Rasanya sudah tidak perlu cari-cari alasan lain kenapa seluruh bagian rumah harus dibersihkan secara berkala selain tujuan kesehatan. Bukan hanya ketika baru selesai hajatan atau acara keluarga saja, rutinitas membersihkan rumah dan seluruh isinya dilakukan. Akan tetapi kudu dijadikan kebiasaan yang positif. Semakin sering sebuah rumah dibersihkan, dampak positif yang terasa juga pasti akan terasa berbeda.

Sekarang tinggal berpikir bagaimana strategi yang tepat untuk membersihkan rumah yang begitu luas dengan cara yang paling efektif dan efisien. Tentu salah satu caranya adalah dengan mengandalkan bantuan alat atau media pembersih yang praktis. Misalnya saja kita fokus pada pembersihan perabot dan hal lain yang berkaitan dengan kebersihan barang-barang rumah tangga.

Maka, kami contohkan media yang digunakan adalah baking soda, yang mana ini adalah salah satu jenis bahan kimia yang biasa digunakan untuk keperluan dapur dan rumah tangga. Cara menggunakan baking soda untuk membersihkan interior rumah bisa diterapkan pada pembersihan permukaan perabot.

Selain untuk membersihkan perabot, baking soda juga bisa untuk membantu mengefektifkan pembersihan hal-hal lain. Seperti, membersihkan pakaian kotor, mengatasi lubang wastafel yang macet, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebelum kita bahas soal manfaat lain dari baking soda, kita tentu perlu bahas dulu kegunaan lainnya untuk membersihkan interior rumah khususnya perabotan.

Fungsi Baking Soda untuk Kebersihan Rumah

Aktivitas membersihkan rumah sudah semestinya menjadi hal yang menyenangkan dan bukan sesuatu yang berat. Apalagi jika didukung dengan peralatan atau media yang tepat untuk mengefektifkan kinerjanya.

Furniture rumah yang jarang atau bahkan tidak pernah dibersihkan bisa dipastikan tidak akan nyaman dipakai beraktivitas. Resikonya adalah kuman pembawa bibit penyakit yang menempel pada furniture dan berpotensi mengancam kesehatan keluarga.

Disinilah pentingnya peran baking soda untuk memudahkan pembersihan interior rumah minimalis Anda agar terwujud rumah yang bersih dan sehat. Penggunaan baking soda untuk membersihkan rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dibawah ini akan kita bahas fungsi baking soda dan manfaatnya untuk membantu membersihkan rumah tercinta Anda.

Membersihkan rumah
Membersihkan rumah dengan baking soda – diminimalis.com

Tips Membersihkan Rumah dengan Baking Soda

Ada banyak cara membersihkan rumah dengan lebih efektif dan efisien. Apalagi di zaman yang serba instan seperti sekarang ini, sudah banyak produsen cairan pembersih yang menawarkan produk unggulannya. Sayangnya, saat menggunakan cairan pembersih buatan pabrik, Anda menjadi beresiko tinggi terpapar bahan kimia berbahaya.

Jika Anda ingin membersihkan rumah dengan cepat namun juga tidak mau terkena efek buruk dari zat kimia dalam cairan pembersih, baking soda bisa menjadi solusinya. Ya, baking soda umumnya digunakan sebagai bahan tambahan pembuatan roti/kue, ternyata juga bisa Anda gunakan sebagai media pembersih rumah dan perabot rumah tangga.

Nah, jelaslah bahwa baking soda ini adalah satu dari sekian banyak media berupa obat yang bisa dipakai untuk membersihkan rumah khususnya pada bagian furniture. Adapun cara penggunaannya juga cukup sederhana karena hanya perlu mencampurkannya dengan air lalu dipakai sebagaimana deterjen. Gunakanlah lap untuk membantu membersihkan permukaannya.

Manfaat Lain Baking Soda untuk Rumah Tangga

Baking soda selain berfungsi sebagai pembersih, juga dikenal multifungsi. Untuk itulah, bahan yang satu ini tidak bisa diremehkan begitu saja. Pasalnya, ada banyak manfaat lain yang bisa disasar dari hanya menggunakan baking soda ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini manfaat lain dari baking soda yang bisa memudahkan aktivitas Anda dalam membersihkan rumah dan urusan rumah tangga lainnya.

Baking Soda untuk melembutkan pakaian

Manfaat baking soda yang jarang disadari diantaranya adalah bahwa bahan ini bisa ditambahkan pada mesin cuci saat Anda mencuci pakaian. Penambahan baking soda ini akan menjadikan pakaian hasil cucian lebih fresh dan dan lembut sekaligus memicu warna pakaian menjadi lebih terang. Bagian dalam mesin cuci yang sering terkena baking soda juga akan lebih bersih dan kinclong dalam jangka lama.

Membersihkan rumah
wajan gosong bisa bersih – diminimalis.com

Baking Soda untuk membersihkan perkakas dapur

Manfaat selanjutnya dari baking soda ini ialah bisa dipakai utuk menghilangkan bau pada peralatan dapur. Perabot dapur yang biasanya terbuat dari tembaga atau enamel adalah bahan yang paling efektif untuk dibersihkan dengan baking soda ini.

Selain itu, bercak gosong pada peralatan masak akibat terkena panas berlebih bisa Anda hilangkan dengan mudah menggunakan baking soda. Jadi, inti manfaat baking soda ini untuk perkakas dapur adalah bau akan hilang dan bila bagian bawah perkakas gosong akan hilang dengan lebih mudah.

Baking Soda untuk mengatasi wastafel mampet

Terakhir, manfaat lain dari baking soda adalah untuk mengatasi saluran air tempat cuci piring (wastafel) yang terkadang tersumbat oleh bekas makanan. Adapun cara membersihkan wastafel yang tersumbat, Anda hanya tinggal menaburkan campuran baking soda dengan air panas ke dalam lubang saluran yang tersumbat tersebut. Selain mengatasi sumbatan, baking soda akan membuat bau tak sedap yang keluar dari saluran menghilang.

Oiya, tempat sampah yang biasanya merupakan biang bau tak sedap dalam rumah juga bisa dibersihkan menggunakan baking soda. Tempat sampah dan bagian bawahnya yang kotor cukup Anda perciki menggunakan baking soda yang sudah dicampur air sebelumnya. Efeknya, tempat sampah akan bersih dan jauh dari yang namanya bau tidak sedap.

Mungkin itu saja dulu ya ulasan dari kami tentang tips mudah membersihkan rumah dan peralatan dapur dengan baking soda. Anda bsia beli baking soda di toko bahan kimia atau toko kue lalu praktekkanlah sendiri tips bersih-bersih rumah tadi. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat (am). Editted by RN01022021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *