Ide Membuat Lukisan di Plafon, Hadirkan Nuansa Alam Terbuka di Dalam Rumah

Saat ini, plafon sudah menjadi salah satu bagian terpenting dari interior rumah minimalis modern. Tidak jarang, pemilihannya membuat banyak orang dilematis lantaran semakin beragamnya pilihan. Misalnya, apakah perlu dipilih plafon yang bagus sekalian atau yang biasa saja mengingat fungsinya yang tidak terlalu vital. Jika pilih yang bagus bisa jadi harga mahal lalu apakah akan cocok dengan desain ruangan? Dan sebagainya, dan sebagainya.

Kondisi ini membuat sebagian orang berani berinvenstasi membeli plafon yang kuat dan berkualitas sekaligus dengan berbagai karakter motif meski harganya jauh lebih mahal. Sebagian lagi memasang yang biasa lalu membuat lukisan di plafon agar suasana ruangan yang tadinya polos jadi terlihat lebih hidup.

Pilihan tersebut jadi semakin banyak lantaran saat ini sudah banyak tersedia plafon dengan berbagai model. Termasuk ide desain yang diterapkan, tidak hanya ukiran saja, namun juga lukisan-lukisan yang hadir dengan berbagai karakter. Selain mampu memberikan keindahan dari sisi tampilan, juga sekaligus bisa menjadi ajang kreasi yang unik.

Manfaat Memasang Plafon Rumah

Sebelum bicara soal desain plafon indah seperti apa  yang bagus diterapkan di rumah Anda, kita akan bahas dulu, alasan kenapa Anda mesti memasangnya. Ya, ada banyak manfaat plafon yang akan Anda dapatkan jika memasangnya.

Mulai dari melindungi dari kebocoran hingga penunjang keindahan interior. Berikut akan kami berikan penjelasan lebih jauh tentang fungsi dan pentingnya memasang plafon.

  • Mengurangi potensi bocor atap

Bisa jadi atap rumah Anda mengalami kerusakan tak terduga sementara sedang berada di musim penghujan. Adanya plafon berperan besar dalam membantu mencegah kebocoran oleh kerusakan atap tadi. Secara teori, air hujan tidak akan langsung menetes ke lantai dalam rumah sebab terhalang oleh plafon.

  • Fungsi estetis, rangka atap jadi tak terlihat

Tahukah Anda bahwa fungsi lain dari adanya plafon ialah bisa untuk menutupi rangka atap? Ruangan dengan plafon di dalamnya akan memberikan nuansa tampilan yang berbeda dari biasanya. Rangka atap yang tadinya terekspos jadi secara otomatis tertutup alias tidak lagi terlihat.

Bayangkan saja misalnya jika tidak ada plafon yang menutupinya, maka kami pikir rumah Anda akan kurang sedap dipandang sebab tulang rangkanya terlihat jelas dari bawah. Fungsi plafon menutup semua celah antara atap dengan batas atas ujung dinding.

  • Ruangan jadi lebih kedap suara

Disadari atau tidak, keberadaan plafon di sebuah ruangan dalam rumah memberi pengaruh spesial. Ya, ruangan dengan plafon terpasang akan mampu menyerap suara dan menahannya untuk tetap lama berada di ruangan.

Ini bisa dibuktikan dengan misalnya Anda bersuara/berteriak di ruangan berplafon dengan yang tidak, jelas ada bedanya bukan? Ini terjadi karena langit-langit menjadi semakin dekat dengan lantai sehingga mampu memaksa suara tetap di ruangan.

  • Menutup dan melindungi kabel kelistrikan

Sistem kelistrikan rumah biasanya memaksa Anda memngekspos kabel-kabel menjalar di dinding atau rangka atap. Dengan terpasangnya plafon, kabel kelistrikan rumah akan tertutupi dengan rapi. Meski tentu saja fungsi ini dibantu oleh dinding, namun plafon juga memerankan peran yang cukup penting disini.

Dengan kata lain, ketika perkakas kelistrikan tertutup dengan baik oleh plafon, hal ini juga akan mampu mencegah terjadinya korsleting. Meski memang jika ada kerusakan teknis akan sedikit direpotkan karena harus masuk ke dalam ruang plafon, namun itu bukan masalah besar.

  • Menjaga lantai dari kotoran hewan

Selain mampu memberikan kenyamanan dari sisi tampilan, perant penting lainnya dari plafon ialah membantu ruangan terjaga dari bertebarannya kotoran hewan rumah. Hewan-hewan seperti cicak dan serangga akan menghindari ruangan berplafon.

Meski fungsi ini tidak selalu demikian, karena cicak pun masih saja ada. Namun, sebenarnya mampu mengurangi potensi masalah tersebut. Jadi, segera saja pasang plafon terbaik di rumah Anda agar bisa merasakan bedanya.

  • Penunjang estetika interior rumah

Manfaat plafon yang terakhir ini sesuai dengan pembahsan utama kita kali ini. Ya, rumah dengan plafon yang terpasang rapi di bawah atap ruangan akan membuat interior makin menonjol dan lebih rapi.

Perbedaan nuansa pada rumah berplafon dengan yang tidak, akan cukup terlihat dari sisi ini. Apalagi, jika Anda meluangkan waktu, tenaga, dan biaya untuk membuat tampilannya berbeda seperti dengan menggoreskan lukisan. Ada banyak ide lukisan yang bisa Anda terapkan, seperti karakter awan, langit luas, burung-burung, dan sebagainya

Teknis dan Cara Membuat Lukisan di Plafon

Memang, membuat lukisan di plafon tidak segampang yang dibayangkan, namun juga tidak sesulit pikiran kebanyakan orang. Menghias plafon rumah supaya terlihat indah bisa dengan karakter apa saja.

Sebagian orang banyak yang menghias plafon dengan aneka bentuk dan permainan tata cahaya. Namun kekurangaannya keindahan desain model ini hanya terlihat di malam hari dan membutuhkan daya listrik tambahan.

Jadi, bagi Anda yang memiliki desain plafon rata, akan lebih baik jika Anda menghiasnya saja dengan karakter yang bernuansa alam. Selain simpel dan tidak membutuhkan biaya terlalu banyak, keindahannya bisa dilihat di siang dan malam hari.

Lukisan Awan di plafon, cara mengecat atap motif awan, cara melukis awan di plafon rumah
lukisan awan di atap dengan tata cahaya di dinding yang indah – diminimalis.com

Misalnya dengan membuat lukisan di plafon karakter awan. Jika Anda kesulitan, Anda bisa menyerahkan projeknya pada jasa profesional yang terkenal. Namun, bila Anda merasa tertantang untuk melukisnya sendiri tidak ada salahnya, toh di rumah Anda sendiri. Kami akan berikan sedikit panduan cara membuat lukisan di plafon karakter awan yang efektif dan efisien.

Ada dua Tahapan untuk membuat lukisan awan di plafon:

Pertama, beri warna dasar

Berikan warna cat dasar terlebih dahulu secara menyeluruh dan merata pada permukaan plafon. Sesuaikan warna yang dipilih dengan karakter awan yang akan dibuat. Misalnya untuk membuat awan cerah di pagi atau siang hari, warna biru muda bisa dipilih sebagai warna dasarnya.

Atau jika membuat awan bernuansa senja, Anda dapat memberikan dasar plafon dengan cat warna oranye. Dengan membuat warna dasar yang sesuai terlebih dulu, maka langkah selanjutnya akan lebih mudah.

Kedua, membuat gambar gumpalan awan

Lanjutkan dengan memberikan aksen atau obyek gumpalan awan. Karakter gumpalan awan banyak variasinya dan untuk membuatnya biasanya perlu beberapa kali eksperimen agar hasilnya maksimal. Anda bisa mencarinya di internet dan mengapliksikannya sendiri, tapi yang sabar ya. Semoga hasilnya sesuai keinginan.

Dari dua tahapan tersebut bisa disimpulkan bahwa, membuat lukisan awan di plafon terbilang mudah. Hanya butuh sedikit keberanian, keterampilan, dan ketekunan saja untuk mendapatkan lukisan awan di plafon yang mirip identik dengan aslinya.

Bila Anda menggunakan peralatan penunjang yang bagus seperti sprayer cat dan mesin kompresor, tentu hasilnya bisa jauh lebih baik.

Membuat lukisan di plafon, Lukisan Awan di plafon, cara mengecat atap motif awan, cara melukis awan di plafon rumah
lukisan awan dengan burng yang beterbangan yang terlihat indah – diminimalis.com

Adapun kendala yang biasanya dialami bila melukis plafon sendiri adalah adaptasi posisi kerja yang tidak lazim. Sebab Anda mesti berlama lama menghadap ke atas, kecuali pekerjaan ini direncanakan di awal sebelum plafon dipasang.

Bila Anda kerepotan, ini terbilang wajar, terutama jika ini adalah pengalaman pertama Anda. Namun, tidak perlu pesimis, justru disitulah Anda akan mendapatkan sensasi kepuasan tersendiri. Teruslah mencoba agar hasilnya sesuai harapan.

Oke itu dia ulasan dari kami tentang cara membuat lukisan di plafon khususnya membuat karakter awan. Semoga projek Anda lancar dan hasilnuya sesuai keinginan. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat. (ls) edited by RN10052020


Comment