Tips Memaksimalkan Fungsi Ruang Tamu Menjadi Area Multifungsi

Salah satu cara memaksimalkan ruang tamu adalah dengan mengaturnya agar minim furniture dan aksesoris namun tanpa menghilangkan fungsi utamanya. Dengan memaksimalkan fungsi ruang tamu secara optimal maka harapannya ialah mampu memberikan kenyamanan yang lebih baik.

Sebelum Anda menerapkan tips yang akan diulas di bawah ini, bersiaplah untuk mengotak-atik bahkan merombak sebagian besar tatanan ruang. Sehingga, seperti apapun hasilnya nanti, semuanya tergantung gaya desain yang Anda terapkan. Mari kita bedah sama-sama apa saja yang penting untuk diperhatikan saat hendak mendesain ruang tamu dan memaksimalkannya.

Merancang Ruang Tamu Multifungsi Tanpa Menghilangkan Fungsi Utamanya

Idealnya, ruang tamu memang difungsikan sebagai tempat khusus untuk menerima dan menjamu tamu. Meskipun demikian, tidak ada salahnya jika ruangan ini juga bisa difungsikan untuk kegiatan lainnya.

Memaksimalkan fungsi ruang tamu adalah ide tepat untuk memanfaatkan ruangan dengan cara yang unik. Dengan demikian, fungsi ruang tamu tidak hanya untuk menjamu tamu saja, melainkan juga untuk bersantai dan beristirahat.

Ruang tamu sudah seperti layaknya “wajah” dari sebuah rumah. Oleh sebab itu, jika Anda peduli dengan kenyamanan dan keindahan, ruang tamu perlu didesain agar good-looking serta mampu menjami kenyamanan.

Khusus bagi Anda yang tinggal di rumah minimalis, ide untuk memaksimalkan fungsi ruang tamu berikut ini sepertinya cocok untuk Anda. Termasuk juga bagi Anda yang ingin menata ruang tamu sempit agar nampak luas.

Menerima Tamu di Luar Ruangan ruang tamu eksterior, ruang tamu minimalis mewah, inspirasi ruang tamu minimalis, ruang tamu minimalis type 36ruang tamu minimalis 3x3, desain ruang tamu tanpa kursi, desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3, ruang tamu sederhana kecil
Berilah tanaman penyejuk agar ruang tamu eksterior Anda lebih asri – Diminimalis.com

5 Tips Mudah Memaksimalkan Fungsi Ruang Tamu

Berikut ini beberapa hal penting dan sebagiannya cukup dasar sebagai langkah memaksimalkan fumgsi ruang tamu. Mari kita bahas satu per satu apa saja tipsnya:

1. Jangan salah pilih furniture

Keberadaan furniture pada interior ruang tamu minimalis modern sangat dibutuhkan untuk menjadikan sebuah ruangan berfungsi dengan baik. Anda perlu menguasai bagaimana cara memilih furniture yang baik dan benar.

Hal ini dimaksudkan agar kebutuhan ruangan dapat terpenuhi tanpa terkesan berlebihan. Ada beberapa tips cara memilih furniture yang bisa dicoba. Jika Anda memiliki ruang tamu dengan luas terbatas dan ingin membuatnya terlihat lebih besar, memilih furniture multifungsi bisa menjadi solusi terbaik.

menata ruang tamu sederhana, cara menata ruang tamu 3x3, cara menata ruang tamu minimalis
Pilihlah furniture dengan warna yang sesuai interior Anda – Diminimalis.com

Selain itu, tips lainnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan memilih furniture ruang tamu mungil yang ringan dan ramping. Hal tersebut bisa membuat ruang tamu terlihat lebih luas. Contohnya adalah sofa yang memiliki bagian kaki yang rendah. Sementara untuk meja dan lemari, pilihlah perabotan tersebut yang berbahan kaca.

Hal ini dikarenakan furniture berbahan kaca dapat memberikan efek tembus pandang alias transparan. Sehingga, mampu memberikan kesan ruangan yang lebih besar.

2. Maksimalkan penataan

Untuk bisa memaksimalkan fungsi ruang tamu, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menata ulang ruangan tersebut. Fokus penataannya ialah pada tata letak furniturenya.

Hal ini karena pada faktanya, fungsi ruang tamu memang tidak hanya untuk menjamu dan menerima tamu saja, tapi bisa untuk kegiatan lainnya. Oleh sebab itu, penataannya juga harus sesuai dengan fungsi yang Anda rencanakan.

