Kiat Efektif Memaksimalkan Oksigen di Dalam Ruangan

Pada beberapa kesempatan, ruangan dalam rumah seringkali pengap dan seakan kekurangan oksigen. Bukan karena tidak ada jendela sama sekali, hanya saja Anda perlu memaksimalkan oksigen di dalam ruangan dengan menambahkan elemen lain.

Untuk itu, sebagai pemilik rumah Anda harus tahu bagaimana cara memaksimalkan oksigen di dalam ruangan agar tetap berfungsi maksimal. Semakin bagus kondisi udara di dalam rumah maka kenyamanan dalam beraktivitas juga akan ikut ikut tertunjang.

Bicara soal bagaimana memaksimalkan oksigen di dalam ruangan, kiat-kiat sederhana bisa dilakukan dengan memastikan jumlah bukaannya cukup dan bekerja dengan baik. Mulai dari situlah baru kemudian merambah ke elemen lain seperti menambahkan hiasan berupa tanaman. Jika syarat klasiknya terpenuhi maka akan lebih mudah untuk mengembangkannya.

Pentingnya Membuat Ruangan dalam Rumah Cukup Oksigen

Untuk membangun sebuah rumah yang ideal tentunya perlu mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya adalah bagaimana pengaturaan sirkulasi udara agar mendukung aktivitas di dalam rumah.

Apa jadinya ketika ventilasinya tidak baik? Pasti rumah akan terasa panas, pengap, dan lembab sehingga ketika mau beraktivitas apapun jadi terasa sesak, bahkan kurang nyaman berlama-lama di dalam ruangan. Namun tak perlu khawatir, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mensiasati permasalahan tersebut. Silahkan simak tips dan cara memaksimalkan oksigen di dalam ruangan berikut ini. Harapannya dengan memperhatikan poin-poin di bawah, suplai oksigen di dalam rumah akan optimal.

 Memaksimalkan oksigen di dalam ruangan, tanaman interior, tanaman dalam ruangan, tanaman dalam interior, tanaman hias mini dalam ruangan, tanaman hias mini dalam kamar tidur
pohon palem bisa memaksimalkan oksigen di dalam ruangan – diminimalis.com

Tips Memaksimalkan Oksigen di Dalam Ruangan

Tidak ada cara lain untuk memaksimalkan sirkulasi udara dalam ruangan selain dengan membuat bukaan yang cukup. Nah, beberapa hal berikut ini, bisa Anda jadikan referensi tambahan guna memaksimalkan oksigen di dalam ruangan.

1. Buat model ventilasi silang

Ventilasi silang atau yang sering disebut sebagai crossed ventilation memiliki lebih dari satu bukaan di dalamnya. Posisinya saling berhadapan satu sama lain.

Fungsi ventilasi silang ini adalah untuk menjaga perputaran udara di dalam ruangan terus mengalir secara teratur tanpa henti. Ada beberapa bentuk ventilasi silang yang bisa dipilih mulai dari pintu, jendela hingga lubang udara. Dengan selalu memperbarui pertukaran udara, tentunya kadar oksigen akan menjadi lebih maksimal.

2. Tambahkan void

void rumah, void bangunan, pengertian void, void adalah
void di samping ruang tamu – diminimalis.com

Secara pengertian, void ialah lantai hampa vertikal yang menghubungkan ruang bawah dan lantai atas. Dengan memilih model void rumah terbaik maka udara panas akan bergerak dari lantai dasar ke atas dan keluar melalui lubang udara atau jendela.

Suplay oksigen di dalam ruangan akan lebih maksimal jika di area tengah void ditambahkan taman (inner court). Lengkap dengan tanaman hijau yang berperan sebagai penghasil oksigen. Selain sedap dipandang, udara di dalam rumah juga akan terasa sejuk karena kaya dengan suply oksigen.

3. Posisi bangunan

Disadari atau tidak, posisi bangunan akan berpengaruh terhadap pencahayaan rumah termasuk juga suplai udara. Posisi bangunan rumah yang tidak menempel dengan milik tetangga akan memudahkan untuk pembuatan jendela atau ventilasi di berbagai sisi.

