by

Membuat Lantai Keramik Mengkilap Ternyata Semudah Ini, Coba Sih!

Untuk membuat lantai keramik mengkilap pada dasarnya memang cukup mudah. Terlebih bila Anda mengaplikasikan bahan seperti porcelanix lantai.

Meski begitu realitanya, pada kasus tertentu diperlukan juga perawatan khusus pada material keramik. Pentingnya menjaga lantai selalu bersih salah satunya adalah untuk kesehatan Anda dan keluarga, terutama bila di rumah ada anak kecil.

Lantai keramik sendiri meruapakan salah satu jenis lantai yang sangat lazim digunakan. Keramik punya fleksibilitas tinggi dan dapat diaplikasikan pada hampir seluruh bagian rumah.

Kelebihan Keramik dan Cara Membuat Lantai Keramik Mengkilap

Ada beberapa kelebihan keramik yang membedakan dengan bahan lain. Selain kuat, lantai dari bahan keramik mudah dirawat sekaligus memberikan efek hangat pada ruangan.

Saat ini ada beragam tekstur keramik yang dijual di pasaran, seperti keramik marmer, granit, batu, bata dan sebagainya.

Agar paham cara merawat dan mengkilapkan lantai keramik, ada baiknya bila kita juga membahas sifat kermaik secara umum.

Dilansir dari wikipedia, keramik pada awalnya berasal dari bahasa Yunani keramikos yang artinya suatu bentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran.

Kamus dan ensiklopedia tahun 1950-an mendefinisikan keramik sebagai suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar. Contohnya seperti gerabah, genteng, porselin, dan sebagainya.

Umumnya senyawa keramik lebih stabil dalam lingkungan termal dan kimia dibandingkan elemennya. Bahan baku keramik yang umum dipakai adalah felspard, ball clay, kwarsa, kaolin, dan air.

Sifat keramik sangat ditentukan oleh struktur kristal, komposisi kimia dan mineral bawaannya. Oleh karena itu sifat keramik juga tergantung pada lingkungan geologi di mana bahan diperoleh.

Secara umum strukturnya sangat rumit dengan sedikit elektron-elektron bebas. Di samping itu keramik mempunyai sifat rapuh, keras, dan kaku. Keramik secara umum mempunyai kekuatan tekan lebih baik dibanding kekuatan tariknya.

porcelanix lantai, porcelanix 3D, porcelen keramik
lantai mengkilap yang dilapisi porcelanix  – diminimalis.com

Tips dan Cara Membuat Lantai Keramik Mengkilap 

Lantai yang bersih tentunya akan membuat penghuni rumah lebih nyaman. Oleh sebab itu Anda perlu menyapu dan mengepel lantai setiap hari agar selalu terawat dan bebas dari kuman.

Cara di bawah ini bisa Anda terapkan untuk membuat lantai keramik Anda mengkilap.

• Biasakan untuk rutin menyapu lantai 

Tips membuat lantai keramik mengkilap yang pertama sangat -sederhana, yaitu dengan menjaga kebersihan. Kotoran-kotoran yang menempel pada lantai sebaiknya segera untuk dibersihkan. 

Rajin menyapu kotoran pada lantai keramik Anda merupakan cara terbaik untuk menjaga lantai keramik tetap kinclong.

Debu yang menumpuk ditambah dengan kotoran berupa pasir, dapat menyebabkan keramik menjadi tergores. Jika hal ini terjadi terus -menerus dan berulangkali, maka kilap pada keramik lama-kelamaan akan pudar.

Jadikan menyapu sebagai rutinitas harian Anda sehingga lantai keramik rumah akan tetap terjaga kebersihannya.

Membuat lantai keramik mengkilap, kerusakan interior rumah
lantai yang tidak terawat akan susah dibersihkan – diminimalis.com
• Jika ingin mengepel lantai, sesekali pakailah air hangat

Air hangat akan membuat kotoran yang menempel pada keramik mudah terlepas.

Jika perlu, Anda dapat menambahkan cairan pembersih lantai sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan tiap-tiap produk.

• Ketika mengepel lantai keramik, pilihlah kain pel yang bersih, lembut, dan memiliki daya serap tinggi.

Kain pel yang kasar pada keramik-keramik jenis tertentu bisa mengakibatkan goresan. Sebaliknya, kain pel yang lembut dan berdaya serap tinggi akan membuat permukaan lantai lebih aman dari goresan.

Selain itu, rajinlah mengganti air di ember jika airnya sudah kotor karena pembilasan. Setiap kali membilas, jangan lupa untuk memeras kain pel agar lantai keramik tidak basah berlebihan.

Ada bahan alami yang bisa ditambahkan untuk mengepel lantai supaya dapat membuat permukaa.nya semakin bersih dan mengkilap. Berikut ini bahan-bahan yang dimaksud.

1. Baking Soda

Baking soda bisa menghilangkan noda berminyak serta garis yang tertera pada permukaan lantai. Anda bisa menaburkan baking soda pada bagian-bagian yang sulit dibersihkan. Kemudian lap bagian tersebut menggunakan kain pel yang basah.

Cara ini bisa menghilangkan noda membandel yang menempel pada permukaan lantai sehingga terlihat lebih mengkilap.

2. Cuka

Cuka juga menjadi salah satu bahan alami yang ampuh untuk membuat permukaan lantai semakin bersih. Caranya dengan mencampurkan cuka setengah cangkir dengan seember air.

Anda juga bisa menambahkan air lemon untuk memberikan hasil yang maksimal. Kotoran pada lantai akan mudah terangkat dengan cara ini.

3. Teh

Teh bagus untuk merawat lantai rumah yang terbuat dari kayu. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyeduh teh panas lalu diamkan hingga menjadi dingin dengan sendirinya. Kemudian ambil kain dan celupkan ke dalam teh.

Teh bisa untuk membuat lantai kayu bebas dari kotoran dan debu membandel.

Selain bahan-bahan di atas, Anda juga bisa membuat bahan sendiri yaitu dengan ampas kelapa. 

Caranya: pertama Anda sapu lantai sampai bersih lalu taburkan ampas kelapa secara merata ke seluruh ruangan. Biarkan hingga beberapa menit. Ratakan dengan kaki atau sapu guna memastikan seluruh sudut terkena ampas.

Setelah semua ampas merata selanjutnya sapu/kumpulkan ampas bekasnya (bisa dibuat sampah kompos). Keramik akan terlihat lebih bersih dan kinclong dan misi Anda membuat lantai keramik kinclong berhasil. 

Demikian ulasan kami tentang cara untuk membuat lantai keramik Anda mengkilap. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang porcelanix lantai sebagai alternatif untuk menghias lantai di bawah ini, semoga bermanfaat. (Editted by RN13032019)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.