Tips Mudah Memasang Wallpaper Sendiri di Rumah

Tidak perlu bingung jika Anda tak punya banyak budget untuk menghias sekeliling dinding rumah. Sebab, Anda bisa memasang wallpaper sendiri. Tinggal Anda beli saja wallaper yang bagus dan lengkapi seluruh peralatan yang dibutuhkan. Percayalah, memasang wallpaper sendiri akan mudah jika sudah tahu triknya.

Pada artikel kali ini, kami akan coba mengajak Anda untuk sama-sama belajar bagaimana cara memasang wallpaper sendiri di rumah. Tentu saja nanti kita ulas dulu berbagai perlengkapan yang harus dipenuhi, kemudian setelah itu baru bicara teknis pemasangannya. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Peralatan yang Dibutuhkan untuk Memasang Wallpaper

Rumah minimalis memang kadang terkesan monoton jika tidak ditambahkan ornamen khusus. Biasanya, warna-warna dinding yang digunakan hanyalah warna kalem yang membuat suasana interior terlihat biasa.

Tidak heran jika banyak yang akhirnya melakukan pemasangan wallpaper rumah minimalis mereka. Tujuanny untuk membuat ruangan lebih hidup dan penuh warna. Tidak sedikit juga yang ingin lebih menghemat anggaran, kemudian memasang wallpaper sendiri.

Meski begitu, banyak yang mengatakan bahwa memasang wallpaper sendiri merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Sebetulnya, tidak terlalu sulit jika mengetahui caranya secara detil. Kami akan memberikan beberapa tips memasang wallpaper sendiri di rumah minimalis Anda, yang harapannya bisa Anda jadikan panduan. Namun, sebelum pemasangan dilakukan, ada beberapa material yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu.

cara memasang wallpaper sendiri cara memasang wallpaper sticker, video cara memasang wallpaper dinding,, cara memasang wallpaper dinding ruang tamu, lem fox untuk wallpaper, cara pasang wallpaper non woven, cara memasang wallpaper dinding per meter,
Sebenanrnya tidak sulit emmasang wallpaper sendiri untuk dinding rumah minimalis Anda – Diminimalis.com

1. Wallpaper yang sesuai

Ada berbagai macam bahan wallpaper yang bisa dipilih sesuai dengan jenisnya, diantaranya seperti paper, foil, vinyl, hingga textile. Dalam memilih wallpaper, sesuaikan bahan dan jenisnya dengan ruangan yang ingin Anda pasang.

Sesuaikan pula motif yang tepat dengan tipe rumah minimalis Anda. Motif seperti ranting dan bunga cukup populer digunakan untuk tipe rumah minimalis. Pilih wallpaper bermotif monokromatik atau lembut dengan aksen metalik, sehingga terkesan simpel dan tetap elegan.

2. Lem khusus wallpaper

Lem berfungsi untuk merekatkan wallpaper pada dinding. Hindari memilih lem untuk memasang wallpaper dinding secara sembarangan sebab nanti pengaruhnya pada keawetan rekatan.

Biasanya, lem wallpaper berbentuk bubuk yang nantinya dilarutkan dalam air hangat sebelum digunakan. Meski demikian, beberapa lem khusus wallpaper dinding bisa digunakan dengan metode lain.

3. Cutter

Pemotongan wallpaper disarankan tidak menggunakan gunting, melainkan menggunakan cutter agar lebih rapi. Selain itu, cutter juga bisa digunakan untuk merapikan ujung wallpaper yang sudah terpasang.

4. Meteran

Berfungsi untuk mengukur panjang dan lebar wallpaper agar sesuai dengan ukuran dinding rumah minimalis Anda. Tujuannya dengan bantuan meteran, hasilnya akan lebih presisi.

5. Penggaris

Penggaris digunakan bersama cutter untuk membuat potongan menjadi lebih rapi. Sebab, selain untuk menggaris, penggaris juga bisa membantu untuk meluruskan saat wallpaper dipotong menggunakan cutter.

6. Kape dan kain lap

Kape/putty knife berperan penting dalam pemasangan wallpaper dinding. Kape digunakan untuk meratakan wallpaper yang telah terpasang agar lem lebih merekat sempurna dan tidak ada bagian yang menggelembung.

Kape terbuat dari bahan plastik atau polimer dengan ujung yang sedikit tumpul, sehingga tidak akan merusak wallpaper. Sementara, lap digunakan bersamaan dengan kape guna merapikan gelembung udara yang terperangkap di balik permukaan wallpaper.

7. Roller dan kuas

Roller digunakan untuk menyapukan lem pada permukaan dinding dan wallpaper. Sedangkan, kuas untuk menyempurnakan perekatan bagian pinggir wallpaper. Sebab, biasanya pemasangan wallpaper memerlukan ekstra lem pada bagian pinggir atau sambungannya.

