Untuk Anda yang memiliki sofa dengan material covernya dari kain, tips yang akan kami sajikan di bawah ini mungkin akan berguna. Kita tahu bahwa untuk membersihkan sofa kain perlakukannya sedikit berbeda dengan sofa jenis lainnya.

Misalnya dibandingkan dengan sofa dari material kulit yang tinggal dilap sudah kinclong lagi jika kena noda, sofa kain perlu pengerjaan lebih ekstra. Noda yang sering kali membandel membuat sofa kain biasanya perlu disikat dengan sedikit tambahan air.

Untuk lebih jelas soal perbedaan tersebut, mari kita bahas beberapa tips membersihkan sofa kain kali ini. Namun sebelum itu, tentu kita perlu mengetahui urgensinya kenapa perlu mengagendakan untuk membersihkan sofa kain secara rutin.

Alasan Kenapa Sofa Perlu Dibersihkan, Terutama Bahan Kain

Untuk membersihkan sofa, sebaiknya dilakukan secara rutin dan berkala karena jika tidak kotorannya akan membandel dan jadi susah dibersihkan. Saking pentingnya, perawatan ini tentu perlu dimasukkan dalam checklist aktivitas Anda di akhir pekan/bulanan Anda.

Meski memiliki penampilan yang indah dan nyaman diduduki, kain pelapis sofa mudah sekali kotor. Terlebih lagi ketika diduduki oleh banyak anak kecil yang biasanya tidak bisa menjaga kebersihan.

Selain agar ruangan selalu terjaga keindahannya, rutinitas membersihkan sofa juga perlu dilakukan agar sofa itu sendiri awet dan tahan lama. Apalagi sofa kain yang secara kualitas lebih mudah kotor dan pembersihannya perlu usaha lebih. Sekarang, mari kita bahas apa saja tips mudah membersihkan sofa kain agar Anda setidaknya punya gambaran nantinya.

membersihkan sofa kain , cara membersihkan sofa kain , cara mebersihkan sofa bed
Sofa berbahan kain perlu dibersihkan secara rutin, untuk menjaga kesehatan dan keindahannya – diminimalis.com

Tips Mudah Membersihkan Sofa Kain Sendiri

Berbeda dengan sofa yang terbuat dari kulit dan karet, sofa kain perlu kehati-hatian saat membersihkannya supaya kualitasnya tetap terjaga. Lain lagi jika sofa Anda ada sarungnya, tentu akan lebih mudah membersihkannya karena cukup mengambil sarung tersebut dan mencucinya.

Apabila sofa Anda tidak dilengkapi dengan kain sarung, Anda bisa melakukannya dengan cara lain. Gunakan beberapa bahan pembersih seperti deterjen cair untuk membersihkannya.  

Seperti menggunakan cairan pembersih yang banyak dijual di toko-toko perlengkapan rumah tangga atau di minimarket terdekat. Untuk efektivitas pembersihan yang lebih baik, Anda juga bisa menggunakan deterjen cair yang dicampur dengan air hangat. Campuran ini akan menghasilkan busa yang lebih banyak sehingga akan lebih efektif saat membersihkannya.

Apabila Anda ingin membersihkan kotoran yang baru saja menempel pada sofa, Anda bisa menggunakan tisu basah. Tentu ini berlaku untuk kotoran yang mudah dibersihkan dan tidak langsung terserap ke dalam serat kain.

Untuk lebih jelasnya, kita akan bahas tips membersihkan sofa kain yang mungkin berguna untuk di keseharian.

1. Bersihkan Terlebih Dahulu Kotoran dan Debu

Langkah pertama saat hendak membersihkan sofa kain ialah menghilangkan terlebih dulu kotoran dan debu yang menempel. Bila banyak aktivitas yang biasa dilakukan di sofa maka semakin banyak kotoran dan debu yang menempel.

Untuk membersihkan permukaan sofa dari debu dan kotoran ini Anda bisa menggunakan lap kering atau kemucing.

2. Bersihkan Noda Bercak yang Membandel

Aktivitas yang dilakukan di atas sofa memang cukup banyak. Ada kalanya duduk di atas sofa sambil memegang makanan atau coklat. Nah kotoran basah seperti ini akan menimbulkan noda yang membandel jika tidak segera dibersihkan.

Pembersihan ini perlu sedikit kerja keras yakni dicuci menggunakan deterjen pada bagian yang terkena noda membandel tersebut.

3. Bersihkan Seluruh Permukaan Sofa

Untuk hasil yang maksimal dalam proses pembersihan sofa, maka jangan ada satupun permukaan/bagian yang terlewatkan untuk dibersihkan. Bersihkan semua kotoran yang terdapat pada permukaan sofa.

Utamakan pada sisi yang ada kotoran sisa makanan. Sebab jika tidak dibersihkan akan mengundang hewan-hewan kecil untuk bertempat tinggal di celah sofa. Hal ini tentu saja dapat merusak sofa secara fisik.

4. Lakukan Pengeringan

Setelah dilakukan berbagai pembersihan baik menggunakan deterjen atau pembersih yang lain, maka langkah terakhir ialah proses pengeringan agar siap dipakai kembali. Proses pengeringan ini juga sangat diperlukan agar sofa terbebas dari bau yang tidak sedap. Jika tidak segera dikeringkan maka sofa akan dipenuhi bau yang tidak sedap.

5. Lakukan Perawatan Secara Berkala

membersihkan sofa kain , cara membersihkan sofa kain , cara mebersihkan sofa bed
Sofa kain yang dirawat secara berkala, akan nampak indah meski sudah lama – diminimalis.com

Dari beberapa poin di atas, perawatan berkala merupakan hal yang penting untuk menjaga kebersihan sofa agar bisa tahan lama. Membersihkan sofa bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan memperhatikan dan mengikuti beberapa langkah di atas.

Sofa yang bersih akan memberikan kenyamanan bagi siapapun yang duduk di atasnya. Selain itu, kebersihan sofa juga memberikan kesan indah untuk interior rumah khususnya ruang tamu. Melalui ulasan singkat ini, semoga Anda tidak bingung lagi bagaimana cara membersihkan sofa kain. Salam diminimalis. (ls) editted by RN27062021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *