Kreasi Membuat Rumah dari Kertas Lipat untuk Tugas Sekolah

Membuat rumah dari kertas lipat merupakan salah satu kreasi yang biasasnya digunakan oleh para guru untuk memberikan tugas kepada anak didiknya, terutama anak-anak TK. Jadi tidak heran lagi jika para guru harus mempunyai pengetahuan tentang membuat rumah dari kertas lipat.

Tugas ini diberikan dengan tujuan untuk menambah kreatifitas bagi anak-anak. Tugas ini juga dapat dikombinasikan dengan tugas lainnya sehingga tidak terkesan membosankan.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui kreasi membuat rumah dari kertas lipat untuk tugas sekolah, Anda dapat mempelajari informasi berikut agar menambah referensi membuat rumah dari kertas lipat atau origami untuk tugas sekolah.

Membuat rumah dari kertas lipat dengan menempel di buku

Rekomendasi pertama untuk membuat kreasi rumah dari kertas lipat adalah dengan menempelnya di buku. Cara ini sangat mudah dan dapat diikuti oleh anak-anak dengan mudah.

Membuat Rumah dari Kertas Lipat
membuat rumah dari kertas lipat via i.ytimg.com

Jadi tugas membuat rumah dari kertas lipat dan menempelkannya di buku bisa Anda gunakan sebagai tugas untuk anak-anak kecil, seperti anak paud dan TK. Anda juga tidak dikhawatirkan dengan alat dan bahan yang diperlukan.

Hal ini dikarenakan alat dan bahan yang dibutuhkan sangatlah mudah ditemukan. Anda hanya perlu menyiapkan kertas lipat atau origami. Anda dapat menggunakan berbagai warna yang tersedia. Karena biasanya kertas lipat yang dijual memiliki warna yang beraneka ragam.

Jadi anak-anak bisa memilih kertas dengan warna kesukaan mereka guna membuat kreasi rumah dari kertas lipas. Adanya warna kertas yang beraneka ragam ini akan menghasilkan karya yang beraneka ragam juga.

Jadi hasil akhir dari tugas ini pasti akan berwarna-warni sesuai kreasi dari masing-masing anak. Selain rumah anak-anak juga dapat membuat bentuk lainnya sehingga tugas lebih berwarna dan lebih indah.

Nah, untuk membuat rumah dari kertas lipat dengan model ini, caranya cukup gamang dan dapat diikuti anak-anak dengan mudah. Hal tersebut dikarenakan pembuatan rumah dengan kertas lipat tidak rumit.

Anak-anak cukup dengan mengkombinasikan bentuk bangun datar sehingga menjadikan model rumah lebih indah dan tidak merepotkan. Bagun datar yang dapat digunakan juga sangat mudah.

Anda hanyak membutuhkan bentuk segitiga untuk membuat atap rumah, persegi panjang untuk membuat bagunan rumah, kemudian Anda dapat menambahkan setengah lingkaran dengan menambahkan dua garis yang saling tegak lurus untuk dijadikan sebagai jendela.

Selain itu, Anda juga perlu membuat pintu rumah yang ditempel dibagian inti rumah berdekatan dengan jendela. Hal simpel inilah yang menjadikan bangun rumah lebih nyata.

Selain inti rumah, Anda juga dapat menambahkan bangunan lainnya seperti pagar atau juga dapat menambahkan pohon dan bunga di sekitar rumah sesuai dengan kreasi masing-masing.

Contoh ini bisa dibuat menjadi tugas bagi anak-anak untuk meningkatkan kreatifitas anak. Sehingga anak bisa menjadi lebih senang karena bisa menyalurkan kreatifitasnya melalui tugas ini.

Membuat rumah dari kertas lipat dengan mengkombinasikan dengan kreasi lain

Contoh tugas kreasi membuat rumah dari kertas lipat yang kedua adalah mengkombinasikan dengan kreasi tugas lainnya. Contoh tugas ini juga sudah banyak diberikan oleh guru di dalam kelas.

Membuat Rumah dari Kertas Lipat
Membuat Rumah dari Kertas Lipat

Anda dapat mengkombinasikan dengan tugas lainnya seperti pada contoh di atas. Contoh tersebut merupakan tugas yang bisa menumbuhkan kreatifitas juga akan memberikan pengenalan kepada anak-anak terkait dengan bagun datar.

