Membuat Tabulampot Tumbuh Sehat dengan Media yang Tepat

tabulampot buah lengkeng - diminimalis.com

Membuat tabulampot perlu dilakukan dengan intensif supaya bisa menghasilkan buah yang lebat dan berkualitas. Berbeda dengan tanaman buah pada umumnya yang bisa tumbuh dengan alami, di lahan minimalis, pertumbuhan tanaman buah perlu kita kondisikan supaya bisa terkontrol dengan baik. Dengan memiliki pemahaman dasar tentang penanaman dan perawatan tabulampot, kita bisa mendapatkan manfaat nutrisi dari buah yang dikonsumsi dan rumah menjadi segar karena banyaknya dedaunan yang memproduksi oksigen.

 membuat tabulampot, membuat tabulampot rajin berbuah, cara membuat tabulampot cepat berbuah, Tabulampot Taman Minimalis, taman depan rumah, tanaman buah dalam pot, tanaman buah di dalam pot
tabulampot buah lengkeng – diminimalis.comabulampo

Membuat Tabulampot Agar Tunbuh Sehat

Menanam tabulampot merupakan hal yang semestinya bisa kita kerjakan sendiri, mengingat pentingnya peran tabulampot bagi kita pemilik rumah minimalis. Yang pertama harus Anda lakukan adalah menyiapkan media tanam. Media tanam berfungsi sebagai tempat tumbuhnya akar dan untuk menopang postur tanaman. Media tanam tabulampot harus bisa menyimpan air dan memasok nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Media tanam yang sering digunakan para hobiis antara lain campuran tanah, kompos dan arang sekam dengan komposisi 1:1:1. Bisa juga campuran tanah, pupuk kambing dan sekam padi dengan komposisi 1:1:1.

Tanah dan material organik di daerah tropis biasanya memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Bila bahan-bahan media tanam tersebut terlalu asam campurkan kapur pertanian atau dolomit ke dalamnya. Setelah menyiapkan media tanam, selanjutnya siapkan pot sebagai wadah.

Jenis pot bisa terbuat dari tanah liat, logam (drum), plastik, semen atau kayu. Pot dari berbahan tanah liat dan kayu sangat baik untuk tabulampot karena memiliki pori-pori sehingga kelembaban dan temperatur media tanam lebih stabil. Namun kelemahannya bahan-bahan tersebut rapuh dan mudah pecah. Wadah tabulampot yang baik harus memiliki kaki atau alas yang memisahkan dasar pot dengan tanah. Hal ini penting untuk aliran drainase dan memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah.

menanam tabulampot, menanam tabulampot mangga, menanam tabulampot anggur
bibit buah yang ditanam menggunakan metode tabulampot – diminimalis.com

Berikut ini langkah-langkah untuk menanam bibit tanaman ke dalam wadah tabulampot:
Siapkan bahan-bahan media tanam, kemudian ayak dan buang kerikil-kerikil yang ada didalamnya. Campurkan bahan-bahan itu hingga merata.

Siapkan pot dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran tanaman. Sebaiknya dimulai dari ukuran pot yang kecil. Sehingga apabila tanaman semakin besar pot bisa diganti, sekaligus sebagai penanda untuk meremajakan media tanam.

Letakkan pecahan genteng pada dasar pot, satu lapis saja. Kemudian letakkan juga satu lapis ijuk atau sabut kelapa.Kemudian isi dengan media tanam yang sudah disiapkan hingga setengah tinggi pot.
Untuk mengurangi penguapan, pangkas sebagian daun atau batang bibit tanaman. Kemudian buka polybag bibit tanaman, letakkan tepat ditengah-tengah pot. Timbun dengan media tanam hingga pangkal batang.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang cara membuat tabulampot. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara melebatkan buah tabulampot di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Melebatkan buah tabulampot di taman rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.