Memaksimalkan Produktivitas Kerja saat Berpuasa ala Diminimalis

Pada saat berpuasa, tentunya kita ingin tetap memaksimalkan produktivitas kerja meski tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan setengah hari lamanya. Pekerjaan yang melibatkan fisik maupun pikiran, masing-masing membutuhkan kalori yang harus kita perhitungkan. Dan pada bulan Ramadhan ini, jangan sampai produktifitas tersebut menjadi berkurang karena tidak siapnya kita menkondisikan tubuh agar selalu fit di siang hari.

memaksimalkan produktifitas kerja , Tips Agar Tetap Fit Saat Menjalankan Puasa, Tips Agar Tetap Fit Saat Menjalankan Puasa ramadhan, tips puasa sehat
Meski sedang puasa, produktivitas haruslah tetap terjaga – diminimalis.com

Memaksimalkan Produktivitas Kerja saat Berpuasa

Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas untuk Anda beberapa tips bagi Anda, agar tetap fit saat menjalankan ibadah puasa di siang hari. Ada beragam cara yang bisa kita upayakan untuk mengkondisikan tubuh agar selalu bugar saat menjalankan ibadah puasa. Simak beberapa ulasan yang sudah kami rangkum di bawah ini:

1. Maksimalkan Santap Sahur Anda

Meski tidak lapar dan mata sangat ngantuk, namun usahakan jangan sampai meninggalkan sahur, karena peran sahur saat berpuasa sangatlah penting. Disitulah moment Anda untuk bisa memaksimalkan hari kerja dengan mengkonsumsi menu-menu terbaik untuk persiapan puasa. Konsumsilah makanan sehat yang memenuhi serat karbohidart dan protein. Jangan lupa lengkapi dengan buah, sayur serta air putih yang cukup juga bantu menjaga stamina Anda selama puasa.

2. Hindari Mengonsumsi Makanan Berminyak dan Berkalori Tinggi.

Makanan berminyan dan berkalori tinggi akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang hari. Selain itu, jenis makanan seperti itu memiliki dampak negatif terhadap kesehatan seseorang, terutama kegemukan.

3. Jangan Tergesa-gesa dan Berlebihan saat Berbuka

Langsung memakan banyak makanan setelah perut kosong dapat membuat perut terasa sesak akibat lambung akan mengecil. Sebaiknya Anda makan secara bertahap, mulai dari minuman manis, makanan kecil, kemudian baru makanan besar.

4. Konsumsi Buah Kurma

Buah kurma memiliki banyak manfaat, di antaranya sebagai sumber energi, mencegah insomnia, juga dapat meningkatkan daya ingat dan kerja otak. Sehingga cocok segali bagi Anda yang sibuk bekerja untuk mengonsumsi buah kurma setiap harinya. Selain itu buah kurma juga dapat mengembalikan stamina tubuh dengan cepat, sehingga Anda bisa merasa fit meski seharian bekerja.

Kurma tidak hanya dimakan langsung untuk mendapatkan manfaatnya namun juga dengan merendamnya untuk mendapatkan air nabeez. Air tersebut merupakan air rendaman dari kurma atau kismis selama semalaman (8-12 jam) dengan menggunakan wadah tertutup yang telah diisi air matang dan diminum keesokan harinya. Air ini dapat bertahan hingga 1-2 hari jika disimpan di almari es. Manfaatnya yaitu dapat membantu untuk membuang zat berbahaya dalam tubuh, membantu untuk memulihkan sistem pencernaan, serta membuang kelebihan asam pada perut.

minum air putih perlu dilakukan untuk menghindari dehidrasi – diminimalis.com

5. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih delapan gelas perhari atau setara dua liter tetap menjadi standar dasar yang haru kita cukupi setiap hari meski saat puasa. Maka pada malam hari, manfaatkan waktu tersebut sebaik-baiknya untuk banyak-banyak mengkonsumsi air putih. Untuk dapat meminum 8 gelas air putih sehari saat bulan puasa, Anda dapat membaginya menjadi dua waktu, empat gelas saat sahur dan empat gelas lagi saat berbuka.

6. Tidur Yang Cukup

Selain memperhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting. Mengantuk selama puasa bukanlah disebabkan karena tak makan dan minum seharian, melainkan karena tak memiliki waktu tidur yang cukup. Jika harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka pada malam harinya Anda tidak boleh begadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

Demikian ulasan kami tentang tips memaksimalkan produktifitas kerja saat berpuasa ala diminimalis. Semoga dengan tips ini Anda tetap bisa memaksimalkan produkstivitas kerja di siang hari, semoga bermanfaat.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.