Bagaimana Cara Memaksimalkan Pencahayaan Alami pada Kamar Tidur?

Setiap ruangan dalam rumah memiliki  syarat untuk nosa dikatakan sehat dan nyaman untuk ditempati. Salah satu yang penting untuk diperhatikan adalah sistem pencahayaannya. Yaitu tentang bagaimana memaksimalkan pencahayaan alami agar masuk ke dalam rumah.

Meski tidak akan secara keseluruhan kita bahas, namun perlu untuk diidnetifikasi mana ruangan yang urgent. Salah satunya yaitu kamar tidur yang hampir setiap malam Anda tempati. Bagaimana memaksimalkan pencahayaan alami pada kamar tidur? Salah satunya adalah dengan memaksimalkan bukaan jendela. Bagaimana kiatnya? Simak selengkapnya di artikel ini.

Kiat Memaksimalkan Pencahayaan Alami Kamar Tidur

Salah satu upaya untuk membuat kamar tidur sehat adalah dengan memaksimalkan pencahayaan alami yang berasal dari sinar matahari. Pencahayaan dari sinar matahari bukan hanya dapat dimanfaatkan sebagai sumber penerangan di siang hari.

Namun, cahaya matahari juga bermanfaat untuk pertukaran sirkulasi udara yang baik di kamar. Pemanfaatan cahaya alami dengan baik akan berpengaruh pula pada kenyamanan Anda di kamar. Anda akan merasa nyaman berada di kamar dengan sirkulasi udara yang baik untuk kesehatan.

Oleh karenanya, guna membuat cahaya alami dari sinar matahari masuk ke dalam ruangan kamar tidur solusinya adalah memaksimalkan peran jendela. Disini, jendela kamar tidur memiliki peran sentral dalam memberikan asupan cahaya ke dalam. Jadi, mengusahakan jendela lebar pada kamar agar berfungsi dengan baik adalah keharusan. Selain itu, jika belum terlanjur Anda bisa merencanakan beebrapa ide penempatan sepertti berikut:

Memaksimalkan Pencahayaan Alami dalam rumah, Memaksimalkan Pencahayaan Alami dalam kamar, cara Memaksimalkan Pencahayaan Alami dalam rumah
cahaya alami di kamar yang menyehatkan – diminimalis.com

Ide Memaksimalkan Pencahayaan Alami untuk Kamar Tidur Berbagai Opsi

Untuk mendapatkan pencahayaan alami yang baik, Anda perlu menyesuaikan beberapa poin penataan sebagai berikut:

Memaksimalkan Pencahayaan Alami dalam rumah, Memaksimalkan Pencahayaan Alami dalam kamar, cara Memaksimalkan Pencahayaan Alami dalam rumah
ruangan kamar dengan posisi yang ideal untuk menghadirkan cahaya alami – diminimalis.com

Menentukan posisi ruang kamar

Hal yang pelu di perhatikan untuk memaksimalkan pencahayaan alami di kamar adalah dengan menentukan posisi dan letak kamar tidur. Anda sebaiknya memposisikan kamar tidur ke arah selatan ataupun utara agar sinar matahari tidak langsung masuk ke dalam kamar. Kamar pun akan mendapatkan intensistas cahaya yang stabil sehingga baik untuk sirkulasi udara.

Sebagian orang berpikir bahwa menghadapkan kamar ke arah timur adalah cara memaksimalkan pencahayaan alami untuk kamar tidur yang paling baik. Namun, kenyataannya sinar cahaya yang masuk secara berlebih akan membuat Anda merasa tidak nyaman karna kepananasan. Jadi, jika belum terlanjur, pemasangan kamar tidu sebaiknya diubah ar jendela tidak berada di sisi timur ruangan.

Menghadirkan cermin di kamar

Tahukah Anda bahwa dengan menata cermin di kamar tidak hanya dapat membuat kesan ruangan kamar semakin luas tapi juga dapat sekaligus memantulkan cahaya. Sifat cermin yang mengkilap akan membantu memaksimalkan pencahayaan di ruang kamar Anda.

Adapun beberapa jenis benda yang dapat memaksimalkan pencahayaan alami untuk kamar tidur adalah kristal, kaca, logam dan benda lainnya. Anda bisa memilih cermin sebagai opsi terbaik. Pilih yang berukuran berapapun karena akan tetap berguna untuk memaksimalkan pencahayaan ruang.

Membuat ventilasi udara

Cara memaksimalkan pencahayaan alami untuk kamar tidur adalah dengan membuat ventilasi udara. Tentu saja Anda harus memilih ukuran ventilasi udara yang sesuai dengan ukuran kamar. Posisi ventilasi udara yang berada tepat di atas pintu ataupun jendela cukup baik untuk kamar. Sebab, akan menghadirkan angin yang masuk ke dalamnya.

Perbanyak ventilasi udara di kamar tidur Anda agar sekaligus meminimalisir penggunaan pendingin ruangan karena hanya akan menambah pengeluaran.

Menyingkirkan Aksesoris Kurang Penting

Hal lain yang tidak kalah penting adalah bagaimana seharusnya menempatkan ruangan dan aksesorisnya agar tidak menggangu keleluasaan dalam ruangan. Kurangi aksesoris yang terpasang jika memang tidak terlalu penting. Meminimalisasi aksesoris dalam ruangan bertujuan untuk mempermudah cahaya leluasa masuk ke dalam kamar.

Jadi pada intinya, pencahayaan alami yang masuk ke dalam ruangan dipengaruhi oleh bukaan jendela yang baik. Termasuk penempatan arah ranjang terhadap jendela. Jika bisa memaksimalkan hal tersebut maka ruangan akan bagus dari sisi pencahayaan.

Mungkin sekian dulu penjelasan dan uraian kami tentang cara memaksimalkan pencahayaan alami untuk kamar tidur minimalis Anda. Semoga bermanfaat. (ls) Editted by RN14032020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.