Tips Mudah Membersihkan Noda Keramik di Rumah

Lantai dari material keramik bisa berpotensi kotor membandel jika tidak dibersihkan segera dan rutin. Apalagi jika abai dalam kondisi tertentu alias dibiarkan begitu saja. Misalnya, setelah selesai bersih-bersih rumah atau mengecat dinding maka biasanya sisa cat akan menempel dengan lekat jika tidak langsung dibersihkan.

Untuk membersihkan noda keramik, cara termudahnya adalah Anda harus disiplin dalam membersihkan langsung setiap noda yang menempel. Memang, ada kalanya Anda capek mengecat hingga abai atau menunda untuk membersihkannya. Alhasil, pembersihan jadi semakin sulit dilakukan bahkan ada beberapa kasus yang kotorannya tidak bisa terangkat sama sekali.

Pada postingan kali ini, diminimalis akan coba mengajak Anda untuk berdiskusi soal bagaimana kiat terbaik membersihkan noda keramik yang membandel. Diantara sub pembahasannya ialah tentang bahan kimia apa saja yang bisa dipakai untuk menunjang efektivitas pembersihan. Oke langsung saja mari kita bahas.

Pentingnya Lantai Keramik Rumah Anda Bersih

Kebersihan pasti erat kaitannya dengan kenyamanan, jadi bisa disimpulkan di awal bahwa jika lantai keramik Anda bersih maka Anda sekeluarga akan nyaman. Kriteria nyaman sendiri bisa dijabarkan dalam banyak hal, seperti enak dilihat, bersih, dan estetis.

Dengan membersihkan noda keramik secara rutin, baik di lantai maupun dinding, maka Anda akan terhindar dari kerepotan. Ya, Anda tidak akan repot untuk mengerok noda membandel yang lama tidak dibersihkan.

Meski keramik bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih menawan, namun kadang ada saja berbagai noda yang membuat permukaannya nampak kusam. Disinilah tugas penting Anda untuk menjaga agar keramik tetap dalam tampilan terbaiknya. Oke yuk sekarang kita bahas tips membersihkan noda keramik baik yang biasa ataupun yang sudah membandel.

Membersihkan Noda Keramik, Membersihkan Noda Keramik membandel, cara Membersihkan Noda Keramik kusam
lantai keramik perlu dibersihkan setiap hari agar terhindar dari noda membandel – diminimalis.com

Tips Membersihkan Noda Keramik Secara Efektif

Kebiasaan membersihkan noda keramik harus dimulai dari hal kecil, yaitu berhati-hati ketika melakukan aktivitas yang berpotensi menyisakan noda. Seperti mengecat, bermain warna/pastel, memeriksa mesin kendaraan, dan atau hal lainnya yang bisa membuat lantai keramik jadi kotor.

Nah, agar mendapatkan tampilan keramik yang bersih dan elegan, Anda bisa pedomani hal-hal berikut ini:

Membersihkan Noda Keramik, Membersihkan Noda Keramik membandel, cara Membersihkan Noda Keramik kusam
agar lantai keramik selalu terawat, bersihkan secara rutin supaya noda tidak membandel – diminimals.com

• Bersihkan secara rutin lantai atau dinding dari keramik

Lantai ataupun dinding keramik di rumah Anda harus rajin dibersihkan secara rutin. Setidaknya 2 minggu sekali. Hal ini bertujuan untuk menghindari butiran pasir atau debu yang menempel dan bisa menyebabkan goresan di permukaannya.

• Hindari penggunaan pembersih lantai yang mengandung kandungan asam tinggi

Mungkin ini sudah jadi rahasia umum bahwa untuk membersihkan noda keramik tidak akan bisa tanpa bahan kimia. Ini memang benar, namun masalahnya jika tidak jeli dalam memilih bahan kimia yang dipakai, bisa-bisa malah menjadi sumber masalah lain.

Dalam memilih bahan kimia untuk membantu membersihkan noda keramik sebaiknya tidak asal. Pilihlah yang tidak terlalu tinggi kandungan asamnya. Periksa apakah komposisi asam sulfat atau HCL -nya tinggi pada bahan kimia yang dipakai, jika iya sebaiknya hindari dan pilih yang lain saja.

Sebab, pemakaian cairan bahan kimia berasam tinggi bisa menyebabkan lapisan glazur keramik menjadi rusak, dan membuat permukaannya cepat kusam. Jadi, Anda perlu hati-hati saat membeli cairan pembersih keramik yang banyak dijual di pasaran ya.

• Kurangi juga penggunaan cairan pembersih keramik yang mengandung pewangi.

Kenapa ini jadi salah satu pantangan juga? Karena cairan pembersih berpewangi akan menyebabkan lantai atau dinding jadi terasa lengket setelah dibersihkan. Selain itu, keramik juga akan mudah kotor hingga bisa menimbulkan bercak-bercak pada permukaannya. Jadi kalau mau pakai, lebih baik atur batas pemakaiannya agar tidak berlebihan.

• Untuk keramik jenis linoleum wax, bersihkan secara khusus

Untuk lantai keramik dengan jenis linoleum wax, cara membersihkannya adalah dengan menggunakan campuran sabun cair dan air hangat (tanpa cuka).

Untuk menghilangkan wax pada lantai, campurkan soda pencuci dan air hingga berbentuk seperti krim. Gunakan campuran tersebut untuk menutupi lantai ataupun dinding, lalu biarkan hingga kering.

Selanjutnya, gosoklah dengan sikat atau spons yang kasar. Saat menggosoknya, jangan lupa gunakan sarung tangan untuk menghindari iritasi kulit. Terakhir, bilas menggunakan cuka yang dilarutkan ke dalam air.

• Gunakan sendok dempul untuk untuk bersihkan noda permen

Apabila ada noda permen pada keramik, maka cara efektif membersihkannya adalah dengan menggunakan sendok dempul. Gosokkan seperti biasa sampai noda permen karet tersebut hilang. Bila cara tersebut belum berhasil, Anda bisa meneteskan alkohol ke atas noda permen karet tersebut, kemudian bilas dengan kain spon basah.

Baca juga: Membuat Lantai Keramik Mengkilap Ternyata Semudah Ini, Coba Sih!

Tips Khusus Membersihkan Noda Keramik Kamar Mandi

Untuk keramik lantai kamar mandi, cara membersihkannya cukup dengan disikat saja. Akan tetapi saat menyikatnya jangan menggunakan bulu sikat yang terlalu kasar dan keras, karena justru bisa menggores lapisan keramik.

Namun tentu saja ada kasus lain. Kerak pada lantai keramik kamar mandi yang biasanya terbentuk dari sisa sabun, lumut, atau jamur yang mengeras bisa jadi masalah baru. Untuk itu, menggunakan zat asam cuka dengan pH yang cukup rendah menjadi salah satu solusi jitu.

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah keluarkan seluruh barang yang ada di dalamnya agar setiap sudut yang sulit sekalipun dapat dibersihkan dengan mudah.

Buatlah larutan asam cuka dengan cara mencampurkan asam cuka dengan air. Perbandingan antara asam cuka dan air adalah 1:1. Tambahkan pula sedikit sabun dan deterjen pada larutan tersebut, lalu aduk dengan merata seluruh bahan tersebut.

Setelah larutan siap, siram seluruh permukaan lantai dengan larutan tersebut, lalu diamkan selama kurang lebih lima menit. Setelah itu gosok semua bagian lantai hingga bersih. Apabila kerak membandel tidak hilang juga maka gunakanlah zat asam cuka murni tanpa campuran air.

Anda hanya perlu mencampurkan cairan pemutih pakaian dengan soda, perbandingannya 3 bagian pemutih 1 bagian soda. Campurkan kedua bahan tersebut hingga membentuk pasta. Dengan menggunkan sikat gigi yang sudah tidak terpakai Anda bisa menggosok bagian nat yang hendak Anda bersihkan.

Jika keseluruhan permukaan nat sudah Anda gosok maka diamkanlah sebentar sekitar 10 hingga 15 menit. Setelah itu baru Anda bersihkan menggunakan lap basah ataupun spon yang sudah Anda basahi. Taraa..Anda akan melihat kembali putihnya keramik.

Oke mungkin itu saja ulasan dari kami tentang cara membersihkan noda keramik secara efektif, baik di ruangan maupun kamar mandi. Semoga bermanfaat ya. (ls.) editted by RN14042021

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.