Ternyata, membuat gazebo unik dan menarik yang Anda dambakan untuk tempat santai keluarga di taman rumah Anda tidak begitu sulit. Gazebo merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memanfaatkan halaman rumah yang kosong agar dapat digunakan untuk tempat bersantai dan berkumpul keluarga.

Bila Anda memiliki taman di belakang rumah, maka tidak ada salahnya untuk menambahkan gazebo agar bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai keluarga sambil menikmati udara segar dan asri di taman minimalis Anda.

7 Tips Membuat Gazebo Unik dan Menarik

Membuat Gazebo Unik, cara Membuat Gazebo Unik, cara Membuat Gazebo sendiri
gazebo di taman belakang rumah yang indah – diminimalis.com

Untuk membuat gazebo memerlukan bahan dan juga persiapan desain yang unik dan menarik. Tentu saja upaya tersebut perlu menyesuaikan dengan desain dan gaya rumah minimalis Anda. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan ketika ingin membuat sebuah gazebo yang unik dan menarik pada taman minimalis Anda.

a. Pemilihan Bahan

Bahan yang banyak digunakan untuk membuat konstruksi gazebo adalah gelugu (kayu kelapa). Namun ada juga gazebo yang dibuat menggunakan bambu, batu, besi, aluminium bahkan ada juga yang membuatnya menggunakan batu permanen.

Untuk pembuatan gazebo menggunakan bahan permanen, lebih baik direncanakan sejak awal mula pembangunan taman. Hal ini supaya tampilan taman terlihat indah saat ditambahkan gazebo nantinya. Sedangkan, untuk atap gazebo biasanya dibuat menggunakan bahan alang-alang, ijuk, sirap, ataupun genteng.

Namun, apabila Anda ingin menggunakan material lain untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada gazebo, Anda dapat menggunakan beton, kaca, atau batu. Material tersebut dapat menambah nuansa asri pada gazebo Anda. Tambahkan beberapa tanaman disekelilingnya agar menonjolkan kesan alami.

b. Lokasi

Tentu saja lokasi yang tepat untuk mendirikan gazebo adalah di taman rumah Anda. Lokasi yang ideal dalam membuat gazebo unik adalah di taman belakang rumah, karena dapat memberikan privasi lebih bagi anggota keluarga Anda. Namun bila hal tersebut tidak memungkinkan, Anda bisa mendirikannya di teras depan rumah, asal lahan yang Anda miliki masih memiliki sisa untuk ditanami tanaman peneduh.

Pastikan juga jarak rumah dengan gazebo tidak terlalu dekat. Minimal jarak yang paling ideal adalah 2 meter. Tujuan dari pengaturan jarak ini adalah agar pada saat hujan, rembesan air dari atap bangunan utama tidak mengenai gazebo. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan ketersediaan lahan di rumah.

c. Lahan yang Digunakan

Berbicara mengenai luas lahan yang akan digunakan untuk membuat gazebo unik. Terlebih dahulu Anda harus menghitung lahan yang akan digunakan. Pada umumnya gazebo mempunyai luas 1/5 dari total area halaman. Namun, apabila lahan yang digunakan lebih luas atau sempit Anda dapat membangun ukuran yang lebih besar atau kecil. Inilah yang membuat gazebo tidak mengurangi estetika rumah Anda.

Besar atau kecilnya lahan pada rumah Anda akan menentukan tata letak dan tampilan dari gazebo. Anda dapat meletakkannya di tengah halaman atau posisi terluar di taman. Alangkah baiknya Anda tidak menempatkan gazebo di bawah pohon. Ini dikarenakan akan merusak tampilan bangunan secara keseluruhan.

Selain itu, pohon besar juga dapat berpotensi tumbang saat musim hujan tiba. Pohon besar juga dapat menjadi tempat bersarang berbagai serangga, misalnya semut, ulat bulu, dan kumbang. Tentunya hal ini akan mengganggu kenyamanan Anda dalam bersantai.

gazebo indah, gazebo glugu indah, gazebo soka indah, model gazebo taman, harga gazebo
gazebo dengan elemen keras sebagai jalan yang indah – diminimalis.com

d. Pelengkap atau Furniture Tambahan

Anda bisa membuat taman kecil disekitar gazebo dan juga jalanan hias dalam bentuk batu yang akan membuat lebih unik dan juga menawan. Buat jalan menuju gazebo yang berkelak-kelok agar sudut tanaman dan halaman semakin menarik.