Untuk itu, jika Anda membangun rumah dari nol, Anda bisa mengatur posisi bangunan agar jangan sampi terlalu rapat dengan tetangga. Sehingga, sirkulasi udara dari luar ke dalam rumah akan lebih optimal. Dengan kata lain, supai oksigen di dalam ruangan menjadi jauh lebih maksimal.

4. Gunakan jalusi

Untuk memaksimalkan oksigen di dalam ruangan, Anda bisa menempatkan jalusi pada dinding bagian atas di bawah plafon. Keberadaan jalusi tersebut bisa membantu meredam udara panas yang masuk ke dalam ruangan melalui plafon.

Agar jalusi berfungsi maksimal, perhatikan penempatannya. Atur agar posisinya tidak hanya sekedar ada namun juga mampu menunjang keindahan ruangan.

5. Tentukan tinggi ruangan

Tinggi suatu ruangan ternyata sangat berpengaruh terhadap suplai oksigen yang masuk ke dalam rumah. Oleh karenanya, maka sebaiknya atur tinggi bangunan agar tidak terlalu pendek.

Tinggi bangunan minimal yang disarankan agar suplai oksigennya bagus adalah 3 meter-an. Dengan tinggi sekian, pertukaran udara menjadi lebih optimal.

6. Usung konsep desain terbuka

Konsep desain rumah terbuka bisa menjadi solusi untuk mengoptimalkan oksigen ke dalam ruangan. Salah satu desain yang bisa Anda terapkan adalah konsep tradisional joglo yang digabungkan dengan arsitektur rumah panggung.

Desain rumah tersebut cukup bagus untuk memaksimalkan udara keluar masuk. Tentu rekomendasi ini berlaku untuk Anda yang belum terlanjur membangun rumah.

7. Manfaatkan tanaman hias

cara merawat tillandsia, cara perawatan tillandsia, manfaat tanaman tillandisa, bunga Tillandsia, cara merawat tanaman Tillandsia, harga tanaman Tillandsia
tillandsia dapat Anda tempatkan di dapur – diminimalis.com

Di sudut-sudut rumah, Anda bisa meletakkan tanaman dalam pot untuk membantu memproduksi oksigen di dalam ruangan. Pilih saja tanaman hias yang bagus dan mampu bertahan tanpa sinar matahari di dalam rumah.

Ada banyak pilihan jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai penyedia oksigen di dalam rumah. Mulai dari lidah mertua, suplir, bunga aster, palem kuning, bunga anthurium, sirih belanda, atau bisa juga sejenis tillandsia (tanaman yang bisa hidup tanpa media tanam).

Baca: Menata Interior Rumah Mungil Semudah Ini, Mau Coba?

8. Buatkan kolam air

Selain menambah estetika, kolam di tengah-tengah ruangan juga bisa menjadi penambah kesejukan. Apalagi jika di sekitar kolam diberi tanaman hijau untuk membantu penyerapan  panas di dalam ruangan. Otomatis, akan menambah suplai oksigen di dalam rumah.

Untuk bentuk dan ukuran kolam bisa disesuaikan dengan lahan yang Anda miliki. Tidak harus besar yang penting sudah cukup untuk membantu mengusahakan ruangan agar sejuk.

9. Buat taman di halaman rumah

Membuat sekitar rumah menjadi lebih hijau dengan berbagai tanaman bisa jadi sumber pasokan oksigen yang melimpah. Tidak perlu bingung penmpatannya, halaman depan atau belakang, bahkan dinding vertikal sekalipun bisa dimanfaatkan.

Tanaman yang ditanam juga tidak harus yang berukuran besar, Anda bisa memanfaatkan tanaman hias di pot. Dengan demikian, akan lebih banyak oksigen yang masuk ke dalam rumah ketika sirkulasi udara dibuka.

Dengan mengoptimalkan kadar oksigen di dalam ruangan tentunya rumah akan menjadi lebih sejuk dan segar. Berlama-lama di dalam rumah pun akan jadi lebih betah. Melakukan segala aktivitas di dalam rumah juga akan terasa nyaman dan menyenangkan. Jadi, gampang bukan memaksimalkan oksigen di dalam ruangan? Semoga berhasil ya! (ck) editted by RN05072020


Comment