Lampu-lampu di rumah Anda bisa lho tampil cantik jika diberi tambahan bingkai. Apalagi untuk membuat bingkai lampu sendiri terbilang cukup mudah sehingga bisa jadi peluang yang cukup besar untuk menghasilkan karya terbaik.

Untuk membuat bingkai lampu sendiri, Anda bisa memanfaatkan beragam bahan bekas pakai yang bisa ditemukan dengan mudah di rumah Anda.

Barang-barang seperti kaleng, kertas karton, serpihan-serpihan kayu juga bisa menjadi salah satu material membuat kap lampu yang bagus.

Untuk mendapatkan inspirasi terbaik, video tutorial di Youtube sekarang ini sudah banyak bersliweran dan siap mengajari Anda. PR nya sekarang bukan lagi apa idenya, tapi lebih ke Anda mau atau tidak membuatnya.

Sebab jika bicara ide maka sangat tidak terbatas dan Anda justru bisa kewalahan jika sibuk mencari ide saja tanpa punya keinginan mengeksekusinya.

Di kesempatan kali ini, dimimnimalis akan coba membahas mengenai beberapa ide membuat bingkai lampu sendiri dengan bahan yang mudah ditemukan. Apa saja bahan tersebut dan bagaimana cara membuatnya? Yuk simak aja ulasan selengkapnya di bawah ini ya.

Membuat Kap Lampu dari Bahan Sederhana, Worth it atau tidak?

Banyak yang bilang bahwa berkreasi membuat lampu interior unik begini hanya buang-buang waktu saja. Membuat bingkai lampu sendiri memang ide yang menarik tapi tidak sedikit yang menganggap sebagai pemborosan karena biayanya besar lantaran harus beli ini itu.

Hal itu benar tapi tidak sepenuhnya memang, karena barang-barang yang dipakai bisa hanya dengan mengoleksi dari yang sudah ada di rumah. Paling hanya beberapa item saja yng memang perlu beli secara khusus dan perlu anggaran budget.

Pengeluaran itu sebenarnya tidak jadi masalah bsar jika melihat fungsinya yang cukup besar yakni untuk menambah keindahan interior rumah. Lampu yang tadinya terlihat biasa saja saat menyala, setelah ditambah bingkai unik dan cantik jadi terlihat berbeda.

Membuat Bingkai Lampu Sendiri, Membuat Bingkai Lampu Sendiri dari barang bekas, cara membuat kap lampu dari botol
bingkai lampu dari kaleng bekas – diminimalis.com

Ide Membuat Bingkai Lampu Sendiri dengan Bahan Sederhana

Seiring berjalannya waktu lampu di rumah ternyata bisa dimodifikasi sedemikian rupa bahkan bisa ditambah dengan bingkai menarik lho. Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan memberikan sumbangsih ide membuat bingkai lampu sendiri dari 3 bahan dasar sederhana:

1. Bingkai lampu dari kaleng bekas

Anda dapat memanfaatkan kaleng bekas seperti kaleng susu atau makanan ringan untuk membuat lampu hias sendiri lho. Bahan yang diperlukan antara lain; kaleng bekas bentuk silinder, rangkaian lampu LED, cat semprot dan bor.

Cara membuatnya: pertama-tama cuci dan keringkan kaleng bekas yang telah disiapkan. Lalu, lubangi bagian luar kaleng tadi menggunakan bor. Semprot kaleng dengan cat warna pilihan kemudian jemur sampai kering. Setelah kering, letakkan rangkaian lampu LED ke dalam kaleng lalu tutup. Hasilnya, posisi kabel colokan tetap berada di luar dan jika dihubungkan dengan listrik ON maka akan menyala dengan cantiknya.

Membuat Bingkai Lampu Sendiri, Membuat Bingkai Lampu Sendiri dari barang bekas, cara membuat kap lampu dari botol
bingkai lampu dari botol bekas – diminimalis.com

2. Bingkai lampu dari botol bekas

Selain kaleng bekas, botol yang sudah tidak terpakai dapat juga dimanfaatkan untuk membuat bingkai lampu sendiri dengan bentuk unik seperti buah nanas.

Bahan yang perlu Anda siapkan yakni botol bekas berukuran 1500 ml, cat berwarna kuning, kertas karton berwarna hijau, sendok plastik, lampu kecil serta plastik dan lem.

Untuk membuatnya, pertama-tama potong botol menjadi ½ atau ¾ bagian. Tambahkan cat kuning pada ujung atas (kepala) sendok, keringkan dan potong tangkainya.

Rekatkan kepala sendok dengan susunan rapi membentuk pola buah nanas pada botol sampai tertutup.

Gambar motif daun nanas menggunakan kertas karton dan tempel di bagian atas. Terakhir, Anda tinggal memasang lampu pada bagian dalamnya, dan lampu hias siap dipertunjukan.

3. Bingkai lampu dari kertas bolu kukus

Kertas bolu kukus juga dapat dibuat untuk membingkai lampu lho. Siapkan kertas bolu kukus berwarna, alat pencukil, rangkaian lampu LED, gunting, paku dan palu.

Buat penyangga dindingnya, lalu kreasikan kertas bolu kukus tersebut menjadi bentuk hiasan yang unik seperti bunga. Lubangi bagian tengah dengan ukuran mini pada kertas bolu tersebut. Atur bingkai lampu yang sudah jadi pada penyangga dinding.

Bagaimana, mudah bukan membuat bingkai lampu? Anda tinggal memanfaatkan barang-barang sekitar yang sudah tidak terpakai. Buatlah bingkai lampu sesuai dengan kreativitas dan imajinasi Anda agar makin sempurna.

Tidak ada pengeluaran yang cukup besar selain Anda harus membeli perlengkapan tambahan dan harganya juga relatif murah. Apalagi jika mengingat alat dan bahan tadi bisa dipakai hingga beberapa kali, Anda bisa membuatnya lagi lain kali.

Sebagai tambahan, jika Anda adalah seorang yang pandai melihat peluang dan hasil desain kap lampu buatan Anda bagus, Anda bisa menjualnya dan jadilah bakat Anda menghasilkan uang.

Mungkin demikian saja penjelasan dan uraian ringakas kami tentang ide membuat bingkai lampu sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel kali selanjutnya. (ls) editted by RN22102021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *