 tentang rumah susun sebagai bahan rujukan. Hal ini dikarenakan rumah susun dan apartemen merupakan bagian dalam hunian vertikal yang bertingkat.

Dengan berdasrkan aturan tersebut, kemudian setiap aprtemen membuat peraturan tertulis sendiri yang wajib dipatuhi oleh setiap penghuni apartemen. Peraturan tersebut juga mencakup peraturan terkait perizinan dalam memelihara hewan di apartemen.

Nah, bagi Anda penghuni apartemen yang memperbolehkan memelihara hewan di apartemen, berikut ada beberapa tips yang tepat untuk Anda agar bisa memelihara hewan dengan aman dan nyaman di dalam apartemen.

1. Memelihara hewan di apartemen dengan ukuran yang kecil

Tips yang pertama adalah sebaiknya Anda memelihara hewan di apartemen dengan ukuran yang kecil. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor untuk tetap menjaga kenyamanan Anda dan tetangga Anda di dalam apartemen.

Oleh karena itu, sebelum Anda membawa hewan peliharaan pastikan bahwa ukuran hewan tersebut tidak terlalu besar agar tidak mengganggu kenyamanan penghuni apartemen.

Nah, bagi Anda yang masih bingung akan memelihara hewan apa di dalam apartemen, berikut ada rekomendasi hewan yang dapat Anda pelihara di apartemen.

Pertama, ikan hias. Hewan ini merupakan hewan yang banyak dipelihara oleh masyarakat. Khususnya pecinta ikan. Namun, tidak hanya pecinta ikan, bahkan siapapun bisa memeliharanya.

Ikan hias menjadi pilihan tetap karena ikan hias tidak akan mengganggu kenyaman penghuni apartemen lainnya. Selain itu, perawatan ikan hias juga cukup mudah jadi Anda pun tidak akan terlalu repot jika memelihara ikan hias di dalam apartemen.

Anda hanya cukup menyediakan aquarium yang bisa membuat ikan merasa nyaman hidup didalamnya dan juga rajin memberikan makan untuk ikan hias tersebut.

Jangan lupa juga untuk rajin membersihkan aquarium dan mengganti air aquariumnya agar ikan yang hidup didalamnya tetap merasa nyaman dan aman serta akan bertahan hidup lebih lama.

Kedua, kucing atau anjing. Hewan ini menjadi hewan pilihan kedua yang merupakan hewan lucu dan bisa menjadi sahabat Anda. Terutama bagi Anda yang menyukai kucing atau anjing.

Namun untuk memelihara hewan ini Anda juga harus memperhatikan besar dan beratnya, khususnya untuk hewan Anjing. Karena beberapa apartemen membatasi pemeliharaan hewan berdasarkan pada ukuran atau berat badannya.

Sehingga sebelum Anda memutuskan untuk memelihara kedua hewan ini, Anda harus mengetahui peraturan apartemen yang sudah tertulis dan menjadi kesepakatan bersama para penghuni apartemen.

Tips Memelihara Hewan di Apartemen yang Perlu Diperhatikan 1
memelihara hewan di apartemen via medkomtek.com

Dengan demikian semua penghuni maupun seluruh pengurus apartemen akan tetap merasa nyaman tanpa ada gangguan dari hewan peliharaan yang Anda bawa ke dalam apartemen.

Ketiga, hamster. Hewan ini merupaka hewan rekomendasi yang ketiga yang bisa Anda pilih sebagai pilihan hewan peliharaan di dalam apartemen.

Dilihat dari bentuknya yang kecil. Hewan ini juga sangat lucu dan diminati oleh banyak orang. Selain itu, hamster juga merupakan hewan yang termasuk gampang untuk dipelihara.

Hal yang terpenting adalah hewan ini tidak akan mengganggu penghuni apartemen jika Anda berikan rumah hamster yang nyaman. Sehingga hewan ini bisa menjadi hewan pilihan untuk Anda jadikan sebagai hewan peliharaan di apartemen.

Keempat, Landak. Hewan ini termasuk jenis hewan yang lazim untuk dipelihara, khususnya untuk jenis landak susu. Landak yang memiliki duri tidak tajam.

Sehingga landak tersebut layak untuk dipelihara. Anda hanya perlu menyiapkan kandang untuk landak layaknya hamster. Namun, Anda tidak bisa menyatukan landak dan hamster dalam satu kandang yang sama.

Hal tersebut dikarenakan makanan untuk kedua jenis hewan tersebut berbeda. Sehingga sangat berbahaya jika keduanya salah memakan makanan.

Demikian beberapa rekomendasi hewan peliharaan yang dapat Anda pelihara di dalam apartemen. Semoga dengan adanya rekomendasi ini Anda memiliki gambaran terkait hewan apa yang akan Anda pelihara di apartemen.

Semoga informasi ini bisa memberikan banyak kebermanfaatan dan bisa membantu Anda dalam menentukan hewan apa yang akan Anda pilih. Sehingga Anda tidak memilih hewan yang salah.

2. Memelihara hewan di apartemen yang mudah dirawat

Tips yang ke dua adalah memlihara hewan yang mudah dirawat. Poin ini menjadi poin penting yang akan membantu Anda dalam keseharian Anda.

Perawatan hewan setiap hari yang mudah akan mengurangi beban Anda. Sehingga Anda akan merasa lebih nyaman dan tidak merepotkan Anda.

Hewan yang mudah dirawat di apartemen seperti ikan. Hewan ini termasuk hewan yang mudah dirawat. Karena Anda hanya perlu rajin membersihkan aquarium dan jangan lupa untuk memberishkan apartemen juga serta mengganti airnya dengan air yang baru.

Tips Memelihara Hewan di Apartemen yang Perlu Diperhatikan 2
memelihara hewan di apartemen via bettaguppy.files.wordpress.com

Selain itu adalah dengan rajin memberinya makan. Sehingga ikan akan hidup dalam jangka waktu yang cukup lama.
Hal ini diharapkan akan membuat Anda tetap senang dengan hewan peliharaan yang Anda miliki dan hewan tersebut juga tetap dalam keadaan nyaman hidup di di aquarium dalam apartemen yang Anda miliki.

Semoga tips ini bisa menjadi salah satu faktor penting yang akan mempengaruhi proses pengambilan keputusan untuk memelihara hewan di apartemen. Selain itu, tips ini bisa memberikan gambaran dan membuat Anda lebih yakin dalam memilih hewan peliaraa yang tepat.

3. Memastikan hewan peliharaan nyaman berada di lingkungan apartemen

Tips yang ke tiga adalah memastikan hewan peliharaan nyaman berada di lingkungan apartemen. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan hewan peliharaan.

Sehingga sangat perlu mengetahui apakah hewan peliharaan merasa nyaman atau tidak. Namun, sayangnya tidak semua orang mengetahui apakah hewan peliharaanya tersebut merasa nyaman atau tidak.

Terlebih hewan memiliki bahasa yang berbeda dengan manusia. Sehingga sulit untuk mengetahui hewan tersebut merasa nyaman atau tidak.

Namun, bagi Anda yang ingin memastikan apakah hewan peliharaan Anda merasa nyaman tinggal bersama Anda di apartemen, Anda bisa memperhatikan dari pola makannya.

Jika hewan peliharaan mau dan nafsu untuk tetap makan makanannya, itu berarti hewan tersebut nyaman berada di lingkungan tersebut. Namun jika hewan tersebut tidak mau makan, itu berarti hewan tersebut merasa tidak nyaman berada di lingkungan tersebut.

Jika hewan tidak mau makan, berarti Anda harus segera mengambil keputusan apakah harus dibawa ke dokter hewan atau harus dipindahkan dari apartemen dan selanjutnya dikemabalikan ke habitat awalnya.

Dengan demikian Anda bisa memasatikan apakah hewan peliharaan tersebut bisa hidup dengan nyaman atau tidak di dalam apartemen yang Anda miliki. Hal penting lainnya adalah Anda bisa hidup berdampingan dengan hewan peliharaan di dalam apartemen.

Semoga dengan adanya tips ini, Anda bisa memastikan hewan peliharaan Anda hidup dengan nyaman atau tidak serta hewan tersebut tidak mengganggu penghuni apartemen lainnya.