Kolam ikan berukuran kecil di dekat gazebo juga menarik. Ini akan memberikan kesan sejuk dan tenang saat Anda bersantai di gazebo. Suara gemerik air dan sejuknya udara pepohonan akan menghilangkan penat pada pikiran Anda.

Namun jika tidak ingin terkena hujan atau panas, Anda dapat membuat kanopi sepanjang jalan menuju gazebo. Furniture pelengkap ini akan membuat gazebo terlihat lebih modern dan bisa menyesuaikan dengan tampilan rumah Anda.

e. Desain Gazebo

Gazebo juga mempunyai desain yang berbeda-beda. Alangkah baiknya sebelum Anda membuat gazebo, Anda dapat menentukan gaya dan model yang akan digunakan sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat memilih desain yang membuat gazebo unik berikut ini:

Gazebo Rotundas

Gasebo ini mempunyai desain yang berfokus pada atap yang berbentuk lingkaran dan biasanya berbentuk kubah. Model lainnya dari gazebo ini yaitu transparan atau tertutup penuh. Gazebo ini sangat kental dengan nuansa romantis dari benua Eropa. Anda dapat menambahkan lampu taman di sekitar luar lingkaran leher atap sebagai penerangan.

Gazebo Paviliun

Desain ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai taman dengan berbagai jenis. Ukuran gazebo paviliun ini juga lebih besar dari gazebo lainnya, tidak heran apabila Anda akan menemui gazebo ini di taman-taman umum. Namun, apabila Anda ingin membuatnya dengan lahan terbatas, Anda dapat membuatnya dengan versi mini.

Gazebo Otentik

Gazebo otentik merupakan gazebo yang memiliki atap berbahan kain seperti terpal dan serat alami. Gazebo ini memiliki serat yang alami sehingga dapat memberikan nuansa natural pada rumah. Gazebo ini sangat cocok untuk diterapkan pada iklim tropis.

Gazebo Modern

Gazebo modern memberikan sentuhan elegan yang berbeda dari gazebo biasanya. Gazebo ini juga mempunyai lantai berwarna putih yang akan memberikan kesan luas. Model dengan penataan lantai yang bertumpuk akan menambah kesan modern pada gazebo ini.

f. Memberikan Pencahayaan

Langkah selanjutnya untuk membuat gazebo unik adalah memberikan kesan pencahayaan. Atur pencahayaan yang dapat digunakan pada malam hari. Selain itu, Anda juga bisa meletakkannya pencahayaan lainnya di sekitar gazebo, misalnya lilin.

Angkah baiknya untuk pemasangan instalasi lampu dan listrik pada gazebo, Anda memasang saklar on-off yang terletak di dalam rumah. Ini dikarenakan untuk menjaga agar tetap aman, apabila keadaan di luar rumah sedang tidak bersahabat.

g. Memberikan Hiasan Pelengkap

Tips terakhir dalam membuat gazebo unik yaitu memberikan hiasan pelengkap. Anda dapat menambahkan beberapa bunga yang diletakkan menggantung di sudut-sudut gazebo. Jika tidak, Anda dapat meletakkan tanaman hias di samping-samping gazebo. Pilihlah bunga yang tetap cantik meskipun di saat musim kemarau atau hujan.

Anda juga bisa menambahkan beberapa aksesoris pelengkap agar tampilan lebih menawan, seperti menambah pernak-pernik di dalamnya. Menambahkan berbagai perabot seperti kursi dan meja dengan warna yang senada juga akan membuat gazebo Anda lebih terlihat nyaman dan hangat.

Demikian ulasan kami tentang cara membuat gazebo unik dan menarik pada rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang manfaat gazebo berupa gazebo indah di taman rumah minimalis Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by AL210221.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *