Manfaat Tabulampot Bagi Anda Pemilik Rumah Minimalis

Manfaat tabulampot (tanaman buah dalam pot) bagi pemilik rumah minimalis sangatlah banyak. Bisa dibilang tabulampot merupakan komponen yang menjadi solusi keindahan dan kesehatan bagi Anda yang memiliki halaman rumah sempit.

Oleh karenanya, tidak berlebihan bila kami menganggap tabulampot ini sebagai elemen hias yang selalu cocok untuk rumah saja khususnya minimalis. Ini isa jadi solusi bagi pemilik rumah minimalis yang ingin memiliki taman yang bisa memberi manfaat kesegaran dan kesehatan sebagaimana taman lainnya.

Tabulampot Taman Minimalis, taman depan rumah, tanaman buah dalam pot, tanaman buah di dalam pot
Tabulampot jambu-diminimalis.com

Manfaat Tabulampot untuk Rumah Minimalis

Sebagai tanaman yang memberikan solusi keindahan serta kesehatan bagi pemilik rumah minimalis, tabulampot dibuat untuk menjawab tantangan hunian rumah kekinian. Tanaman buah biasanya berpostur tinggi dengan perakaran dalam. Tanaman ini membutuhkan ruang tumbuh yang cukup luas. Hal ini tentunya menyulitkan bagi penduduk perkotaan dengan lahan yang sangat terbatas.

Kemudian dikembangkan metode menanam buah dalam lingkungan terbatas atau tabulampot. Metode ini terus berkembang, baik dari sisi teknologi maupun jumlah jenis tanaman buah yang bisa dijadikan tabulampot. Selain untuk mempercantik taman, buah dalam pot bisa kita konsumsi untuk meningkatkan nutrisi vitamin dalam tubuh.

Manfaat Tabulampot, taman depan rumah, tanaman buah dalam pot, tanaman buah di dalam pot
tabulampot buah strawberry – diminimalis.com

Menanam tabulampot di taman minimalis tidaklah susah, Anda hanya perlu menentukan buah dari genetik unggulan yang cocok untuk tumbuh dalam pot.

Biasanya jenis buah ini sudah tersedia di penjual tanaman buah dan perlengkapan taman. Setelah itu Anda tinggal memberi pupuk dengan intensitas yang tidak terlalu sering, karena di dalam pot penyerapan air dan pupuk bisa mencapai 80%. Beberapa jenis buah yang cocok dikembangkan untuk tabulampot antara lain, buah naga, kelengkeng, jambu biji, jambu air, jeruk, sawo dan strowberry.

Keuntungan Budidaya Tabulampot

Ada keuntungan tersendiri apabila Anda menanam tabulampot di rumah. Keuntungan itu diantaranya:

  • Penanaman tabulampot dapat memanfaatkan halaman atau lahan yang sempit, seperti halaman belakang rumah atau kebun kecil disamping rumah.
  • Mudah dalam melakukan perawatan terutama dalam penanggulannya terhadap hama dan penyakit sehingga tanaman menjadi lebih sehat.
  • Lebih mudah memindahkannya tanpa merusak tanaman itu sendiri.
  • Sebagai sumber kebutuhan energi dan serat.
  • Tanaman ini dapat Anda gunakan sebagai bisnis yang berkelanjutan. Anda dapat menjual buah yang dihasilkan atau bibitnya.
  • Menciptakan lingkungan rumah yang asri dan sehat karena adanya tanaman dirumah Anda dapat menyerap polusi dan menggantinya dengan oksigen.
  • Anda dapat mengatur masa pembuahan dan pembungaan sehingga dapat menentukan kapan produksi yang dihasilkan.
  • Sistem drainase juga lebih mudah diterapkan, sehingga Anda dapat lebih menghemat air.

Manfaat Tabulampot Di dalam Rumah

Tidak hanya bermanfaat untuk mempercantik rumah minimalis Anda, ternyata menanam tabulampot pada rumah juga mempunyai manfaat sebagai dekorasi ruangan. Apa saja manfaat tabulampot yang dapat Anda nikmati, mari kita simak.

1. Relaksasi Tubuh

Anda setiap hari melakukan aktivitas yang menyibukkan, pasti pikirannya tegang dan badan sangat melelahkan. Penempatan tabulampot di dalam rumah dapat membuat Anda relaks.

Hanya melihat bunga yang ada di dalam pot dengan berbagai warna, ungu atau merah muda dapat menstimulasi pelepasan hormon adrenalin. Dengan cara seperti itu, energi akan kembali meningkat dan oksigen menuju otak akan bertambah sehingga dapat membantu Anda menjadi lebih relaks.