4. Memberikan informasi kepada tetangga dan pengelola apartemen

Tips selanjutnya adalah memberikan informasi kepada tetangga dan pengelola apartemen jika Anda memelihara hewan di dalam apartemen. Anda harus memberitahu terkait informasi hewan apa yang Anda pelihara.

Hal ini sangat penting dan harus Anda lakukan agar tetangga Anda mengetahuinya dan bisa hidup damai berdampingan dengan hewan peliharaan yang Anda miliki.

Selain itu, jika terjadi sesuatu dengan hewan peliharaan Anda dan Anda sedang tidak berada di apartemen, maka tetangga atau pengurus apartemen bisa membantu dan menginformasikan kepada Anda.

Anda juga bisa saling berbagi informasi dan pengalaman jika hewan peliharaan Anda mengalami hal-hal yang tidak diinginkan dengan tetangga Anda atau bisa juga menjadikan hewan peliharaan sebagai sahabat Anda dan tetangga jika sama-sama saling menyukainya.

Memberikan informasi terkait hewan peliharaan kepada pengurus apartemen juga menjadi salah satu bentuk Anda dalam mengajukan ijin kepada pengurus agar Anda mendapatkan ijin pemeliharaan hewan di apartemen.

Dengan demikian Anda bisa memelihara hewan di apartemen dengan nyaman dan akan mempengaruhi kenyamanan hewannya juga. Jadi Anda bisa lebih bebas bermain dengan hewan peliharaan Anda di apartemen yang Anda miliki.

Semoga dengan adanya tips ini Anda bisa lebih tau hal yang harus Anda lakukan sebelum Anda memelihara hewan di apartemen. Sehingga Anda bisa merasa lebih nyaman dalam memelihara hewan di apartemen.

5. Memilih unit yang berada di lantai paling rendah

Tips yang terakhir adalah dengan memilih unit yang berada di lantai paling rendah. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan Anda dan hewan Anda dalam hal mobilisasi.

Terutama untuk hewan peliharaan Anda. Khususnya hewan peliharaan yang bisa hidup di darat seperti anjing dan kucing. Selain itu juga lebih nyaman dan aman.

Hal tersebut dikarenakan hewan peliharaan Anda tidak usah repot-repot naik tangga atau lift untuk menuju apartemen yang Anda miliki. Jadi Anda tidak mengkhawatirkan hewan peliharaan Anda yang mungkin akan naik atau turun tangga.

Memilih unit yang paling bawah ini merupakan tips yang bisa Anda abaikan. Terlebih jika Anda hanya memiliki hewan peliharaan berupa ikan yang notabenenya hanya hidup di air dan tidak akan mungkin bejalan sendiri naik dan turun tangga.

Tips Memelihara Hewan di Apartemen yang Perlu Diperhatikan 3
memelihara hewan di apartemen via amazonaws.com

Jadi Anda bisa menyesuaikan akan memilih unit mana yang tepat. Hal ini bisa disesuaikan dengan hewan peliharaan yang akan Anda bawa untuk hidup bersama di apartemen.

Semoga dengan adanya tips ini Anda bisa mengambil keputusan untuk mengambil unit mana di apartemen tersebut sesuai dengan hewan peliharaan yang Anda miliki. Sehingga Anda dan hewan peliharaan Anda akan lebih nyaman tingga di dalam apartemen.

Selain itu, dengan adanya informasi ini diharapkan bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan terkait unit apartemen yang tepat dan bisa membuat Anda lebih cepet mengambil keputusan yang tepat.

Demikian beberapa tips memelihara hewan di lingkungan apartemen. Tips tersebut dapat Anda aplikasikan jika Anda ingin memelihara hewan di apartemen.

Sehingga diharapkan Anda dan hewan peliharaan Anda bisa hidup dengan nyaman di apartemen tanpa mengganggu kenyamanan penghuni apartemen lainnya.

Selain itu, semoga informasi di atas dapat membantu Anda semuanya dan bisa memberikan banyak kebermanfaatan untuk siapa saja yang membacanya. Sehingga Anda bisa merasa terbantu dengan adanya informasi tips memelihara hewan di apartemen. (fy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *