Berbagai Manfaat Tanaman Bonsai saat Anda Memeliharanya di Rumah

Bonsai menjadi salah satu jenis tanaman hias yang banyak diminati saat ini untuk dipelihara. Selain sebagai penghias, manfaat tanaman bonsai juga cukup banyak. Misalnya dari sisi perawatan yang membutuhkan ekstra waktu berati bisa membuat pemiliknya belajar kesabaran. Dalam jangka panjang, memiliki kegiatan positif di rumah merawat bonsai juga bisa melambangkan kedamaian jiwa.

Dua hal itu setidaknya hal-hal yang akan Anda dapatkan dari manfaat tanaman bonsai ketika dipelihara. Untuk Anda yang baru mau pertama kali merawatnya tidak perlu bingung mau mulai dari mana, saat ini sudah banyak komunitas pecinta bonsai. Anda bisa beli dengan memilih bibit terbaik dan kemudian merawatnya.

Tanaman bonsai yang langka inilah yang menyebabkan banyak orang beramai-ramai membuat kumpulan bonsai lover. Anda mungkin bisa menemukan komunitas jual beli tanaman bonsai tersebut di daerah Anda, tinggal manfaatkan saja jejaring sosial untuk mencarinya.

Plus Minus Tanaman Bonsai untuk Dipelihara

Tanaman bonsai yang memiliki kekhasan tersendiri dari sisi fisik membuat banyak orang berbondong-bondong memilih tanaman ini untuk dipelihara. Nah, sebenarnya seperti apa sih karakterisitik tanaman bonsai itu dan apa saja alasan-alasan yang sebaiknya dijadikan acuan? Yuk kita bahas.

Bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Bonsai merupakan seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan tanaman atau pohon.

Semua proses ini merupakan bentuk apresiasi terhadap keindahan bentuk dahan, daun, batang, dan akar pohon. Aktivitas tersebut dinamakan “penzai”, dan dalam pelafalan kita lebih mudah mengucapkan “bonsai”.

Ada banyak manfaat tanaman bonsai jika dipelihara di rumah. Terutama bagi pemilik rumah minimalis, luas rumah yang tidak begitu besar akan sangat cocok dengan aura tanaman ini. Sebagaimana yang kita pahami di era sekarang ini, udara sudah mengandung banyak polusi sehingga kehadiran tanaman di tiap rumah sangatlah penting.

manfaat tanaman bonsai untuk kesehatan, khasiat tanaman bonsai
Keberadaan bonsai bisa memberi efek ketenangan dalam jiwa – diminimalis.com

Namun tak semua orang rumah memiliki lahan yang luas untuk ditanami tanaman, sebagaiman rumah minimalis. Manfaat tanaman bonsai sangat banyak, terlebih bagi Anda pemilik rumah minimalis, alangkah baiknya untuk memiliki tanaman ini.

Beberapa tanaman bonsai sangat cocok untuk diletakkan di dalam maupun di luar ruangan. Jadi tidak perlu khawatir akan mengganggu pemandangan di rumah Anda. Karena fleksibilitas penempatan tanaman inilah yang akan membuat siapapun pemiliknya jadi mudah memliharnya.

Meski ada kelebihan yang dimiliki oleh tanaman ini, nyatanya bonsai tetap punya kekurangan. Yaitu barangnya yang langka dan bisa jadi akan mahal jika baru pertama kali membeli. Soal harga memang tergantung ukuran dan jenisnya, jadi jika Anda baru saja mau memulai memelihara bonsai bisa pilih yang murah dan jenis yang biasa saja.

Berbagai Manfaat Tanaman Bonsai pada Rumah Minimalis

manfaat tanaman bonsai untuk kesehatan, khasiat tanaman bonsai
Bonsai dengan tanaman buah – diminimalis.com

Merawat bonsai adalah seni merancang dan membutuhkan proses yang tidak sebentar, namun disinilah letak asyiknya membonsai. Merawat bonsai tidak hanya dilakukan sebatas untuk menyalurkan hobi, namun juga untuk mendapat manfaat kesehatan jiwa dan raga.

Secara biologis, meski berbentuk kecil, bonsai tetap memiliki manfaat yang besar untuk bisa menekan radikal bebas dan polusi sekitar.

Manfaat tanaman bonsai juga bisa dirasakan dari sisi kejiwaaan, Anda akan benar-benar bisa merasakaan sensasi rileks dan damai. Apalagi ketika sudah intens merawat dan merancang bonsai dengan teliti dan hati-hati. Tiap detail pertumbuhan bonsai dengan pola yang indah, akan mampu memberi efek kebahagiaan yang tak ternilai. Untuk mewujudkannya memang tidak mdah karena Anda harus bisa menghindari kesalahan merawat bonsai yang sering dilakukan pemula.

Pembuatan bonsai dari awal seringkali memakan waktu yang lama dan melibatkan berbagai macam pekerjaan. Antara lain pemberian pupuk, pemangkasan, pembentukan, penyiraman, serta penggantian pot dan tanah.

Karena bonsai merupakan pohon hidup, maka kita harus selalu memotong akar dan rantingnya. Anda bisa membentuk arah pertumbuhan dengan kawat yang diikat pada ranting dari berbagai sisi potnya.

Selanjutnya, kawat harus sudah diambil sebelum sempat menggores kulit ranting pohon tersebut.

Dengan memiliki hoby merancang bonsai, akan dapat membantu melatih sifat, perilaku dan jiwa Anda untuk menjadi pribadi yang penyabar. Hal ini dikarenakan merawat tanaman bonsai membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bahkan bisa mencapai bertahun-tahun.

Jadi cukup jelas ya manfaat tanaman bonsai jika dirawat dan dipelihara di rumah Anda. Anda tidak akan menemukannya pada tanaman lain selain bonsai dan semacamnya. Jadi, pertimbangkan untuk segera memeliharanya ya.

Baca juga: Cara Merawat Bonsai Buah Dengan 3 Langkah Efektif

Mungkin itu saja dulu ulasan dari kami tentang manfaat tanaman bonsai ketika dipelihara di rumah minimalis Anda. Semoga rencana Anda untuk memlihara bonsai di rumah lancar dan bisa tumbuh sampai besar. (ls) editted by RN04052021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.