Membuat karya bangun datar yang tepat sesuai dengan perintah menjadikan anak lebih memahami berbagai macam bangun datar yang banyak diaplikasikan dalam kehidupan nyata.

Mengkombinasikan bangun datar menjadi bentuk bangunan lain bisa mengembangkan kreatifitas anak. Selain itu, tugas ini juga bisa membuat anak lebih senang karena ada berbagai macam bentuk bangunan yang menarik.

Tugas ini mengajarkan anak untuk berkreasi membuat bentuk lain dari suatu bangun datar menjadi berbagai bagunan yang sering dilihat oleh anak. Selain itu, memainkan warna juga menjadi salah satu bentuk kreatifitas anak yang menjadikan tugas ini lebih berwarna.

Bagi Anda para guru yang mengajar anak-anak TK atau Paud, Anda dapat memberikan tugas ini kepada anak didik Anda agar mereka lebih kratif dan bisa mengenal banyak bangun datar yang diaplikasikan dalam kehidupan mereka.

Membuat rumah dari kertas lipat simpel dan gampang

Rekomendasi bentuk tugas membuat rumah dari kertas lipat yang selanjutnya adalah dengan membuat bangunan rumah yang simpel dan gampang. Contoh ini termasuk contoh yang sederhana dapat dilakukan oleh anak-anak.

Membuat Rumah dari Kertas Lipat

Membuat bentuk rumah seperti pada contoh di atas sangatlah mudah, jadi anak-anak juga bisa mengikuti instruksi prosedur pembuatannya dengan mudah. Caranya cukup simpel hanya menggunakan satu kertas lipat saja.

Kemudian kertas lipat tersebut dilipat menjadi dua bagian persegi panjang. Kemudia Anda dapat melipat setiap ujung samping menjadi bentuk segitiga pada bagian atasnya.

Setelah itu, Anda dapat menambahkan gambar pintu dan jendela agar bentuk rumah akan terlihat lebih nyata. Setalah itu, maka rumah dari kertas lipat sudah jadi dan dapat dikumpulkan ke gurunya masing-masing.

Model rumah dari kertas lipat yang ini menjadi model yang sangat simpel dan sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai tugas sekolah. Nah, bagi Anda yang masih bingung terkait langkah pembuatannya, Anda juga dapat mencari tutorialnya di youtube.

Hal tersebut dikarenakan disana banyak sekali video-video yang bermanfaat termasuk tutorial membuat rumah dari kertas lipat yang simpel ini. Sehingga diharapkan Anda menjadi semakin mudah dalam mempraktikan pembuatan rumah dari kertas lipat.

Membuat rumah dari kertas lipat dilengkapi cerobong

Rekomendasi selanjutnya adalah membuat rumah dari kertas lipat yang dilengkapi dengan cerobong. Hal ini akan membuat rumah yang dibuat menjadi berbeda. Sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif pembuatan rumah dari kertas lipat untuk melengkapi tugas sekolah anak.

Membuat Rumah dari Kertas Lipat

Proses pembuatan rumah dari origami seperti ini juga sangat mudah dan bisa diikuti oleh anak-anak dengan mudah. Jadi anak-anakpun bisa membuatnya sendiri tanpa bantuan dari orang tua atau orang yang lebih dewasa.

Nah, bagi Anda yang masih bingung terkait cara pembuatannya, Anda dapat mencari video tutorialnya di youtube. Atau juga dapat membacanya pada artikel ini. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan dengan baik agar bisa membuat rumah dari kertas origami dengan model seperti pada gambar.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang digunakan, seperti ketas origami, lem, gunting dan spidol. Setelah menyiapkan semua kebutuhan kemudian Anda bisa langsung membuatnya.

Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu membuat bentuk persegi panjang yang digunakan sebagai bagian rumah, kemudia bentuk segitiga untuk atap rumah dan persegi panjang kecil yang digunakan sebagai cerobong rumah.

Dari ketiga bangun datar yang telah Anda buat, selanjutnya Anda dapat langsung menyatukan ketiga bagun dapat tersebut dengan menggunakan lem kertas hingga menyerupai bentuk rumah seperti pada contoh gambar di atas.