Hal paling penting dalam poin ini adalah dengan memilih furniture yang tepat. berikut ini beberapa daftar furniture yang perlu Anda perhitungkan baik-baik;

Kursi atau tempat duduk

Memaksimalkan Fungsi Ruang Tamu, Mendekorasi interior klasik dekorasi interior klasik interior klasik minimalis desain interior rumah klasik modern interior rumah klasik sederhana desain ruang tamu klasik mewah desain ruang tamu klasik minimalis
Kursi klasik dapat menambah kesan mewah pada rumah minimalis Anda – Diminimalis.com

Kenapa tempat duduk menjadi poin paling penting dalam memaksimalkan fungsi ruang tamu? Karena jenis furniture ini bisa dikatakan yang paling penting. Selain sebagai tempat untuk duduk, furniture tersebut juga dapat digunakan untuk melengkapi wajah dan tampilan ruangan.

Sectional sofa merupakan jenis tempat duduk terbaik untuk ruang tamu minimalis. Sementara jika ruang tamu Anda cukup luas, Anda bisa membagi ruangan tersebut menjadi dua bagian. Untuk furniture, Anda bisa bebas meletakkan berbagai macam tempat duduk, dari mulai satu set tempat duduk, ditambah dengan single chair, kursi goyang, atau bangku.

Meja

Fungsi meja di ruang tamu adalah untuk meletakkan minuman dan hidangan. Furniture jenis ini wajib ada di setiap ruang tamu, karena gunanya untuk menghormati para tamu.

Cara menata meja sebagai upaya untuk memaksimalkan fungsi ruang tamu adalah dengan meletakkannya dekat pada posisi tempat duduk. Hal ini bertujuan agar para tamu tidak merasa sungkan untuk menikmati minuman ataupun hidangan yang disajikan di atas meja ruang tamu tersebut.

3. Menghindari penggunaan pintu atau sekat

Pintu atau sekat hanya akan membuat ruangan menjadi terlihat lebih sempit. Hal ini karena keduanya akan memakan ruang lebih pada ruang tamu Anda. Oleh sebab itu, hindarilah menggunakan pintu atau sekat untuk memaksimalkan fungsi ruang tamu.

Terlebih jika interior ruang tamu Anda bergaya minimalis modern. Ide paling tepat untuk mendekorasinya adalah dengan membiarkan ruang tamu tersebut menyatu dengan ruangan lain, seperti ruang kerja, ruang makan dan dapur.

Sementara untuk membedakan antara ruang tamu dengan ruangan lainnya, Anda bisa berkreasi dengan tata letak furniture dan pencahayaan. Letakkan furniture semenarik mungkin. Hal ini bertujuan agar menciptakan suatu kesan yang berbeda dari ruangan satu dengan yang lainnya.

Misalnya, jika ruang tamu Anda berdekatan dengan ruang kerja, isilah space di belakang sofa dengan sebuah meja. Dalam hal ini, sofa dijadikan sebagai pembatas antara ruang tamu dengan ruang kerja.

4. Manfaatkan rak susun

Rak memiliki banyak manfaat, terutama rak susun. Furniture tersebut seringkali disepelekan, padahal jika digunakan dengan benar akan memberikan banyak manfaat.

Rak susun tidak hanya dapat menampung dan memajang beragam barang, tapi rak bisa juga digunakan sebagai salah satu daya tarik sebuah ruang tamu. Itulah mengapa menggunakan rak di ruang tamu merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan fungsi ruang tamu.

Rak susun dengan kustomisasi tempat duduk, meja dan bahkan laci pada bagian bawahnya merupakan ide brilian untuk memaksimalkan fungsi dari furniture tersebut. Selain dapat digunakan untuk meletakkan buku ataupun barang koleksi Anda, di spot tersebut Anda juga bisa membaca sambil duduk dekat rak, juga menyimpan benda-benda kecil di sana.

Fungsi utama ruang tamu memang merupakan area untuk menerima dan menjamu siapapun yang datang ke rumah. Namun demikian, tidak ada salahnya jika sekaligus membuatnya multifungsi sehingga bisa dipakai untuk aktivitas lain. Empat cara dan tips di atas sebenarnya sudah cukup untuk membantu memaksimalkan fungsi ruang tamu Anda.

Dengan tips tersebut, Anda bahkan bisa menggunakan ruang tamu untuk beragam keperluan. Tidak hanya untuk menjamu tamu saja, tapi misalnya juga untuk bercengkerama dengan orang-orang tercinta atau menjalankan hobi hiburan. (ka) editted by RN26072020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.