by

Cara Mudah Membuat Rak Dinding Dari Kardus Bekas

Salah satu cara untuk memanfaatkan kembali kardus bekas adalah dengan membuat rak dinding dari kardus. Pembuatan rak dinding dari kardus sudah banyak dilakukan oleh banyak orang. Sehingga sudah tidak asing lagi bagi kita semua.

Rak dinding dari kardus dapat Anda gunakan sebagai solusi bagi Anda yang menginginkan rak dinding namun tidak memiliki uang yang cukup banyak untuk membelinya. Dengan kata lain, rak dari kardu ini tidak mengeluarkan banyak biaya. Sehingga Anda dapat lebih berhemat.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda yang ingin berhemat untuk membuat dan memiliki rak dinding dari kardus. Walaupun tidak mengeluarkan biaya yang banyak, namun rak ini memiliki fungsi yang banyak pula.

Salah satu fungsi utama dari rak dinding adalah untuk menyimpan/ meletakan barang-barang, seperti hiasan, jam, atau bahkan buku. Oleh karena itu, rak dinding harus didesain sedemikian rupa sehingga mampu menampung beban dalam jangka waktu yang lama.

Namun, kali ini akan dibahas terkait rak dinding dari kardus bekas. Nah, pertanyaannya adalah apakah rak dinding dari kardus bekas akan dapat menampung beban dan bertahan lama? Jawabannya tentu bisa.

Bagi Anda yang penasaran pada cara pembuatannya, Anda dapat menyimak informasinya pada artikel ini. Kemudian Anda juga dapat mengikiuti dan mempraktikan langkah-langkah yang dijelaskan.

Berikut cara mudah membuat rak dinding dari kardus bekas yang perlu Anda ketahui:

1. Persiapan Membuat Rak Dinding Dari Kardus

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah persiapan membuat rak dinding dari kardus bekas. Persiapan ini dilakukan guna memperlancar proses membuat rak dinding.

Sehingga pada proses pembuatan, Anda tidak repot mencari peralatan, perlengkapan dan bahan-bahan yang dibutuhkan. Hal ini karena Anda melaukan tahap persiapan dengan baik.

Nah, tahap persiapan ini dapat Anda lakukan dengan menyiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat rak dinding. Berikut informasi terkait alat dan bahan yang perlu Anda persiapkan:

a. Alat

Nah, untuk langkal awal ini, Anda dapat mempersiapkan alat yang digunakan. Peralatan dalam membuat rak dinding dari kardus ini juga sangat simpel dan sederhana.

Berikut peralatan yang dibutuhkan dan perlu dipersiapkan oleh Anda:

Pertama, penggaris yang dapat gunakan untuk mengukur panjang kardus agar memiliki panjang sisi yang sama dan serasi. Sehingga rak dinding lebih rapih dan gampang untuk diatur.

Kedua, gunting yang dapat Anda gunakan untuk memotong kardus, sehingga sesuai dengan model dan ukuran yang Anda inginkan.

Ketiga, glue gun yang dapat Anda gunakan untuk mencairkan lem tembak agar dapat digunakan untuk mengelem dengan rapih.

Keempat, Anda perlu mempersiapkan spidol atau pensil untuk menandai hasil ukuran Anda. Sehingga Anda dapat memotong kardus dengan benar.

Ketujuh, paku dan palu untuk memasang rak dinding yang sudah jadi dan siap dipasang di dinding rumah Anda.

Setelah mempersiapkan alat yang digunakan, Anda dapat mempersiapkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat rak dinding dari kardus bekas.

b. Bahan

Selanjutnya, Anda juga perlu mempersiapkan bahan yang digunakan untuk membuat rak dinding dari kardus. Berikut bahan-bahan yang perlu Anda ketahui dan persiapkan:

Pertama, Anda perlu mempersiapkan bahan utama yaitu kardus bekas. Anda perlu mempersiapkan kardus bekas sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kedua, Anda juga perlu menyiapkan lem tembak yang digunakan untuk mengelem menggunakan glue gun yang Anda miliki.

Ketiga, lem fox yang digunakan untuk perekat antar sisi sehingga merekat kuat dan bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Setelah semua alat dan bahan selesai disiapkan, Anda dapat melanjutkan proses selanjutnya, yaitu prose membuat rak dinding dari kardus bekas.

2. Proses Membuat Rak Dinding Dari Kardus

Setelah alat dan bahan disiapkan, Anda selanjutnya dapat memasuki proses membuat rak dinding dari kardus. Proses ini dilakukan hingga rak dinding tersebut benar-benar selasai dan siap untuk digunakan.

Nah, kali ini kita akan membuat rak dinding segi enam menggunakan kardus bekas. Berikut cara membuat rak dinding dari kardus yang dapat Anda perhatikan, ikuti dan praktikan:

Membuat Rak Dinding Dari Kardus

Pertama, potong kardus sesuai dengan ukuran yang sudah Anda tetapkan. Untuk membuat satu rak dinding dari kardus, Anda memerlukan 12 potongan kardus. Sehingga Anda perlu memotong sebanyak 12 potongan kardus dengan ukuran yang sama.

Kedua, Anda dapat mengelem dua potongan menjadi satu. Sehingga potongan kardus tersebut menjadi lebih tebal dan kuat. Jangan lupa gunakan lem yang sudah Anda siapkan.

Ketiga, setelah kedua belas potongan dilem dan menjadi 6 potongan, Anda dapat mempersiapkan potongan kardus tersebut untuk dijadikan model segi enam.

Keempat, untuk membuat segi enam, Anda dapat memotong sisi-sisi yang akan Anda pertemukan dengan sisi lain dari potongan kardus. Caranya Anda memotong secara miring agar sisi tersebut dapat dengan mudah disatukan dengan potongan kardus lainnya.

Kelima, setelah Anda memotong sisi tersebut, Anda dapat menyatukan dengan sisi potongan kardus lainnya menggunakan lem tembak yang sudah disiapkan dan membentuk segi enam.

Keenam, Setelah selesai dan membentuk segi enam secara sempurna, Anda dapat mengecatnya atau memberi warna agar lebih indah dan menarik. Namun, jika Anda tidak menghendaki untuk memberinya warna, Anda sudah cukup sampai tahap itu dan dapat langsung melanjutkan langkah selanjutnya.

Ketujuh, Anda dapat langsung memasangnya di dinding dengan menggunkan paku dan palu yang sudah Anda siapkan. Setelah itu, Anda dapat langsung meletakan barang yang akan Anda simpan di rak tersebut.

Membuat Rak Dinding Dari Kardus

Nah, setelah langkah ke tujuh tersebut, berarti Anda sudah selesai dan Anda dapat melihat hasilnya. Selamat mencoba untuk membuatnya di rumah Anda sendiri.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda semuanya dan dapat mengikuti langkah di atas serta mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang Anda inginkan. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.