Inspirasi Desain Meja Bar Minimalis pada Dapur Kesayangan Anda

Di era modern seperti sekarang ini, dapur sudah tidak hanya berfungsi sebagai area khusus memasak saja. Namun juga untuk menghidangkan masakan sebelum disajikan di meja makan. Bahkan, tak jarang untuk area makan cemilan dan ngopi.

Pada desain interior rumah minimalis modern, objek pemandangan di dapur tidak hanya sekedar ada wajan, bumbu- bumbu, dan kompor lengkap dengan kitchen set-nya saja. Lebih dari itu, sudah lumrah ada meja dan kursi khusus dekat dapur yang model penataannya mirip seperti di bar.

Ini yang sering orang sebut sebagai meja bar, karena di rumah minimalis maka disebutnya meja bar minimalis. Daya tarik meja bar minimalis sendiri ialah pada tawaran keleluasaan dalam melakukan hal-hal lain selain memasak yang bisa dilakukan di area dapur. Adanya area ini tentu semakin mempertegas dukungan suasana memasak yang lebih santai.

Dalam beberapa kesempatan, furniture tambahan ini cukup bagus jika dipasang menyatu dengan kitchen set. Namun, ternyata tidak kalah bagus juga lho ketika dibuat terpisah agak jauh dari area kitchen set. Anda bisa mencobanya.

Pertimbangan Perlu Menambahkan Meja Bar Minimalis atau Tidak

Sejauh yang banyak dikenal, meja bar minimalis merupakan furniture tambahan berupa meja dan beberapa kursi untuk keperluan menikmati makanan dan minuman ringan. Termasuk juga untuk sekedar berbincang sembari minum kopi dan santap  buah-buahan.

Kegunaannya yang multifungsi membuat meja bar mampu memberikan kesan elegan pada interior dapur. Meja bar yang sering kali dibuat menyatu dengan kitchen set, akan dapat memudahkan Anda menghidangkan masakan dari dapur dengan cepat.

 meja ala bar, meja makan ala bar, meja dapur ala bar, mini bar cantik, minibar rumah minimalis, contoh mini bar rumah minimalis

mini bar nuansa coklat dengan kesan mewah – diminimalis.com bar

Untuk mendesain mini bar yang representatif pada dapur minimalis, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Diantaranya adalah berkaitan dengan ukuran space. Pastikan ukuran mini bar tersebut sesuai/seimbang dengan space area dapur. Jangan sampai area bar lebih luas dan furniturenya lebih besar ketimbang area memasaknya.

Bila dapur Anda cenderung kecil sementara meja dan kursi bar yang Anda beli berukuran besar, tentu akan membuat dapur jadi sempit.

Untuk tujuan estetika, Anda juga perlu memilih model meja bar yang tepat agar dapat menampilkan kesan yang indah dan mewah. Sebaiknya model meja dan kursinya disesuaikan dengan model furniture lain di rumah Anda.

Misalnya jika interior rumah Anda mengusung konsep klasik maka meja bar juga seharusnya menyesuaikan agar tidak terkesan jomplang.

Meja bar minimalis, mini bar cantik, minibar rumah minimalis, contoh mini bar rumah minimalis
mini bar yang belum di finishing, namun tetap menawan – diminimalis.com

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum Anda membuat mini bar cantik di rumah minimalis Anda adalah pengaturan tata ruang yang nyaman agar pergerakan di dapur jadi mudah. Jangan sampai salah satu fungsi dapur justru terabaikan hanya karena ada bar.

Keuntungan Ada Meja Bar Minimalis di Dekat Dapur Anda

Memiliki meja bar di dapur biasanya sudah jadi ekspektasi tersendiri bagi para pecinta konsep rumah minimalis modern. Anda pun bisa memiliki meja bar sekedar untuk menikmati kopi di pagi hari sembari bercengkrama dengan keluarga. Tinggal beli meja dan kursi minimalis berdekatan dengan dapur layaknya model bar.

Mini bar bisa menjadi tempat favorit bagi Anda untuk menikmati makanan ringan dengan the hangat di pagi hari setelah bangun tidur. Atau kalau perlu, saat ada tamu datang, Anda bisa mengajak tamu Anda bercengkrama dengan lebih santai di area bar dari pada berlama-lama di ruang tamu.

