Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga Rumah Minimalis Anda

Rumah tingkat seringkali menyisakan beberapa space yang tidak terpikirkan namun sebenarnya bisa dimanfaatkan. Salah satu titik space itu adalah area bawah tangga yang membentuk sebuah ruang. Siapapun termasuk Anda bisa memanfaatkan ruang bawah tangga untuk keperluan penambahan dekorasi.

desain ruang kerja di rumah, desain ruang kerja di rumah minimalis, interior desain ruang kerja di rumah, desain ruang kerja pribadi
ruang kerja pribadi yang memanfaatkan ruang di bawah tangga – diminimalis.com

Ide memanfaatkan ruang bawah tangga sendiri merupakan solusi cerdas terutama bagi pemilik rumah minimalis. Area tangga seringkali memakan banyak ruang. Oleh karena itu, disarankan pada Anda agar bisa mendesain ruang di bawahnya secara maksimal. Supaya area tersebut menjadi lebih bermanfaat dan tentu saja

Berbagai Ide Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga agar Ruangan Rumah Lebih Sempurna

Kita tahu, bahwa ruang bawah tangga umumnya digunakan sebagai sebuah gudang, yang terkesan gelap dan pengap. Padahal sebenarnya ada banyak ide untuk memanfaatkan ruang bawah tangga supaya bisa didapat hasil yang maksimal.

Nah, ide pemanfaatan space bawah tangga berikut ini akan membantu Anda dalam menentukan apa yang akan Anda lakukan.

1. Taman indah di bawah tangga

Ide membuat taman di bawah tangga bisa jadi alternatif terbaik untuk membuat ruangan dalam rumah semakin bermanfaat. Ini bisa jadi ide yang erbilang anti-mainstream.

Sebab, tidak banyak orang yang memanfaatkan ruang bawah tangga sebagai taman. Padahal rata-rata area tangga rumah memiliki pencahayaan yang baik karena umumnya didesain dengan banyak bukaan.

Dengan memanfaatkan kondisi ini, maka membuat taman di bawah tangga bisa menjadi ide yang cocok untuk diterapkan di area bawah tangga rumah minimalis Anda. Selain membuat area tangga menjadi lebih sejuk, taman ini juga dapat mengurangi tingkat kejenuhan anggota keluarga Anda tiap melewati tangga tersebut.

2. Menambahkan Ruang Kerja atau Ruang Belajar

Area miring pada bawah tangga, membuat kita tidak leluasa untuk beraktifitas disana. Akan tetapi, ruang tersebut sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai ruang belajar atau ruang kerja. Kondisi yang tidak terlalu luas, membuat ruangan ini dapat memberikan privasi yang lebih untuk Anda. Disana Anda dapat memaksimalkan pikiran dan konsentrasi untuk belajar atau bekerja.

Desain ruang bawah tangga untuk kerja atau belajar bisa disesuaikan dengan keinginan, terutama untuk ukuran. Jadi, meskipun space -nya sempit, Anda masih bisa leluasa beraktivitas di ruangan tersebut. Anda hanya perlu memasukkan furniture yang sekiranya penting-penting saja agar tidak membuat ruangan semakin sempit.

Memanfaatkan ruang bawah tangga, Desain Ruang Bawah Tangga, Desain Ruang di Bawah Tangga, pemanfaatan ruang bawah tangga
memanfaatkan ruang bawah tangga untuk kamar mandi – diminimalis.com

3. Kamar Mandi

Seperti halnya taman, membuat kamar mandi di bawah tangga dalam rumah bisa jadi ide yang tidak biasa, terlebih jika didesain minimalis mewah. Meski begitu, Anda mesti harus merencanakan semuanya dengan matang agar tidak asal jadi saja.

Memanfaatkan ruang bawah tangga untuk kamar mandi sebetulnya sudah sangat umum diterapkan di banyak rumah bertingkat. Bila Anda juga ingin memanfaatkannya untuk dibuat kamar mandi, sebaiknya Anda merancangnya sejak awal sebelum tangga tersebut dibuat. Hal ini penting supaya kamar mandi Anda memiliki atap yang ideal.

4. Ide Desain Dapur

Selain ruangan yang formal dan dekorasi lainnya, ruang bawah tangga juga bisa diisi dengan dapur minimalis. Anda bisa membuat area tangga lebih hidup dengan banyak ide tambahan ruang.

Dengan kata lain, area bawah tangga juga bagus untuk dimanfaatkan sebagi dapur ataupun hanya sekedar pantry. Umumnya area bawah tangga digunakan untuk area kitchen sink dan rak penyimpanan. Untuk area memasak biasanya dipisahkan, sehingga hanya perlu tambahan sedikit ruangan tambahan untuk memasak. Ini membuat area dapur menjadi lebih efisien

5. Lemari Penyimpanan

Anda juga bisa menambahkan lemari penyimpanan sekedar sebagai ide tambahan memanfaatkan ruang bawah tangga jika idak ingin mendesain sebuah ruang. Lemari penyimpanan tersebut bisa Anda tempatkan persis di bawah tangga bahkan dengan menempel dinding.

Adapun model desain lemari penyimpanan di bawah tangga sangat bermacam-macam. Misal Anda bisa membuat ruang penyimpanan mainan, barang rumah tangga, atau peralatan hobi anggota keluarga Anda. Dengan membuat lemari penyimpanan di bawah area tangga, maka barang-barang di rumah akan lebih mudah dicari saat dibutuhkan.

Jadi, desain seperti apa yang akan Anda usung untuk mengisi space di bawah tangga rumah Anda? Semoga rencana Anda terwujud dengan baik ya.

Baiklah  mungkin itu dulu ulasan dari kami tentang cara memanfaatkan ruang bawah tangga untuk tampilan rumah yang lebih berguna. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN24022020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.