Ada banyak cara untuk mendapatkan rumah minimalis yang sederhana tapi terlihat mewah. Salah satunya adalah dengan memberikan sentuhan kemewahan pada bagian eksteriornya menggunakan material fasad rumah terbaik.

Fasad sendiri berasal dari kata facade dalam Bahasa Perancis yang artinya adalah wajah. Di dalam dunia arsitektur, fasad berarti tampak depan dari suatu bangunan yang menunjukkan karakter dari bangunan tersebut.

Elemen eksterior ini dapat dibuat dengan berbagai material fasad rumah terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebuah bangunan dapat memiliki 4 jenis fasad yaitu tampak depan, belakang, samping kiri dan kanan. Tiap-tiap fasad tersebut bisa dibuat dengan kesan tertentu yang berbeda dengan bangunan lain di sekitarnya.

Pembuatannya dengan material fasad rumah terbaik yang unik dan berkarakter ditujukan agar bangunan dapat merepresentasikan identitas sang pemilik serta mudah dibedakan dari bangunan lain di sekitar.

material untuk fasad, material fasad terbaik, jenis fasad bangunan, material fasade bangunan, material dinding eksterior, elemen fasade bangunan, fasad bangunan tinggi, material eksterior bangunan, material fasade bangunan tinggi, macam macam secondary skin
Pilihlah material fasad yang tepat untuk rumah minimalis Anda – Diminimalis.com

Pada beberapa bangunan tertentu, desain fasad harus dibuat sebagus mungkin untuk tujuan komersil seperti contohnya pada bangunan apartemen dan hotel. Akan tetapi untuk bangunan rumah minimalis murah pun fasad perlu dibuat sebaik mungkin agar tampilan eksteriornya jauh lebih menawan.

Pada hunian minimalis misalnya, bagian luarnya perlu dibuat dengan material fasad rumah yang pas dan material yang baik untuk kenyamanan penghuni.

Pentingnya Mengutamakan Kualitas Material Fasad Rumah Terbaik

Mendesain sebuah fasad bangunan khususnya rumah tinggal selain memerlukan keterampilan desain dan selera yang baik juga perlu banyak pertimbangan mengenai pemilihan material.

Pemilihan material fasad rumah berkualitas perlu dilakukan untuk menjamin kenyamanan penghuninya serta memudahkan perawatannya.

ornamen batu alam untuk eksterior jenis batu alam untuk dinding rumah batu alam hitam untuk dinding depan rumah pemasangan batu alam pada rumah minimalis nama batu alam dan gambarnya batu alam untuk dinding teras rumah motif batu alam untuk dinding luar
Fasad rumah yang dihiasi dengan batu alam – Diminimalis.com

Penggunaan material fasad bangunan yang baik dapat menghemat biaya perawatan karena rumah dapat tetap terlihat baik dalam jangka waktu yang lebih lama.

Tampilan eksterior rumah juga lambat laun bisa berkurang keindahannya jika pemilihan materialnya dari awal sudah salah. Apabila penggunaan material fasad rumah tidak dipilih dengan benar ada dua masalah yang mungkin akan Anda alami, diantaranya :

1. Dinding luar rembes karena material yang tidak kedap air

Sebaiknya Anda tidak hanya mengutamakan keindahan tampilan akhir dengan mengabaikan jenis material fasad rumah yang Anda gunakan. Pada beberapa kasus seringkali dinding luar rembes ketika terpapar air hujan karena material yang tidak mampu menahan air.

Rembesan ini selain membuat dinding bagian dalam rumah menjadi lembab juga akan membuat material eksterior cepat rusak dan kusam sehingga mengurangi keindahannya.

2. Dinding bergelombang karena finishing yang hanya berupa cat dan plester aci.

Bagian dinding luar rumah yang hanya dibuat dari campuran cat dan plester aci akan berubah bergelombang ketika terkena paparan sinar matahari.

Hal ini normal terjadi karena memang merupakan reaksi alami. Kontraktor yang baik akan mengambil langkah pencegahan seperti contohnya melapisi dinding luar rumah dengan dinding panel.

