Berbagai Ide Membuat Rumah Tampak Ceria Tanpa Banyak Biaya

Bagus tidaknya sebuah hunian memang tidak hanya dilihat dari sisi fisik luar dan furniture interiornya saja. Ada beberapa hal lain yang juga menjadi tolok ukur sebuah rumah memiliki kesan bagus yang berbeda. Nuansa keceriaan adalah salah satu yang kami anggap masuk dalam kriteria rumah ideal.

Dengan membuat rumah tampak ceria dari sisi tampilan interior dan eksterior harapannya bisa memberikan dampak lebih. Tidak hanya untuk Anda sebagai penghuni rumah yang mendapatkan kenyamanan, namun juga para tamu yang datang.

Kita bisa lihat rumah-rumah modern saat ini yang meskipun mengusung konsep minimalis namun tidak lepas dari memperhatikan estetika. Anda pun bisa menjadi salah satu dari mereka yang mampu membuat rumah tampak ceria dengan mengusahakan beberapa sentuhan.

Jika Anda bingung menemukan referensi yang tepat bagaimana merencanakanya, Anda bisa membaca artikel ini sampai tuntas.

Pentingkah Membuat Rumah Bagus Secara Tampilan?

Kita tahu bahwa sebuah rumah tidak hanya terdiri dari tembok, atap, dan berbagai elemen interiornya saja. Ada banyak hal lain yang juga menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah hunian.

Sebut saja misalnya; jendela, halaman depan, taman, dan berbagai elemen tambahan lainnya. Hal yang saya sebut tadi bukan tidak punya peran sama sekali dalam menunjang tampilan rumah. Bahkan jendela saja sangat penting adanya demi menjamin kesehatan penghuni rumah.

Lalu apa sebenarnya yang perlu dilakukan agar rumah tidak hanya sekedera tempat untuk makan tidur makan tidur saja? Tidak ada lain kecuali membuat rumah Anda nampak ramah bagi siapapun.

Pertimbangkan hal-hal penting seperti perlu atau tidak ada taman di belakang rumah. Corak warna dindingnya seperti apa, dan lain-lain. Hal-hal semacam ini mesti dipikirkan sebagai bentuk kepedulian terhadap hunian Anda sendiri.

Jadi sebenarnya apapun yang Anda rencanakan soal desain rumah ceria, tujuannya cuma ada dua; untuk Anda sekeluarga dan tamu. Anda sekeluarga jelas butuh suasana ceria yang penuh dukungan. Sementara tamu bisa jadi masih keluarga dekat Anda namun mereka pasti tetap mengnginkan sesuatu yang lebih dari rumah Anda.

Nah, menghias rumah secukupnya dengan tetap memperhatikan kebutuhan dan kebermanfaatannya adalah dua hal paling penting yang Anda butuhkan. Minusnya mungkin Anda butuhh effort lebih besar untuk menambahkan ini itu. Tapi, jangan salah jika Anda dengan senang hati melakukannya pasti akan terbayar lunas dengan hasil akhirnya.

Tips Membuat Rumah Tampak Ceria dengan Berbagai Ide

Sebenarnya membuat rumah tampak ceria bisa dilakukan dengan mudah bila Anda tahu triknya. Anda bisa saja hanya dengan memoles tembok rumah dengan menambahkan wallpaper atau meletakkan vas bunga di salah satu sudut ruangan.

Banyak orang masih beranggapan jika mendekor rumah menjadi ceria akan membutuhkan banyak pernak-pernik. Memang tidak sepenuhnya salah, alih-alih membuat rumah bagus dan ceria justru terasa sempit bila tidak dilakukan dengan cara yang tepat.

 Membuat rumah nampak ceria, Membuat rumah tampak ceria Membuat rumah nampak ceria 2017, desain rumah ceria, warna-warni cat rumah sederhana, warna-warni cat rumah minimalis rumah ceria

rumah ceria dengan pernak-pernik berwarna-warni – diminimalis.comMemberikan nuansa ceria pada rumah yang paling simpel adalah dengan memaksimalkan perpaduan warna. Anda bisa memilih bebrapa warna yang terlihat “hidup” untuk dikombinasikan dalam satu ruangan.

Selain yang simpel hanya dengan mengotak atik warna, Anda juga bisa mengusahakan ide lain sebagai penunjangnya. Berikut diantaranya:

Lighting is king

Satu hal paling penting yang jarang orang perhatikan ketika ingin membuat rumah tampak ceria adalah pencahayaan. Seindah apapun warna rumah Anda tidak akan berguna jika pencahayaannya buruk.

Ingat bahwa sistem pencahayaan adalah maha penting untuk sebuah hunian,. Anda harus mengusahakan segala hal agar cahaya alami dari matahari dan lampu ruangan bekerja dengan baik.

Jendela sebagai salah satu sumber masuknya pencahayaan alami harus dirancang dengan sebaik mungkin. Dimana posisi, jumlah, dan seberapa ukuran yang tepat agar ruangan  tidak gelap.

Menambahkan Elemen Hijau

Apabila interior Anda cukup luas, Anda bisa mencoba memberi hiasan tanaman hijau agar ruangan menjadi terlihat segar dan menyejukkan. Anda bisa meletakkan tanaman anggrek, palem, atau tanaman lain yang bisa hidup di dalam ruangan. Ini bisa jadi ide paling mudah untuk membuat rumah tampak ceria tanpa harus repot.

interior rumah ceria, warna warni cat rumah minimalis, warna warni cat dinding rumah

furniture bisa Anda warnai dengan warna yang ceria – diminimalis.com 

 

Oiya jika ingin lebih sempurna, jangan lupakan eksterior. Tambahkan pohon kayu besar yang bisa membuat halaman depan rumah jadi rimbun tapi tetap sejuk. Keceriaan akan bisa didapat dengan cara yang berbeda.

Tambah Beberapa Furniture Pendukung

Beberapa furniture seperti guci dapat menambah kesan ceria pada interior rumah Anda. Letakkan juga aksesoris yang bernuansa ceria seperti lukisan atau lainnya di ruangan Anda. Pilih aksesoris dan furniture dengan warna menarik sehingga dapat mendukung keceriaan rumah Anda.

Saat menata elemen ruangan, untuk mendapatkan manfaat lebih, Anda juga dapat mendaur ulang warna furniture yang sudah ada. Contohnya saja mengganti cat yang sudah usang dengan warna yang lebih terkesan ceria seperti orange, kuning, biru, atau warna-warna lainnya.

Gunakan Aksesori Berukuran Besar

Untuk membuat rumah nampak ceria, sebaiknya hindari penggunaan aksesori berukuran kecil terlalu banyak. Sebaliknya, Anda pasang aksesoris saja yang besar sekalian. Misalnya dengan memasang gorden lebar atau chandelier besar sebagai kap lampu utama. Aksesoris tersebut nantinya akan dapat membuat ruangan Anda nampak riuh dan ceria.

Padukan Warna Netral dan Orange

Warna netral seperti abu-abu atau putih sering dipilih karena tidak terlalu mencolok. Jika dipadukan dengan warna yang kalem seperti orange maka akan terlihat bagus.

Terapkan kombinasi dua warna ini sebagai cat dinding interior maupun eksterior rumah Anda. Dijamin dengan kombinasi yang serasi, rumah Anda akan terlihat ceria.

Kesimpulannya, membuat rumah tampak ceria sebenarnya gampang kan? Anda hanya perlu melakukan beberapa perombakan di beberapa sisi, menambahkan apa yang kurang agar terlihat serasi. Semoga sekelumit ide dari kami bermanfaat untuk Anda ya. (ls) editted by RN27052020


Comment