Keuntungan lainnya, mini bar lebih mudah untuk dibersihkan. Hal ini karena mini bar cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan meja makan pada umumnya. Tanpa mengesampingkan peran ruang makan, sepertinya meja bar minimalis perlu sekali lho untuk Anda adopsi.

Biaya Desain Pembuatan Mini Bar

Jika Anda ingin semua hal tentang desain “calon” bar pribadi Anda beres, Anda bisa percayakan langsung pada jasa interior design kepercayaan Anda. Namun, jika ingin mengurus semuanya sendiri mungkin agar hasilnya lebih sesuai keinginan, Anda mesti tahu banyak hal termasuk harga perabotannya.

Saat ini sudah banyak furniture bar minimalis yang bisa dipilih. Ada dari bahan kayu, multipleks, hingga aulminium. Anda bisa pilih sesuai selera namun harus siap dengan perbedaan harganya.

Untuk harga mini bar minimalis berbahan kayu, Anda bisa beli dengan harga kisaran Rp 5 – Rp 8 jutaan. Sedangkan untuk mini bar berbahan multipleks finishing HPL Glossy, umumnya bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp 10 jutaan.  Ini harga sudah satu paket dengan pemasangan.

Bila Anda kesulitan untuk menemukan produsen minibar, Anda bisa memesannya melalui marketplace online. Sekarang ini sudah banyak yang menyediakan produk furniture bar. Cari yang recommended seller dengan jaminan kualitas dan garansi yang jelas.

Ide yang Bisa Diterapkan pada Desain Bar Minimalis

Di samping Anda tahu harga dan biaya pemasangan furniture mini bar, Anda juga mesti memahami berbagai ide yang bisa diaplikasikan. Berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan jika nanti Anda jadi memasang mini bar:

Buat mini bar menghadap jendela

Kami yakin bahwa salah satu tujuan Anda membuat mini bar adalah untuk mendapatkan suasana berbeda dalam menikmati hidangan. Oleh karenanya, ada baiknya untuk Anda mengusahakan agar keberadaanya juga tidak tanggung-tanggung.

Buat mini bar agar meja dan kursinya menghadap ke arah jendela. Percayalah, suasananya akan berbeda saat nanti Anda tengah menikmati kopi, apalagi jika di luar jendela ada tamannya. Wow, sepertinya idaman banget.

Rancang desain multifungsi

Salah satu tujuan lain agar mendapatkan banyak fungsi sekaligus dari adanya mini bar adalah mengusahakannya agar tampil multifungsi. Bisa Anda tambahkan di atas meja mini bar sebuah rak buku. Bayangkan jika Anda menikmati kopi sembari membaca buku di situ.

Bisa juga dengan ide dekorasi tambahan lain yang fungsinya lebih baik. Meletakkan barang-barang hias seperti vas di atas meja bar atau laci untuk menyimpan barang pecah belah juga sepertinya pas.

Meja seolah menggantung

Meja bar minimalis bisa didesain berbeda dari biasanya. Salah satunya dengan teknik meja yang menggantung tanpa ada kaki di salah satu sisinya.

Ini akan terlihat unik kalau dari jauh seperti meja tanpa kaki. Keuntungna mengadopsi model seperti ini tentu kaki Anda akan lebih leluasa bergerak di bawah meja.

Meja tersambung dengan kitchen set dapur

Ini mungkin sudah cukup biasa diterapkan. Namun, untuk Anda yang baru tahu, ini bisa aplikasikan karena lebih simpel.

Meja kitchen set bisa dibuat menyatu dengan meja bar. Bukan berarti satu kitchen set ya, akan tetapi dua meja yang penataannya dijejer secara rapat, bentuknya searah.

Tambahkan tanaman hijau sebagai aksen

Terakhir, Anda juga bisa menambahkan tanaman hias yang segar ke dalam area bar dapur Anda. Pilih saja beberapa tanaman yang bisa hidup tanpa perlu banyak disiram. Anda bisa meletakkannya dalam posisi menggantung di salah satu sudut mini bar.

Tanaman hijau yang ada di mini dapur Anda akan memberikan aksen khusus yang menunjukan identitas lain dari dapur Anda. Percayalah!

Mudah kan sebenarnya membuat meja bar minimalis lebih dari sekedar tempat ngopi? Anda bisa berkreasi lebih dengan menambahkan elemen lain yang diperlukan. Selamat mencoba. (ls) editted by RN26052020


Comment