Oleh karena itu pemilihan material fasad bangunan harus benar-benar disesuaikan dengan kondisi bangunan, tujuan pemakaian, kondisi cuaca dan banyak faktor lainnya.

Anda yang sedang merencanakan membangun rumah bergaya minimalis tidak ada salahnya untuk mengetahui berbagai material fasad rumah dan bangunan yang umum digunakan, yaitu :

– Plester aci

desain fasad rumah minimalis
ragam fasad rumah minimalis menggunakan plester aci – diminimalis.com

Material fasad yang satu ini merupakan material yang paling umum ditemukan di Indonesia. Fasad dengan material ini tidak memerlukan biaya pembuatan yang mahal namun tetap dapat terlihat manis dan elegan dengan sentuhan akhir berupa cat eksterior yang tepat.

Meskipun aplikasinya mudah dengan biaya yang hemat, penggunaan fasad plester aci ini kurang cocok untuk bangunan tinggi karena hasil akhirnya cenderung kurang rapi.

Kelemahan lain dari material ini adalah mudah terjadi retak rambut pada dinding yang mengurangi keindahan eksterior bangunan rumah.

– Panel alumunium komposit

Material panel alumuniun ini sudah sangat lazin digunakan pada bangunan seperti ruko, pusat perbelanjaan maupun kantor meskipun penggunaannya juga tidak terturtup untuk fasad rumah tinggal.

Panel ini dapat dibuat dengan berbagai model yang kemudian dipasang di bagian luar bangunan dengan menggunakan rangka.

– Kayu

Kayu merupakan salah satu material fasad terbaik yang layak dipilih untuk rumah minimalis murah. Jenis kayu yang biasa digunakan diantaranya kayu pinus, ek dan cedar.

Penggunaan kayu untuk fasad rumah dapat memberikan kesan modern dan alami. Perpaduan dua kesan tersebut sangat pas untuk menciptakan tampilan rumah minimalis impian.

Penggunaan material kayu untuk eksterior rumah tergolong tidak mudah ketinggalam zaman. Anda bisa menggunakan desain ini selama beberapa tahun tanpa perlu takut terlihat kuno.

Satu hal yang perlu diperhartikan adalah material kayu rawan diserang hama rayap sehingga Anda perlu memilih kayu anti rayap atau memberikan treatment khusus pada kayu.

– Bata Eskpos

Seperti material kayu, material bata ekspos juga banyak digunakan pada desain-desain rumah minimalis. Penggunaan bahan ini memberikan kesan lebih alami pada rumah dan membuat rumah terkesan sejuk.

Material bata ekspos dipasang pada dinding luar rumah menggunakan campuran pasir dan semen. Batu perlu direndam terlebih dahulu sebelum dipasang pada dinding.

Pemasangannya pun dapat dilakukan sesuai model tertentu untuk memberikan kesan yang cantik. Supaya tampilan semakin sempurna, bata ekspos dapat dilapisi dengan cat finishing.

Baca juga: Penggunaan Batu Alam untuk Fasad Rumah Minimalis

– Batu Granit

Batu ini memang bisa dibilang tidak murah sehingga aplikasinya untuk fasad rumah biasanya hanya dilakukan pada sisi depan. Penggunaannya pun dapat dikombinasikan dengan fasad lain untuk membuat kesan eksterior rumah yang cantik dan menawan.

Apapun material fasad terbaik yang Anda gunakan, selalu perhatikan kesesuaian material dengan sisi keamanan dan kenyamanan, serta keindahan, termasuk aplikasi fasad batu alam. Perhatikan pula cara pemasangan yang tepat agar desain fasad dapat terlihat cantik dan tidak mudah rusak.

Masing-masing material fasad rumah di atas tentu memerlukan penanganan tersendiri. Serahkan bagian pembuatan dan pemasangan pada orang yang sudah berpengalaman agar hasil yang diperoleh memuaskan. (us) editted byAL05102021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *