Membuat Kopi ala Barista di Rumah Minimalis Anda, Mengapa Tidak?

kopi memang enak, namun kita harus memahami efek samping beserta solusinya - diminimalis.com

Membuat kopi ala barista sebenarnya bisa dilakukan di rumah, asal kita paham caranya. Meski terlihat rumit, bagi pecinta kopi, hal ini justru sangat menyenangkan. Bisa menyajikan kopi istimewa ala racikan barista, tentu merupakaan kebanggaan tersendiri untuk kita nikmati atau sajikan kepada orang-orang tercinta.

Membuat kopi ala barista, cara Membuat kopi ala barista, cara membuat kopi ala cafe
kopi ala barista bisa Anda buat di rumah sendiri – diminimalis.com

Membuat kopi ala barista di rumah

Kunci utama membuat kopi ala barista ada pada pilihan biji kopi yang berkualitas. Tidak perlu yang bermerk luar. Banyak sekali varian kopi lokal yang justru kualitasnya mendunia. Di bawah ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menyajikan racikan kopi ala barista.

Membuat kopi ala barista, cara Membuat kopi ala barista, cara membuat kopi ala cafe
membuat kopi dengan drip method – diminimalis.com

1. Drip Method (Kopi Tetes)

Metode ini disebut juga dengan Filter Method. Hinggai saat ini, drip method merupakan cara membuat kopi yang paling populer karena kesederhanaan dan efisiensinya.

Cara pembuatan :

Air dituang ke kopi bubuk yang diletakkan di atas kertas saring. Untuk menyeduhnya, cukup panaskan bejana kopi tersebut dan kopi siap disajikan.

2. French Press

Metode yang satu ini umum ditemui di kedai-kedai kopi. French Press mempunyai nama lain Plunger atau Cafetiere. Metode French Press bisa mengekstrak banyak cita rasa beragam jenis kopi. Harga alatnya juga terjangkau dan dapat diperoleh di mana-mana.

Cara pembuatan :

Pastikan French Press Coffee Maker dalam keadaan bersih. Tuangkan kopi secukupnya ke dalam French Press. Masak air hingga mendidih, diamkan selama 1 menit, Tuangkan air mendidih yang telah didiamkan tersebut kedalam French Press Coffee Maker, Tuangkan air dari teko dengan posisi yang agak tinggi, ini akan menghasilkan gelembung air yang membuat aroma kopi menjadi lebih maksimal.

Aduk kopi selama 30 detik – 1 menit, agar aroma dan rasa kopi menjadi lebih menyatu dan lebih nikmat. Tekan kopi yang telah diaduk menggunakan tutup French Press secara perlahan, Tuangkan ke dalam cangkir secara perlahan dari posisi mendekati cangkir, hingga dinaikkan sampai agak tinggi.

3. Espresso

Bisa dibilang mesin espresso adalah salah satu mesin kopi yang paling canggih karena hampir semuanya serba otomatis, meskipun tidak bisa dipungkiri bila tangan barista tetap masih menjadi penentu rasa dari secangkir kopi yang dihasilkan. Namun Espresso sangat bisa diandalkan bila Anda sedang tidak memiliki waktu luang untuk meraciknya secara manual.

Demikian ulasan kami tentang cara menyajikan kopi ala barista di rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel lain kami terkait  cara membuat interior ala coffee shop pada rumah minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat.(ls)

Interior ala coffee shop cocok bagi Anda penikmat kopi sejati

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.