Konsep Membuat Rumah Sesuai Syariat Islam yang Memberikan Keberkahan

Membuat rumah sesuai syariat Islam tentu sangat diidamkan oleh Anda semua khususnya bagi yang beragama Islam. Hal ini diharapkan akan membawa keberkahan bagi setiap muslim yang memiliki rumah sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

Syariat Islam merupakan hukum yang mengatur seluruh kehidupan umat. Termasuk dalam membangun sebuah rumah. Oleh karenanya pengetahuan terkait aturan membangun rumah yang sesuai syariat Islam sangat perlu Anda dapatkan.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari informasinya, Anda dapat membaca informasi berikut ini sehingga Anda mendapatkan pengetahuan terkait hukum Islam yang mengatur pembuatan rumah hunian yang nyaman dan membawa keberkahan.

Posisi membuat rumah sesuai syariat Islam

Hal pertama yang perlu perhatikan adalah posisi membuat rumah sesuai syariat Islam. Posisi rumah yang baik adalah posisi yang membuat rumah sesuai syariat Islam. Hal ini sangat penting mengingat rumah merupakan tempat tinggal dan juga tempat untuk beribadah bagi umat muslim.

Posisi membuat rumah sesuai syariat Islam
Membuat rumah sesuai syariat Islam via cdn-cms.pgimgs.com

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui posisi membuat rumah sesuai syariat Islam, berikut informasinya untuk Anda semua. Dengan demikian diharapkan akan membantu Anda ketika hendak membangun hunian yang membawa keberkahan.

1. Posisi bangunan

Pertama, Anda perlu menentukan posisi bangunan yang baik. Membuat rumah sesuai syariat Islam yang baik adalah rumah yang menghadap ke arah kiblat.

Rumah yang menghadap arah kiblat akan memudahkan Anda sebagai penghuni rumah dalam menemukan arah kiblat ketika hendak sholat. Jadi ketika Anda hendak sholat, Anda tidak khawatir dan bingung terkait arah kiblat.

Selain memperhatikan arah kiblat, Anda juga perlu memperhatikan pencahayaan serta memperhatikan sirkulasi udara yang baik. Hal ini dikarenakan rumah memerlukan pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup.

Sehingga rumah akan menjadi lebih nyaman dihuni dan Anda juga termasuk orang yang pandai dalam menghemat energi dan juga lebih efisien, karena pencahayaan dari listrik tergantikan oleh cahaya alami yang didapatkan dari alam ini.

2. Posisi mushola

Kedua, yang perlu Anda perhatikan adalah posisi mushola di dalam rumah. Bagi setiap muslim pasti ingin membuat rumah sesuai syariat Islam yang dilengkapi musholat/ ruang beribadah.

Mushola bisa dibangun baik di rumah minimalis ataupun yang bukan rumah minimalis. Jadi mushola bisa dibangun dimana saja yang terpenting adalah posisi mushola sebaiknya menghadap kiblat.

Hal tersebut akan memudahkan Anda ketika hendak sholat agar tidak bingung mencari arah kiblat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan petunjuk arah kiblat pada ruangan tersebut.

Jadi siapa saja yang hendak melaksanakan sholat tidak akan kebingungan mencari arah kiblat yang benar. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan dekorasi ruang sholat agar didesain berbeda dengan ruang lainnya.

Hal ini diharapkan akan membuat Anda bisa merasakan suasana ruang ibadah yang nyaman dan bisa membuat Anda tetap khusuk dalam menjalankan ibadah di dalam ruang tersebut. Hal penting lainnya adalah jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kesucian mushola.

3. Posisi kamar tidur

Ketiga, Anda perlu memperhatikan posisi kamar tidur di dalam rumah Anda ketika Anda hendak membuat rumah sesuai syariat Islam. Kamar tidur merupakan tempat beristirhat yang diharapkan bisa membuat si pemilik kamar merasa nyaman saat tidur.

Terkait dengan tidur, Islam juga mengatur posisi tidur yang baik. Posisi tidur yang baik adalah kepala menghadap ke arah kiblat sedangkan kaki menghadap arah sebaliknya.

Jadi untuk posisi kamar lebih kepada mengatur tempat tidur agar tidur bisa dalam posisi yang baik. Namun jika Anda bisa membuat kamar tidur menghadap ke arah kiblat, hal ini juga akan sangat baik.

4. Posisi dapur

Keempat, posisi dapur. Ruangan ini merupakan ruangan yang wajib ada dalam sebuah rumah. Hal ini dikarenakan dapur merupakan tempat yang digunakan untuk menyiapkan hidangan sehari-hari.

Nah, dalam agama Islam, posisi dapur yang baik adalah berada di rumah bagian belakang agar tidak terlihat oleh tamu yang sedang berkunjung ke rumah. Oleh karena itu, Anda pasti banyak menemukan rumah dengan posisi dapur di belakang.

5. Posisi kamar mandi

Yang terakhir adalah posisi kamar mandi. Posisi kamar mandi yang baik adalah kamar mandi yang tidak membelakangi kiblat. Terutama untuk penempatan WC yang ada didalamnya.

Jadi setelah Anda mengetahui informasi terkait posisi dalam membuat rumah sesuai syariat Islam yang baik, Anda bisa langsung menerapkannya di dalam rumah Anda. Sehingga diharapkan semua kebaikan ada di dalam rumah Anda.

Tata letak rumah sesuai syariat Islam

Informasi selanjutnya adalah terkait tata letak membuat rumah sesuai syariat Islam. Tata letak rumah berkaitan erat dengan lingkungan sekitar.

Sedangkan lingkungan sekitar juga bisa mempengaruhi perilaku serta keimanan setiap individu. Sehingga tata letak rumah yang baik sangat dianjurkan bagi setiap muslim.

tata letak rumah sesuai syariat islam
Membuat rumah sesuai syariat Islam via media.ezperanzahomes.com

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan tata letak rumah yang baik, berikut informasinya untuk Anda.

1. Rumah dekat dengan masjid

Hal pertama adalah rumah yang dekat dengan masjid. Posisi rumah yang dekat dengan masjid diharapkan akan memudahkan Anda untuk sholat dan melaksanakan ibadah lainnya di dalam masjid.

Walaupun pada kenyataannya rumah yang jauh dari masjid lebih utama dari pada rumah yang dekat dengan masjid. Hal ini dikarenakan langkah dari rumah ke masjid akan dihitung pahala.

Namun, jika melihat lemahnya iman dan banyaknya kemaksiatan maka lebih diutamakan memiliki rumah yang dekat dengan masjid untuk menjaga diri dan iman.

2. Rumah jauh dari lingkungan maksiat dan tetangga yang buruk

Hal ke dua yang perlu Anda perhatikan terkait tata letak rumah adalah membangun rumah yang jauh dari lingkungan maksiat dan tetangga yang buruk. Karena pada dasarnya memang lingkungan sangat berpengaruh terhadap iman diri sendiri dan keluarga.

Jadi memilih lingkungan yang baik sebelum membangun sebuah rumah adalah hal yang sangat baik guna menjaga diri Anda dan keluarga. Sehingga diharapkan Anda dan keluarga akan tetap dalam lingkungan yang baik sesuai dengan keinginan Anda.

3. Lingkungan yang mendukung kesehatan pada rumah

Hal yang ke tiga adalah dengan memperhatikan hal-hal yang mendukung kesehatan pada rumah. Misalnya lingkungan yang bersih, jauh dari tempat yang kotor seperti tempat pembuangan sampah, lingkungan yang banyak genangan airnya dan lain sebagainya.

Hal tersebut dikarenakan kebersihan dan kesucian adalah sebagian dari iman. Maka, bagi Anda yang beragama Islam wajib memperhatikan kebersihan dan kesucian di dalam rumah Anda.

Dengan demikian akan menghadirkan rumah yang sehat dan akan memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang tinggal di dalamnya. Jadi bagi Anda yang hendak membangun rumah perhatikan hal-hal tersebut di atas agar rumah Anda menjadi hunian idaman yang nyaman serta membawa keberkahan.

Kriteria membuat rumah sesuai syariat Islam

Pembahasan yang terakhir adalah kriteria membuat rumah sesuai dengan syariat Islam. Rumah merupakan tempat berkumpulnya keluarga dan digunakan untuk menjalankan aktivitas lainnya termasuk beribadah.

Jadi Anda harus membuat rumah yang baik yang bisa membawa keberkahan. Oleh karena itu, Anda juga harus mengetahui kriteria membuat ruma sesuai syariat Islam.

kriteria rumah menurut islam
Membuat rumah sesuai syariat Islam via i2.wp.com

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan kriteria membuat rumah sesuai syariat Islam, berikut informasinya untuk Anda semua.

1. Tidak bermegah-megahan

Pertama adalah rumah yang dibangun dengan tidak bermegah-megahan. Anjuran untuk hidup tidak bermegah-megahan ada dalam Al-Qu’an Surat At-Takasur ayat 1 sampai 8.

Oleh karena itu, lebih baik tidak membangun rumah yang megah. Cukup membangun rumah sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Sehingga diharapkan rumah akan membawa keberkahan.

2. Sirkulasi udara harus baik

Kedua, rumah harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi udara sangat penting bagi siapa saja yang berada di dalam rumah. Hal ini juga termasuk salah satu upaya untuk menjadikan rumah Anda tetap sehat.

Jadi rumah akan terasa lebih nyaman dengan sirkulasi udara yang baik. Oleh karena itu, Anda perlu membangun dan mendesain rumah yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

3. Kamar terpisah untuk anak yang sudah baligh

Ketiga, Anda sebaiknya menyiapkan kamar yang banyak jika memiliki banyak anggota keluarga. Sehingga anak-anak yang sudah baligh bisa dipisahkan tidurnya, khususnya untuk anak laki-laki dan perempuan.

Hal ini sangat dianjurkan dalam Islam guna menjaga mereka dari hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, memiliki rumah dengan kamar yang cukup adalah hal yang perlu Anda siapkan.

4. Tidak berisi patung dan gambar makhluk hidup

Keempat adalah rumah tidak berisi patung dan gambar makhluk hidup. Ajaran agama Islam tidak menganjurkan Anda memiliki patung dan gambar makhluk hidup yang dipasang di rumah Anda.

Hal tersebut dikarenakan malaikat enggan masuk kedalam rumah yang memiliki patung dan gambar makjluk hidpunya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengganti hiasan yang ada di rumah Anda tersebut dengan lukisan lainnya yang lebih baik.

Misalnya Anda memasang kaligrafi, atau furnitur lainnya yang tidak melanggar anjuran agama Islam. Jadi diharapkan rumah Anda akan membawa keberkahan bagi siapa saja yang tinggal di rumah tersebut.

5. Ditanami pohon di sekitar rumah

Yang terakhir adalah menanam pohon di sekitar rumah. Pepohanan merupakan sumber oksigen yang sangat bagus untuk manusia. Sehingga akan sangat memberikan banyak kebermanfaatan jika Anda menanam pohon di sekitar rumah Anda.

Membuat rumah sesuai syariat Islam

Namun, Anda juga harus memperhatikan pohon apa saja yang sebaiknya Anda tanam. Jangan menanam pohon yang besar-besar layaknya di hutan. Anda cukup menanam pohon yang sesuai, seperti pohon mangga, rambutan atau pohon lainnya.

Jadi semuanya bisa lebih bermanfaat dan menjadikan sirkulasi udara dalam rumah dan lingkungan sekitar rumah Anda menjadi lebih sejuk dan orang yang berada di disana akan merasa lebih nyaman.

Demikian informasi terkait konsep membuat rumah sesuai syariat Islam. Semoga informasi di atas bisa memberikan banyak kebermanfaatan bagi Anda semuanya. Sehinga Anda bisa memiliki hunian impian yang nyaman dan sesuai ketentuan hukum Islam yang memberikan keberkahan.

Bagi Anda yang tertarik dan tergugah hatinya untuk membuat rumah sesuai syariah Islam, Anda dapat langsung mengaplikasikan semua pengetahuan ini saat Anda membangun hunian nyaman.

Jika hunian Anda sudah sesuai syariat Islam, jangan lupa untuk selalu membersihkan dan merapihkan rumah Anda. Karena kebersihan merupakan sebagian dari iman.

Selain itu, rumah yang bersih dan rapi juga diharapkan menjadi rumah yang sehat karena selalu rajin dirawat dengan menjaga kebersihannya. Nah, maka dari itu rumah Anda diharapkan akan menjadi hunian yang nyaman dan membawa keberkahan. (fy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.