2. Memberikan Inspirasi

Ketika Anda sedang membutuhkan inspirasi untuk berkarya, tidak perlu keluar rumah dan pergi ke tempat yang sepi. Menurut Justin Hancock, ahli kebun dari Costa Farm Croton, meletakkan tanaman di samping kerja Anda dapat meningkatkan kemampuan kreativitas dan menemukan berbagai inspirasi.

3. Membersihkan Udara

Seringkali rumah yang sudah terpapar oleh polusi udara dari rokok, asap kendaraan bermotor, atau debu dari atap membuat oksigen tidak lagi bersih. Anda dapat menanam tabulampot jenis english ivy untuk melakukan filter udara di rumah Anda.

4. Asupan Energi

Tanaman dengan bunga warna merah dapat memberikan stimulan baik untuk tubuh Anda. Warna merah ini dapat meningkatkan nafsu makan dan energi. Jenis tanaman yang dapat Anda tanam yaitu red aglaonema. Tanaman ini dapat Anda letakkan di dekat kamar mandi atau tempat tidur, agar ketika Anda bangun mendapatkan semangat yang baru.

5. Meningkatkan Konsentrasi

Tanaman dengan jenis bambu-bambuan ternyata mempunyai manfaat untuk meningkatkan konsentrasi. Hal ini dibuktikan pada Royal College of Agliculture yang menyebutkan mahasiswanya mempunyai fokus 70% lebih besar ketika di ruangan kelas terdapat tanaman. Manfaat tabulampot seperti ini bisa mendongkrak prestasi mereka.

6. Menurunkan Stres

Selain dapat meningkatkan konsentrasi, meletakkan tabulampot di dalam rumah juga dapat menurunkan stres. Bunga jenis Anturium dipercaya efektif untuk menurunkan tingkat stres.

7. Menyejukkan Mata

Mata Anda mengalami kelelahan akibat melihat layar HP dan laptop terlalu lama? Disinilah manfaat tabulampot bekerja. Cobalah untuk menanam tanaman pothos yang dapat menyejukkan dan membuat relaks mata Anda. Tidak hanya itu, tanaman jenis ini juga dapat mencegah penyakit seperti glukoma dan katarak.

Itulah pembahasan mengenai manfaat tabulampot yang dapat Anda nikmati jika berhasil. Namun, buah yang seperti apa yang sekiranya mudah untuk ditanam? Ternyata tidak semua buah bisa dijadikan tabulampot. Mari kita simak pembahasannya.

Jenis Buah pada Tabulampot yang Mudah Ditanam

Tidak semua tanaman dapat Anda jadikan tanaman pot. Ini beberapa jenis pohon berbuah yang dapat Anda jadikan tanaman di dalam pot.

1. Buah Apel

Tanaman buah apel bisa dijadikan tanaman di dalam pot. Anda dapat menggunakan ukuran pot dengan lebar 45 sampai 50 cm. Anda dapat meletakkan tanaman ini yang mudah terkena sinar matahari tapi tetap terlindungi, seperti di balkon atau teras kecil.

2. Buah Jambu Biji

Buah selanjutnya yang dapat di tanam di dalam pot yaitu buah jambu biji. Buah ini merupakan buah tropis yang mudah untuk ditanam. Anda dapat menanam buah ini pada tempat terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

3. Buah Lemon

Tanaman lemon dan jeruk sangat bisa untuk di tanam di pot, karena tanaman ini merupakan jenis semak besar atau pohon kecil. Apabila Anda ingin menanam buah ini, Anda dapat menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat. Jenis pot ini mudah menyerap air dan dikarenakan tanaman ini tidak baik untuk lama-lama terendam air.

Anda dapat meletakkannya di tempat yang terpapar sinar matahari langsung dan terlindungi dari angin kencang. Selain itu, Anda juga bisa mencangkok pohon ini untuk mendapatkan lebih dari satu varietas citrus dari satu pohon.

4. Buah Markisa

Jenis tanamam ini merupakan tanaman menahun, sehingga Anda hanya perlu menanam sekali saja. Tanaman ini juga membutuhkan pot yang sangat besar karena dapat tumbuh dengan cepat. Jangan lupa juga untuk menyiapkan tralis yang kuat untuk menahan buahnya.

Demikian ulasan kami tentang manfaat tabulampot dan jenis tanaman yang direkomendasikan untuk ditanam di area rumah minimalis. Semoga bermanfaat. (ls) editted by AL19102020.


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.