by

Membersihkan Kolam Renang Pribadi Lebih Easy Dengan Tips Berikut

Membersihkan kolam renang secara rutin wajib dilakukan jika Anda menginginkan kolam renang yang indah dan sehat.

Tanda dari kolam yang wajib dibersihkan adalah ketika permukaan tepi kolam renang terasa licin dan airnya berwarna kehijauan.

membersihkan kolam renang
membersihkan daun di kolam – diminimalis.com

Tepian kolam yang licin dan air yang berwarna kehijauan disebabkan oleh pertumbuhan ganggang yang tak terkontrol. Kehadiran ganggang pada kolam renang, selain bisa merusak keindahan kolam juga bisa menjadikan terganggunya kesehatan penggunanya.

Sangat menjengkelkan, bukan? Bukannya kesegaran dan kesehatan yang Anda dapatkan setelah berenang, namun ancaman akan terkena penyakit justru malah menghantui.

Oleh karena itu, pahamilah baik-baik penyebab munculnya spora yang mengakibatkan munculnya ganggang pada kolam Anda. Salah satu solusinya adalah dengan rutin membersihkan kolam renang Anda.

Ganggang memiliki jenis yang sangat banyak. Jenis ganggang yang paling sering kita jumpai di kolam adalah jenis ganggang hijau. Kolam renang yang umumnya terletak di luar ruangan (outdoor) biasanya sering terkena sinar matahari, angin. Sampah daun dari tanaman di sekitar kolam yang terbawa angin dan jatuh di  kolam juga jadi masalah.

Kondisi yang demikian mengakibatkan tumbuh suburnya spora yang akan memunculkan ganggang pada kolam Anda.

Selain faktor alam di atas, masih ada faktor lain penyebab munculnya spora. Faktor tersebut adalah dari sisa-sisa bahan kimia pembuat kolam renang yang mengendap di dasar kolam dan dari baju renang yang sudah terkontaminasi spora.

Sekarang kita ketahui bahwa munculnya ganggang bisa dari banyak faktor dan alamlah yang paling banyak menyumbang munculnya ganggang ini. Dengan alasan itulah,  perawatan rutin membersihkan kolam renang pun menjadi keharusan untuk dilakukan.

Ganggang akan mudah berkembang biak pada air yang memiliki kadar bromine, klorin dan tingkat ph yang rendah. Oleh karena itu, periksalah ke tiga bahan kimia tersebut secara berkala.

Cara membersihkan kolam renang pribadi dari ganggang hijau

Selanjutnya, Anda dapat melakukan pembersihan kolam minimal dalam sebulan satu kali. Usahakan juga Anda memeriksa tingkat keasaman air kolam dalam dua minggu sekali dan mengganti air dalam seminggu satu kali.

Cara membersihkan kolam renang hijau bisa Anda lakukan dengan menggunakan bahan kimia ataupun secara manual. Jika Anda belum paham silahkan baca artikel diminimalis tentang tips perawatan rutin kolam renang.

Selanjutnya untuk membunuh spora yang menyebabkan tumbuhnya ganggang Anda dapat menggunakan algasida pada permukaan kolam. Secara umum saat ini ada dua jenis algasida yang dijual di pasaran, yaitu metalic dan amonia kuaterner.

Jika Anda menginginkan dalam penggunaan algasida tidak meninggalkan noda Anda bisa menggunakan jenis amonia kuaterner.

membersihkan kolam renang
mengisi air kolam – diminimalis.com

Setelah kondisi kolam bersih Anda bisa mengisinya dengan air, kemudian cek kadar klorin dalam air.

Luasnya kolam ikut menentukan seberapa baik kadar klorin, tetapi secara umum kadar klorin yang disarankan untuk menghindari tumbuhnya ganggang adalah 1,0 ppm sampai 3,0 ppm.

Kandungan zat di dalam air selain klorin yang perlu Anda perhatikan Adalah tingkat ph dan bromine. Keseimbangan tingkat ph di dalam air sangat menentukan maksimal tidaknya kerja antara bromine dan klorin. Oleh karena itu, Anda harus memastikan tingkat ph dalam air berkisar 7,2 sampai 7,6.

Cara perawatan kolam renang yang lebih mudah

Sekiranya Anda tidak ingin terlalu disibukkan dengan pekerjaan membersihkan kolam ini, Anda bisa mendesain kolam renang Anda tidak dekat dengan sumber sinar matahari, karena ganggang akan tumbuh dengan baik di suhu air yang cukup hangat dan banyak terpapar sinar matahari. Daun-daun yang jatuh di atas kolam sebaiknya juga Anda bersihkan setiap hari untuk menghindari kotornya air kolam.

Menggunakan jasa perawatan kolam bisa juga menjadi alternatif Anda untuk meringankan saat membersihkan kolam renang. Anda hanya cukup menyediakan dana setiap bulannya untuk membayar jasa tersebut.

Selain itu para petugas pembersih memiliki banyak pengalaman membersihkan kolam renang hijau ataupun membersihkan kolam renang yang memiliki tingkat kotor berlebih sehingga lebih menghemat waktu.

Salah satu hal juga yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu bersihkan secara rutin filter air yang biasanya menjadi tempat mengendapnya kotoran-kotoran yang bisa menyebabkan munculnya ganggang.

Dengan membersihkan kolam renang secara rutin kami yakin rutinitas Anda di kolam renang tetap fun dan sehat (am.) -editted by RN31052019


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.