Setelah menjadi satu kesatuan bentuk rumah yang utuh, langkah yang terakhir adalah dengan menambah gambar pintu dan jendela pada bagian persegi panjang yang ada di bawah atap rumah tersebut dengan menggunakan spidol yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Setelah membuat gambar tersebut, maka rumah dari kertas lipat sudah jadi dan Anda dapat melihat bahwa hasilnya menyerupai rumah yang dilengkapi dengan cerobong asap.

Langkah-langkah simpel di atas dapat Anda ikuti dan tentunya dapat juga dipraktikan dengan mudah oleh anak-anak. Dengan demikian mereka dapat berkarya dan membuat mereka lebih kreatif karena membuat karya semacam ini dapat juga meningkatkan kreatifitas anak.

Membuat rumah dari kertas lipat yang unik

Rekomendasi yang selanjutnya adalah dengan membuat rumah dari kertas lipat yang unik dan menarik. Rumah yang dihasilkan tentu saja berbeda dengan bentuk rumah dari kertas lipat sebelumnya.

Membuat Rumah dari Kertas Lipat

Pembuatan rumah dari kertas lipat seperti contoh di atas memang sedikit repot karena harus benar-benar memperhatikan tata cara melipat kertas. Jika Anda salah dalam melipat kertasnya maka rumahpun tidak dapat dihasilkan dengan baik.

Terlebih pembuatan rumah dari origami ini menggunakan dua kombinasi warna yang diperlihatkan dari hasilnya. Jadi Anda juga perlu memilih warna kertas lipat yang akan digunakan.

Nah, setelah Anda menentukan warna kertas lipat yang sesuai, Anda dapat langsung membuatnya. Bagi Anda yang belum mengetahui cara pembuatannya, Anda dapat mencari video tutorialnya di youtube atau di sosial media lainnya karena video tutorial pembuat rumah dari kertas lipat seperti pada contoh di atas sudah banyak dan mudah Anda temukan.

Jadi Anda tidak perlu khawatir jika belum bisa membuatnya. Sehingga diharapkan Anda akan menghasilkan satu karya berbeda yang bisa digunakan sebagai referensi untuk memberikan tugas kepada anak-anak guna meningkatkan kreatifitas mereka.

Jika sudah jadi rumah dari kertas lipat dengan bentuk seperti pada contoh di atas, Anda juga dapat mengkombinasikan dengan tugas lainnya seperti dengan menempelnya pada kertas atau pada buku tugas anak.

Dengan demikian karya rumah dari kertas origami yang sudah dibuat tidak cepat hilang dan dapat ditemukan dengan mudah pada tugas anak, sehingga ketika Anda mencarinya dapat ditemukan dengan mudah.

Demikian beberapa rekomendasi membuat rumah dari kertas lipat atau origami yang dapat Anda gunakan sebagai bahan pembuatan tugas anak. Anda dapat memilih salah yang paling mudah atau dapat juga memilih rumah yang memiliki bentuk yang paling unik.

Apapun pilihan bentuk rumah dari kertas lipat yang sudah Anda pilih, pada dasarnya semua itu adalah sama-sama terbuat dari kertas lipat. Sehingga kertas lipat menjadi salah satu bahan penting dan menjadi bahan utama yang wajib Anda siapkan sebelum membuat rumah tersebut.

Masing-masing bentuk rumah yang ada memiliki kekurangan dan kelebihannya. Jadi sebelum Anda memilih, Anda dapat menyesuaikan dengan kemampuan Anda sehingga Anda tidak merasa kesulitan saat membuatnya.

Selain itu, diharapkan akan memberikan hasil terbaik sesuai dengan keinginan Anda dan dapat menjadi salah satu tugas yang mudah dikerjakan bagi anak-anak sehingga mereka merasa senang dengan tugas yang sudah mereka kerjakan.

Di sisi lain, tugas membuat rumah dari kertas lipat juga diharapkan akan membuat anak-anak lebih kreatif dalam berkarya dan menghasilkan karya yang tepat juga dapat menambah ilmu pengetahuan anak-anak khususnya terkait warna dan juga bentuk bangunan.

Semoga informasi di atas memberikan banyak kebermanfaatan untuk siapa saja yang sudah membacanya dan dapat membantu Anda yang sedang bingung dalam membuat tugas sekolah untuk membuat rumah dari kertas origami. (fy) – Last update: 07/12/2020 by diminimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.