by

Cara Membuat Rak Dinding Melayang Menggunakan Papan Bekas

Banyak orang yang masih bingung terkait membuat rak dinding melayang atau lebih dikenal dengan floating self. Nah, kali ini Anda dapat membuatnya dengan sangat mudah dengan mengikuti cara-cara yang ada dalam artikel ini.

Floating self atau rak dinding melayang sangat bermanfaat bagi semua orang. Rak ini menjadi salah satu rak favorit yang sering digunakan pada rumah minimalis. dengan menggunkan rak melayang rumah akan terlihat lebih rapih dan luas.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk Anda semua agar menggunakan rak melayang yang tidak memakan banyak tempat. Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan rak dinding melayang, Anda dapat membuatnya sendiri dengan modal yang lumayan murah dan tidak terlalu menguras kantong Anda.

Untuk menghemat biaya, Anda dapat menggunakan papan bekas yang harganya lebih murah atau bahkan gratis. Pemanfaatan barang bekas menjadi salah satu solusi kreatif dan tentunya Anda tidak akan dirugikan.

Lalu, bagaimana cara membuat rak dinding melayang menggunakan papan bekas yang gampang dan dapat dilakukan di rumah sendiri? Berikut informasinya untuk Anda.

1. Persiapan membuat rak dinding melayang

Hal pertama yang perlu Anda lalui adalah tahap persiapan membuat rak dinding melayang. Persiapan yang sempurna akan berdampak pada proses membuat rak dinding melayang berjalan dengan lancar.

Tidak hanya lancar, tapi diharapkan akan mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan Anda. Sehingga Anda harus benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya dalam proses awal ini tanpa ada kekurangan.

Tahap persiapan ini hanya mengharuskan Anda untuk mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Walaupun terkesan sangat simpel, namun Anda tidak boleh melewatkan satupun dari alat dan bahan yang dibutuhkan tersebut.

Hal tersebut dikarenakan, alat dan bahan merupakan hal penting yang pasti akan Anda gunakan dalam proses membuat rak dinding melayang atau floating self. Berikut alat dan bahan yang diperlukan dalam membuat rak dinding melayang:

a. Alat

Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah alat yang digunakan untuk membuat rak dinding melayang. Perlatan tersebut dapat Anda temukan ditoko bangunan terdekat atau bahkan Anda sudah memilikinya di rumah.

Berikut peralatan yang perlu Anda siapkan:

Alat pertama yang digunakan adalah alat pengait ambalan yang dapat Anda beli sekitar 10 ribu rupiah.

Membuat Rak Dinding Melayang

Kedua, bor kayu yang memiliki mata bor seukuran dengan pengait ambalan. Dengan menggunakan bor ini, Anda akan lebih dipermudah dalam melubangi papan kayu yang Anda miliki.

Ketiga, penggaris dan pensil untuk mengukur dan memberikan tanda pada papan kayu dan dinding rumah Anda yang akan difungsikan sebagai tempat untuk meletakan rak dinding melayang.

Keempat, kuas yang dapat Anda gunakan untuk mengaplikasikan lem pada kayu jika Anda menghendaki rak tersebut akan Anda tutupi dengan menggunakan kertas kado atau Anda juga dapat mengecatnya sebelum Anda memasang papan kayu tersebut menjdai floatig self.

b. Bahan

Selanjutnya Anda perlu untuk menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat rak dinding melayang. Berikut bahan-bahan yang digunakan:

Pertama, papan kayu dengan ketebalan 2 cm. Anda dapat membelinya dengan harga 5 ribu rupiah sampai dengan 10 ribu rupiah per potong. Sehingga, Anda tidak terlalu banyak mengeluarkan uang. Jadi Anda bisa lebih hemat dalam hal finansial.

Kedua, kertas kado yang akan Anda gunakan untuk menutupi papan kayu yang akan Anda gunakan. Dengan menggunakan kertas kado ini, menjadikan rak dinding melayang Anda akan lebih bagus dan cantik. Sehingga tidak kalah dengan rak dinding melayang yang mahal.

Ketiga, Anda perlu menyiapkan lem untuk merekatkan kertas kado dan papan kayu yang Anda miliki. Anda juga dapat menemukan lem kayu warung atau toko sekitar Anda. Dalam artian, lem ini tidak sulit untuk ditemukan.

Sebelum Anda melanjutkan ke proses membuat rak dinding melayang, Anda harus memastikan rumah Anda memiliki aliran listrik yang dapat Anda gunakan dalam proses pengeboran.

Setelah semuanya sudah siap dan lengkap, Anda dapat melanjutkan proses selanjutnya, yaitu proses membuat rak dinding melayang dengan menggunakan papan kayu bekas.

2. Proses membuat rak dinding melayang

Memasuki tahapan inti, yaitu proses membuat rak dinding melayang. Pada proses ini, Anda harus mengikuti tahapan/cara berikut ini:

Pertama, Anda dapat mengukur dan menandai bagian papan kayu yang ingin Anda bor/lubangi untuk mempermudah dalam memasang papan di dinding. Selain itu Anda juga perlu mempertimbangakan dinding yang akan Anda gunakan sebagai tempat rak dinding melayang.

Kedua, Setalah diukur dan ditandai, Anda dapat langsung mengebor papan kayu yang Anda miliki dan Anda juga dapat melubangi dinding yang sudah diukur dan ditandai.

Ketiga, setelah itu, Anda dapat memberikan lem secara merapat pada papan kayu dan selanjutnya Anda dapat menempelkan kertas kado yang Anda miliki.

Ketiga, Setelah itu semua selesai, Anda tinggal memasang rak dinding menggantung menggunakan alat pengait ambalan yang sudah Anda siapkan. Setelah itu selesai, Anda dapat melihat dan menikmati karya sendiri dalam membuat rak dinding melayang yang elegan dan indah.

Membuat Rak Dinding Melayang

Nah, bagi kalian yang sangat tertarik untuk membaut rak dinding melayang, Anda dapat mengikuti cara dan di atas sebagai panduan dalam membuatnya. Sehingga, Anda lebih dipermudah dengan adanya panduan tersebut.

Selain itu, informasi di atas juga dapat dijadikan sebagai salah satu referensi yang dapat membantu Anda dan semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda semua. Jangan lupa untuk merapihkan dan membersihkan tempat yang Anda gunakan untuk memasang dan membuat rak dinding menggantung.

Selamat mencoba dan selamat berkaya. Semoga hasilnya sesuai dengan apa yang Anda inginkan. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.