Dampak banjir biasanya tidak saja merusak jalan-jalan lingkungan, namun juga kadang berdampak pada hunian/rumah. Jika rumah sudah kena dampak, bisa jadi Anda akan direpotkan. Sebab Anda harus mengagendakan aktivitas membersihkan rumah pasca banjir yang tadinya baik-baik saja tiba-tiba berantakan.

Isi rumah bisa jadi akan kacau tak karuan dan perlu pembersihan ekstra. Untuk membersihkan rumah pasca banjir baik besar maupun kecil tentu butuh waktu dan tenaga lebih, selain tentu saja mungkin perlu anggaran penggantian untuk benda-benda yang rusak.

Banjir dan Hal-hal yang Paling Sering jadi Penyebab

Banjir tidak hanya terjadi pada rumah di daerah bantaran sungai saja. Bisa jadi rumah-rumah yang di pinggir jalan besar bahkan perkotaan pun bisa saja terkena dampaknya yang memang tidak didesain sebagai rumah tahan banjir. Jadi, spesifikasi daerah rawan banjir sebetulnya cukup general sehingga perlu disikapi dengan penuh kewaspadaan.

Meski Anda mungkin sudah maksimal menerapkan pola hidup disipin dalam menjaga ligkungan, bisa jadi orang lain tidak. Jadi begitulah implikasi banjir terhadap kehidupan sehari-hari.

Sebagaimana yang dijelaskan di ilmugeografi.com, banjir merupakan suatu kondisi di mana terjadi luapan air yang berlebih yang mengakibatkan terendamnya suatu wilayah. Banjir adalah air dalam volume besar yang menggenangi sebuah daerah, Banjir pun bisa diartikan sebagai aliran air yang tidak dapat lagi tertampung oleh sungai, laut, danau, dan saluran lainnya.

Biasanya air banjir berasal dari sungai atau hujan lebat yang terus menerus. Saat bencana ini terjadi, banyak orang kehilangan harta benda mereka. Bahkan sampai menimbulkan korban jiwa. Karena itu, kita harus tahu tentang penyebab banjir agar bisa mengambil langkah tepat untuk mencegahnya.

Intinya, banjir sendiri merupakan akumulasi dari beberapa faktor, baik perilaku individu manusia di suatu lingkungan, maupun faktor cuaca yang ekstrim. Maka dari itu, meski sudah sangat berusaha mencegahnya, tidak menutup kemungkinan banjir akan tetap terjadi.

Jadi, sebelum kita bahas kiat terbaik membersihkan rumah pasca banjir, mari kita bahas dulu beberapa hal yang sering jadi penyebab banjir.

Sampah yang dibuang ke aliran sungai

Sampah yang sembarangan dibuang di sungai membuat aliran air menjadi terhambat. Akibatnya, air sungai akan meluap dan berakibat air naik ke permukaan tanah, terjadilah banjir. Ini juga jadi salah satu hal pertama yang harus dilakukan saat banjir, mengecek selokan/sungai.

Pemukiman di bantaran kali

Pemukiman di bantaran sungai membuat dasarnya terjadi pendangkalan. Ditambah lagi kebiasaan buruk buang sampah langsung ke sungai oleh para warga yang tinggal di bantaran sungai itu bisa jadi tak terhindarkan.

Sungai dan keadaan tanah yang ada di kiri kanan bangunan lama kelamaan bisa saja ambles lalu menutup sisi-sisi sungai sehingga kali akan menyempit dan berpotensi mengundang bencana banjir.

Curah hujan yang [memang] tinggi

Suatu daerah yang curah hujannya tinggi, jika terjadi berlarut-larut atau hujan lebat dalam kurun waktu lama, sangat berpotensi terjadinya banjir. Potensi banjir akan lebih tinggi jika curah hujan tinggi terjadi pada area pemukiman di dataran yang lebih rendah.

membersihkan rumah pasca banjir, membersihkan rumah setelah banjir, tips membersihkan rumah pasca banjir
Kiat penting membersihkan rumah pasca banjir – diminimalis.com

Tips Aman Nyaman Membersihkan Rumah Pasca Banjir

Langsung saja, disini kami akan mengulas beberapa tips yang bisa Anda praktekkan ketika akan membersihkan rumah pasca banjir, diantaranya.

1. Gunakan Sepatu Boot jika ada

Demi keamanan dan kenyamanan saat pembersihan, gunakanlah sepatu boot yang sesuai dengan ukuran kaki Anda. Saat pembersihan nantinya, Anda akan menjumpai berbagai macam kotoran dari mulai lumpur tebal hingga benda tajam.

Sepatu boot bisa menjadi pengaman untuk menghindarkan kaki Anda dari terluka oleh benda-benda tajam di bawah air. Selain itu, cocok juga untuk membantu membersihkan rumah dengan cepat tanpa harus banyak drama.

membersihkan rumah pasca banjir, membersihkan rumah setelah banjir, tips membersihkan rumah pasca banjir
kondisi rumah pasca banjir – diminimalis.com

2. Mulai Bersihkan Lumpur

Jika lumpur sudah mulai mengering, siram menggunakan air agar kembali basah dan terdorong keluar rumah. Siapkan selang air yang cukup panjang agar bisa menjangkau seluruh bagian rumah.

Jika lumpur sudah basah, doronglah keluar dari rumah menggunakan penggaruk lantai agar yang menempel di lantai bisa segera mudah dikeluarkan.

3. Bersihan Sambungan keramik

Setelah sebagian besar lumpur hilang dari lantai rumah, berikan perhatian khusus pada sambungan antar keramik karena biasanya masih banyak lumpur yang menempel di bagian tersebut. Bersihkan lagi dan lagi sampai benar benar kinclong.

4. Bersihkan lantai dengan sikat dan spons

Saat membersihkan rumah pasca banjir, Anda perlu menyiapkan peralatan penunjang. Saat membersihkan lantai, gunakan sikat atau spons dan gosoklah bagian tersebut menggunakan tangan. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan karet terlebih dahulu.

5. Lakukan Pengepelan Lantai

Jika lantai dirasa sudah cukup bersih, pel lantai menggunakan karbol atau cairan pembersih lantai yang mengandung antiseptik kuat dan desinfektan agar kuman bisa mati. Cara membersihkan rumah pasca banjir khusus pada lantai perlu dilakukan berkali-kali agar lantai rumah Anda kembali seperti semula dan aman untuk dihuni.

6. Bersihkan peralatan penting keseharian

Jika misalnya ada peralatan makan yang terkena lumpur, bersihkan dengan sabun cuci yang juga mengandung antiseptic dan desinfektan. Setelah itu, rebus peralatan makan dengan air. Ini berlaku untuk peralatan penting harian lainnya ya.

7. Bersihkan Peralatan Masak

Cuci semua permukaan tempat untuk memasak, plastik, gelas, panci, pisau, wajan, dan semua perlengkapan makan lainnya dengan menggunakan air panas serta deterjen. Jangan lupa gunakan pula disinfektan saat membersihkan keperluan memasak. Buang semua alat memasak yang terbuat dari kayu apabila telah terkena kontak dengan air banjir.

8. Hindari Makan Makanan yang Terkontaminasi Air Banjir

Terakhir, sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan apa pun, termasuk makanan kaleng yang terkena kontak dengan air banjir. Selain jorok juga sudah tida menyehatkan untuk dikonsumsi.

Oke mungkin itu saja ulasan dari kami tentang kiat membersihkan rumah pasca banjir jika terjadi di rumah Anda. Semoga imu yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk Anda, salam diminimalis (ls.) editted by RN02062021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *