Membuat Rumah Secara Langsung atau Bertahap?

Membuat rumah merupakan salah satu hal yang banyak orang inginkan, mungkin termasuk salah satu keinginan Anda juga. Hal tersebut dikarenakan rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang perlu Anda miliki.

Kebutuhan akan papan yang menjadi tempat bernaung dari terpaan panas dan hujan menjadikan rumah perlu untuk dibangun agar memberikan kenyamanan untuk Anda dan keluarga.

Membuat rumah yang nyaman untuk setiap orang pasti berbeda, karena setiap orang memiliki keinginan, selara dan kemampuan yang berbeda. Oleh karena itu, ada pilihan cara yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan hunian impian.

Cara tersebut adalah dengan membangun rumah secara langsung dan bertahap. Artinya Anda dapat memilih salah satu dari dua cara tersebut untuk mendapatkan rumah yang nyaman dan aman. Berikut pernjelasannya untuk Anda.

Membuat rumah secara langsung

Pembahasan pertama dalah membuat hunian secara langsung. Maksudnya adalah membangun rumah mulai dari awal sampai selesai sempurna.

Jadi rumah langsung jadi dan selesai di semua tahapan pembuatan rumah. Rumah bisa langsung jadi dan siap dihuni. Tanpa perlu menambahkan apapun, karena rumah selesai dibangun dengan tepat.

Bagi Anda yang tertarik untuk membangun rumah dari nol hingga langsung jadi, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar Anda bisa segera membuat keputusan yang tepat untuk Anda dan keluarga.

Kelebihan membuat rumah secara langsung

Sebelum mengmbil keputusan untuk membuat rumah dari nol hingga 100 persen jadi dan siap huni, Anda perlu mengetahui kelebihan dari proses pembuatan ini. Berikut beberapa kelebihan yang perlu Anda tahu.

Membuat Rumah Secara Langsung atau Bertahap? 1
membuat rumah via miro.medium.com

Pertama, jika rumah sudah selesai dibangun, Anda bisa langsung menghuninya bersama keluarga tanpa perlu menambahkan bangunan lain atau menyempurnakan proses pembuatan rumah.

Kedua, rumah yang dibangun langsung jadi biasanya lebih nyaman karena rumah sudah jadi 100 persen. Jadi siapa saja yang menghuni rumah tersebut pasti akan merasa nyaman didalamnya.

Ketiga, Anda tidak perlu menyiapkan biaya tambahan untuk menyempurnakan bangunan rumah. Sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan uang tamahan untuk menyempurnakan rumah.

Keempat, rumah yang dibangun langsung jadi memiliki penampilan yang lebih bagus dibandingkan rumah yang dibangun secara bertahap. Biasanya hal ini akan membuat rumah tampak ceria dan terlihat lebih rapi dan indah dipandang mata.

Demikian beberapa kelebihan dari proses pembangunan rumah secara langsung hingga rumah tersebut rapi dan siap dihuni. Kelebihan tersebut bisa menjadi alasan utama Anda dalam mengambil keputusan untuk membangun rumah dengan cara ini.

Kelebihan tersebut diharapkan juga akan dirasakan Anda semua ketika Anda memilih untuk membangun rumah dari awal hingga akhir yang rapi. Sehingga Anda bisa merasa lebih puas dengan keputusan yang Anda ambil serta bisa menikmati kenyaman rumah hunian yang sudah Anda bangun.

Adanya kelebihan-kelebihan tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih untuk membuat rumah langsung selesai. Namun, Anda juga perlu mengetahui beberapa kekurangnnya.

Kekurangan membuat rumah secara langsung

Selanjutnya adalah kekurangan membuat rumah secara langsung. Membuat hunian hingga langsung jadi, juga memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa kekurangan membuat rumah hingga langsung selesai.

Pertama, biaya pembuatan rumah yang dikeluarkan menjadi lebih banyak dibandingkan membuat hunian secara bertahap. Karena biaya yang dibutuhkan lebih banyak dari pada membuat rumah secara bertahap.

Membuat Rumah Secara Langsung atau Bertahap? 2
membuat rumah via ecs7.tokopedia.net

Kedua, waktu pembangunan lebih lama karena harus langsung menyelesaikan pembangunan sampai benar-bener selesai hingga rumah siap dihuni. Jadi Anda perlu bersabar lebih lama untuk menempati rumah tersebut.

Demikian beberapa kekuarang jika Anda membangun rumah hingga langsung jadi atau siap huni. Kekurangan tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam mengambil keputusan.

Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan dari pembangunan rumah dari nol hingga siap huni, Anda akan lebih mudah mengambil keputusan yang tepat apakah Anda hendak membangun rumah hingga semua rapi dan benar-benar siap huni tanpa ada tambahan apapun.

Membuat rumah dari nol hingga siap huni bisa menjadi alternatif yang Anda pilih jika Anda hendak membangun rumah. Namun, sebaiknya Anda benar-benar memperhatikan semua kekurangn dan kelebihan dari proses pembangunan rumah dengan cara ini.

Sehingga Anda tidak akan menyesal jika Anda sudah menjali proses pembangunan rumahnya. Hal ini dikarenakan persiapan yang Anda lakukan sudah sangat matang dengan mempertimbangan berbagai aspek yang sangat perlu diperhatikan.

Dengan demikian diharapkan proses pembangunan akan berjalan dengan lancar jika Anda memilih untuk membangun rumah dari awal hingga benar-benar rapi dan siap dihuni.

Membuat rumah secara bertahap

Pilihan yang selanjutnya adalah membuat rumah secara bertahap. Maksudnya, rumah yang dibangun secara bertahap merupakan rumah yang belum sepenuhnya rapi sempurna namun sudah bisa dihuni.

Jadi pembangunan rumah bisa Anda lakukan dikemudian hari jika Anda sudah siap untuk melanjutkan pembangunan rumahnya. Pembangunan rumah secara bertahap banyak dipilih dan dilakukan oleh masyarakat.

Keputusan tersebut diambil berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang sudah matang dan tentunya sudah siap dengan segala risiko yang mungkin akan diterima jika memilih untuk membangun rumah secara bertahap.

Nah, untuk itu berikut ada beberapa kekurangan dan kelebihan yang mungkin bisa Anda gunakan sebagai bahan masukan serta dasar untuk membangun rumah secara bertahap.

Kelebihan membuat rumah secara bertahap

Membuat rumah secara bertahap bukan sebuah aib yang memalukan. Keputusan membuat rumah secara bertahap justru menjadi keputusan yang mungkin sangat tepat untuk Anda dan keluarga.

Membuat Rumah Secara Langsung atau Bertahap? 3
membuat rumah via 4.bp.blogspot.com

Hal tersebut dikarenakan Anda sudah sangat tepat dan cerdas dalam mengambil keputusan tersebut. Keputusan itu mungkin saja diambil karena beberapa kelebihan dalam pembangunan rumah secara bertahap.

Nah, bagi Anda yang sudah penasaran apa saja sih kelebihan dari pembangunan rumah secara bertahap, berikut ada beberapa kelebihan membangun rumah secara bertahap yang dapat dijadikan sebagai alasan utama Anda dalam memilih keputusan ini.

Pertama, Biaya yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Hal tersebut dikarenakan biaya pembangunan bisa dicicil ketika hendak melanjutkan lagi pembangunannya.

Jadi biaya yang dikeluarkan tidak langsung banyak layaknya jika Anda membangun rumah secara langsung. Sehingga Anda bisa menabung terlebih dahulu jika Anda ingin menambahkan atau melanjutkan pembangunan rumah tesebut.

Hal ini yang menjadi salah satu alasan utama bagi masyarakat dalam memilih membangun rumah secara bertahap. Sehingga merekan tidak akan merasa berat, khususnya jika kondisi ekonominya tidak memungkinkan.

Jadi memilih untuk membangun rumah secara bertahap akan menjadi pilihan yang sangat tepat dan akan sangat membantu Anda yang ingin segera memiliki hunian atas nama sendiri.

Kedua, waktu yang digunakan untuk membuat rumah lebih cepat dibandingkan membuat rumah hingga langsung jadi. Hal ini dikarenakan pembangunan yang dilakukan tidak selengkap membangun rumah hingga benar-benar sempurna.

Selain itu, waktu pebangunan juga bertahap sesuai dengan keinginan dan kesiapan Anda. Maksudnya jika Anda sudah memiliki uang Anda bisa melanjutkan pembangunan. Namun jika belum maka pembangunan bisa ditunda terlebih dahulu.

Ketiga, walaupun pembanguan bertahap. Namun Anda bisa langsung menghuninya dalam keadaan rumah seadanya terlebih dahulu, yang terpenting bagian-bagian pokok dalam pembangunan rumah sudah terpasang.

Misalnya sudah ada ploting ruangan dengan dinding sebagai pembatas, lantai, atap rumah juga pintu dan jendela sebagai pelindung dan pengaman rumah. Sehingga Anda bisa langsung menghuninya dengan nyaman.

Walaupun mungkin rumah belum memiliki plafon, belum dicat atau belum selesai semua proses finisingnya. Namun, rumah sudah bisa difungsikan sebagaimana layaknya rumah pada umumnya.

Demikian beberapa kelebihan dalam pembangaun rumah secara bertahap. Dengan adanya kelebihan tersebut diharapkan akan membantu Anda dalam mengambil keputusan dan menjadikan kelebihan tersebut sebagai alasan utamanya.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memilih membangun rumah secara bertahap Anda juga perlu mempertimbangkan kekurangannya terlebihdahulu. Sehingga diharapkan tidak akan menimbulkan penyesalan yang akan membuat Anda galau setelah mengambil keputusan.

Nah bagi Anda yang belum mengetahui kekurang membuat rumah secara bertahap, berikut beberapa kekurangannya yang perlu Anda ketahui.

Kekurangan membuat rumah secara bertahap

Pembahasan yang terakhir adalah mengenai kekurangan membuat rumah secara bertahap. Kekurangan ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan yang mengharuskan Anda siap menerima apa saja yang akan Anda alami setelah mengambil keputusan ini.

Berikut beberapa kekurangan membuat rumah secara bertahap yang akan diharapkan akan membantu Anda dalam pengambilan keputusan yang tetap.

Membuat Rumah Secara Langsung atau Bertahap? 4
membuat rumah via jasarenovasirumahmu.files.wordpress.com

Pertama, membangun rumah secara bertahap akan menghasilkan rumah yang belum sepenuhnya sempurna, rapi dan mungkin nilai keindahan dari rumah masih sangat jauh.

Hal ini menjadi salah satu pembeda yang terlihat secara signifikan jika Anda bandingkan dengan rumah yang dibangun secara langsung hingga rumah jadi dan rapi 100 persen serta siap dihuni.

Kedua, terkait dengan kenyamanan saat menghuni rumah yang belum 100 persen jadi. Rumah yang dibangun secara bertahap memungkinkan akan memberikan kenyamanan yang dirasakan oleh penghuninya menjadi kurang dibandingkan dengan rumah yang sudah jadi 100 persen.

Jadi Anda perlu menyesuaikan diri dengan baik jika Anda memutuskan untuk membangun rumah secara bertahap. Sebisa mungkin desain ruangan tersebut agar memberikan kenyamanan untuk semua anggota keluarga Anda.

Ketiga, mengharuskan Anda lebih jeli dalam mengambil keputusan yang tepat saat pembangunan dilaksanakan. Keputusan tersebut terkait dengan hal-hal pokok yang wajib selesai pada saat pembangunan rumah yang pertama.

Jadi Anda perlu mengatur pembanguan apa saja yang seharusnya dilakukan pada saat pembangunan rumah yang pertama. Jadi rumah yang selesai dibangun pada tahap pertama bisa Anda huni dengan keluarga Anda.

Kekurangan-kekurangan di atas bisa Anda jadikan sebagai bahan dasar jika Anda tidak menginginkan untuk membangun rumah secara bertahap. Jadi jika Anda tetap ingin mengambil keputusan untuk membangun rumah secara bertahap, Anda harus siap menerima semua kekurangan yang sudah dijelaskan di atas.

Demikian gambaran informasi terkait memangun rumah baik secara langsung hingga jadi dan siap huni maupun terkain rumah yang pembangunannya secara bertahap.

Semoga informasi di atas bisa memberikan kebermanfaatan untuk Anda semuanya. Sehingga akan sangat membantu Anda yang sedang membutuhkan informasi tersebut.

Apapun keputusan yang Anda ambil, semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda-beda. Jadi Anda perlu jeli memilihnya dan tetap harus siap menerima semua kekurangan dan kelebihan dari semua pilihan proses pembangunan rumah tesebut.

Sehingga jika Anda mengetahui semua informasi terkait hal pembangunan rumah, Anda akan menerima remua resiko dan imbal hasil baiknya. Jadi Anda akan lebih siap ketika sudah mengambil keputusan.

Semoga apapun keputusan yang Anda ambil adalah keputusan yang tepat dan bermanfaat. Sehingga Anda tetap bisa menikmati semua hasilnya tanpa ada rasa kecewa yang melanda. (fy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.