8. Bak cat

Bak cat digunakan untuk membuat adonan lem. Sebetulnya pembuatan adonan lem bisa menggunakan ember atau wadah lainnya. Namun, dengan menggunakan bak cat, pengadukan lem menjadi lebih sempurna. Selain itu, penggunaan bak cat juga bertujuan untuk mengantisipasi agar lem tidak mudah mengering.

9. Tangga

Untuk kemudahan pemasangan saat hendah meraih bagian atas dinding, Anda membutuhkan tangga agar lebih mudah.

10. Air hangat dan dingin

Air digunakan untuk campuran adonan lem. Bubuk lem dimasukkan sedikit demi sedikit pada air hangat, kemudian diaduk. Pengadukan harus dilakukan secara cepat. Jika lem terlalu kental, tambahkan air dingin. Namun, yang perlu diingat adalah berbeda jenis lem, beda pula treatment-nya.

Cara Memasang Wallpaper Sendiri pada Dinding Rumah Minimalis

Setelah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan, tibalah saatnya pemasangan wallpaper. Bagaimanakah langkah-langkah atau cara memasang wallpaper sticker? Berikut penjelasan lengkapnya!

Tips Mudah Memasang Wallpaper Sendiri di Rumah 1
Desain wallpaper yang sesuai dengan tema interior – diminimalis.com

1. Ukur panjang dan lebar dinding, berikut wallpaper yang akan dipasangkan.

Sesuaikan wallpaper dengan dinding ruangan yang akan Anda pasangkan wallpaper. Potonglah sesuai keinginan Anda. Jangan lupa perhitungkan pola yang akan terbentuk jika wallpaper yang Anda gunakan memiliki motif. Untuk wallpaper bermotif Anda harus menyamakan terlebih dahulu motifnya. Misalnya, dengan cara memberikan tanda pada masing-masing wallpaper untuk memudahkan pemasangan.

Ukuran standar wallpaper biasanya 0,53 m x 10 m. Ukuran 1 roll wallpaper bisa digunakan untuk dinding ukuran 1,5 m x 3,2 m. Untuk menghitung kebutuhan wallpaper bisa juga dilakukan dengan cara:
Luas dinding = (2 x (panjang dinding + lebar dinding)) x tinggi ruang

= (2 x (3 m +3 m)) x 3 m
= (2 x 6 m) x 3 m
= 12 m x 3 m
= 36 m2

Luas wallpaper satu gulung = panjang wallpaper x lebar wallpaper

= 0,53 m x 10 m
= 5,3 m2

Kebutuhan bahan = Luas bidang dinding / luas bidang satu gulung wallpaper

= 36 m2 / 5,3 m2
= 6,79 gulung. Bulankan saja menjadi 7 rol atau 7 gulung wallpaper.

cara melepas wallpaper dinding, cara melepas wallpaper lama, cara membuka wallpaper dinding, cara merawat wallpaper dinding, cara mengganti wallpaper dinding
bersihkan dinding sebelum memasang wallpaper – diminimalis.com

2. Bersihkan permukaan dinding dari debu-debu yang menempel menggunakan kain lap. Ratakan bagian yang kurang rata menggunakan kape.

3. Lapisi dinding dengan bubur lem yang telah dibuat.

Lapisi juga satu per satu lembaran wallpaper yang telah dipotong dengan bubur lem menggunakan roller. Setelah merata, langsung pasangkan wallpaper dimulai dari ujung atas dinding yang berbatasan langsung dengan plafon.

4. Setelah terpasang, ratakan wallpaper dengan kape, agar lem merata dan merekat dengan sempurna.

Biasanya dalam pemasangan wallpaper terdapat beberapa bagian menggelembung, sehingga pada bagian tersebut kurang melekat dengan dinding. Gunakanlah lap dan kape untuk merapikannya.

5. Setelah wallpaper terpasang, rapikanlah hingga ke bagian pinggir atau sambungan wallpaper.

Jangan lewatkan pula pada bagian wallpaper yang berbatasan langsung dengan plafon, bagian bawah, dan lekukan dinding dengan bantuan penggaris dan cutter.

Baca: Cara Melepas Wallpaper tanpa Ribet Ternyata Begini Caranya

Sebetulnya cukup mudah kan memasang wallpaper sendiri? Tinggal beli bahan dan alat yang dibutuhkan lalu pelajari tekniknya secara pelan kemudian eksekusi dengan riang gembira. Pasti hasilnya akan jauh lebih sempurna. Dengan mengikuti cara tersebut, Anda tak membutuhkan jasa professional lagi sehingga lebih hemat budget. (us) editted by RN 11072020


Comment