Cara Efektif Membuat Ruangan Tampak Luas, Bisa Dicoba!

Pada beberapa kasus ide membuat ruangan tampak luas pada rumah minimalis justru terlihat seperti memaksakan. Alih-alih menjadi nyaman untuk dilihat dan ditempati, justru malah semakin sempit. Nah, disinilah pentingnya mengatur strategi yang tepat ketika ingin membuat ruangan tampak luas.

Tidak bisa hanya berpedoman pada mengurangi atau menambahkan furniture tertentu saja, meski nanti perlu. Tetapi, bisa dengan mengubah beberapa elemen lain dalam ruangan yang bisa dipoles. Menambahkan wallpaper atau membuat langit-langit lebih tinggi misalnya, adalah beberapa diantara banyak hal yang bisa dilakukan.

Pentingnya Memaksimalkan Ruangan dalam Rumah

Meski saat ini konsep desain rumah minimalis tetap banyak diminati, namun tak sedikit yang masih kurang nyaman dengan kesan sempit yang ditimbulkan. Tidak heran, banyak yang tanpa pikir panjang untuk melakukan beberapa eksperimen penting agar ruangan sedikit lebih luas.

Jika Anda adalah salah satunya, dan Anda belum tahu caranya, Anda pun bisa melakukannya. Anda bisa menerapkan beberapa langkah-langkah sederhana di bawah ini untuk membuat interior dalam rumah nampak luas. Cara ini bisa dilakukan tanpa harus melakukan renovasi besar-besaran. Mau coba?

membuat ruangan tampak luas, menata ruangan sempit agar terlihat luas, warna cat agar ruangan terlihat terang

Ruangan minimalis bisa menjadi luas dengan melakukan penataan furniture yang tepat – Diminimalis.com

Berbagai Ide Membuat Ruangan Tampak Luas

Perlu dipahami bahwa yang akan kita bahas kali ini adalah ide membuat ruangan tampak luas secara insight, bukan ukuran sebenaranya.

Nah, di bawah ini kami telah merangkum untuk Anda beberapa cara untuk membuat rumah minimalis Anda nampak luas, diantaranya:

Perbanyak bukaan sumber cahaya

Rumah yang tidak mendapat cukup suplay cahaya akan terlihat gelap dan tidak nyaman. Bahkan, dari sudut pandang kesehatan pun tidak bagus. Selain itu, kekurangan cahaya yang masuk sama dengan terkesan gelap dan membuat ruangan dalam rumah tampak sempit.

Olah karenanya salah satu ide membuat ruangan tampak luas adalah dengan mengusahakan cahaya yang masuk agar cukup banyak. Semakin banyak sinar matahari yang masuk, ruangan tidak hanya akan lebih terang namun juga nampak luas.

Upaya yang bisa Anda lakukan jika sudah tidak memungkinkan menambahkan bukaan adalah dengan memoles jendela. Bersihkan jendela secara rutin, termauk gorden jika ada agar cahaya yang masuk dari luar ruangan menjadi optimal.

Pilih furniture yang proporsional

Furniture ruangan berukuran besar tentu saja akan menyulitkan ruang gerak dan membuat interior nampak sempit. Untuk ruangan minimalis, disarankan menggunakan furniture yang berukuran minimalis. Namun, bukan berarti seluruh furniture yang ada harus serba minimalis.

Pilihlah furniture sesuai fungsinya saja, kemudian barulah sesuaikan, mana yang sekiranya cocok berukuran besar dan mana yang kecil. Yang jelas, pertimbangkan proporsionalitas antara manfaat dan estetika yang dihasilkan dari tatanan interior rumah minimalis Anda.

Untuk furniture yang tidak terpakai, Anda bisa menyimpannya di gudang atau bisa juga dijual ke orang lain. Dengan begitu, ruangan-ruangan di rumah Anda akan terlihat lebih lapang dan lebar.

Pilih warna cat dinding yang pas

Anda bisa menciptakan kesan ruangan yang lega dan luas dengan memperhatikan pemilihan warna cat dinding yang tepat. Gunakan cat berwarna cerah seperti putih, krem, dan pastel untuk menghindarkan kesan sempit pada ruangan.

Hindari penggunaan warna gelap pada ruangan sempit seperti, hitam, coklat tua, abu-abu atau warna bernuansa gelap lainnya. Minimal, jika cat dinding berwarna cerah, maka furniture warna apapun akan tetap matching.

Dengan warna cerah, rumah kecil akan terasa lapang, segar, dan terang. Apalagi warna-warna tersebut cocok bila disandingkan dengan berbagai corak furniture di dalam. Jadi anda tidak perlu ragu lagi untuk mengusung warna cerah sebagai cat dinding ruangan.

Pasang wallpaper tema alam

wallpaper dinding 3d, wallpaper dinding 3d ruang tamu, wallpaper dinding 3d keren, wallpaper dinding 3d murah

wallpaper dinding 3D yang dapat memberikan kesan tenang pada interior ruangan- diminimalis.com

Adanya wallpaper dinding akan membuat rumah yang aslinya sederhana terkesan lebih mewah. Tidak hanya itu, wallpper berwarna cerah dengan tema pemandangan alam misalnya, juga akan mampu memberikan kesan luas pada ruangan.

Dengan kata lain, wallpaper bisa dipakai sebagai salah satu ide membuat ruangan tampak lebih luas. Selain sebagai hiasan biasa, wallpaper juga lebih tahan terhadap api sehingga otomatis bisa sekaligus menjadi pelindung dinding dari bahaya kebakaran. Jadi, sepertinya tidak ada alasan lagi untuk tidak memasng wallpaper mengingat perannya yang multifungsi.

Buat langit-langit lebih tinggi

Jika Anda masih dalam tahap membangun rumah, rencanakanlah sedari awal agar ruangan di dalamnya terasa lega. Anda bisa membuat rancangan langit-langit yang tinggi agar secara visual ruangan tidak nampak pendek dan sumpek.

Selain dengan meninggikan plafon, Anda juga bisa memaksimalkan penggunaan lukisan awan di plafon sehingga selain dapat kesan luas juga dapat keindahannya.

Dari sekian ide yang bisa diterapkan untuk membuat ruangan tampak luas, kami yakin tidak semuanya Anda pilih. Jadi, pilihlah salah satunya saja. Dengan mengubah satu dari sekian elemen ruangan di atas, maka ruangan yang tadinya sempit akan secara visual nampak lebih luas. Buktikan saja! (ls) editted by RN18062020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.