Tahukah Anda manfaat sumur resapan? Sumur resapan digadang-gadang sebagai salah satu terobosan baru dalam menyediakan sarana air keseharian yang memanfaatkan teknologi ramah lingkungan.

Sumur resapan ini menjadi salah satu alternatif untuk membantu mengurangi dampak pemanasan global yang kian hari semakin memprihatinkan. Dengan adanya sumur resapan ini juga beberapa masalah seputar kelangkaan air bisa teratasi

Nah, pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan memberikan informasi tentang berbagai manfaat sumur resapan untuk rumah dan lingkungan Anda tinggal.

Manfaat Sumur Resapan, Manfaat Sumur Resapan adalah, pengertian sumur resapan dan fungsinya
sumur resapan memiliki banyak manfaat untuk lingkungan kita – diminimalis.com

Pengertian Sumur Resapan

Sumur resapan merupakan sumber air buatan manusia yang fungsi utamanya untuk memperluas area serapan air, terutama air hujan. Selain untuk harian, tujuan lainnya ialah guna melakukan konservasi pada tanah dan juga kandungan air di dalamnya.

Area resapan air yang diperluas, diharapkan air hujan yang turun tidak lagi menggenang dan dapat ditampung masuk ke dalam sumur. Tujuannya adalah memperkecil peluang terjadinya banjir pada suatu area yang memiliki sumur resapan.

Metode sumur resapan atau lubang imbuhan sangat bermanfaat digunakan pada pemukiman yang berada di area pantai. Sumur resapan dapat mengurangi instrusi air laut dan mengurangi pencemaran air dan tanah.

Manfaat Sumur Resapan untuk Rumah dan Lingkungan

Di bawah ini kami uraikan untuk Anda tentang beberapa manfaat sumur resapan untuk rumah minimalis Anda, dintara manfaat tersebut antra lain :

1. Menambah debit air

Manfaat sumur resapan yang pertama adalah dapat menambah debit air. Sumur resapan akan menampung air hujan.

Air hujan tersebut kemudian diserap oleh air tanah sehingga jumlahnya meningkat. Debit air yang bertambah tentu dapat memenuhi pasokan air baik di rumah maupun lingkungan sekitar.

2. Menjaga kelembaban tanah

Sumur resapan mampu mempertahankan kelembaban tanah. Tanah yang lembab dapat terhindar dari kekeringan meskipun dalam cuaca yang panas, sehingga tidak perlu khawatir akan kekurangan pasokan air bersih. Tanah yang lembab juga membuat tanaman di atasnya tumbuh subur.

3. Mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga

Sudah bukan rahasia umum perumahan di daerah perkotaan cenderung krisis air. Hal ini disebabkan kurangnya daerah resapan air yang baik.

Membuat sumur resapan dapat diterapkan di rumah agar dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga seperti mencuci, memasak dan mandi.

Manfaat Sumur Resapan, Manfaat Sumur Resapan adalah, pengertian sumur resapan dan fungsinya
sumur resapan dapat mengurangi debit air yang menyebabkan banjir – diminimalis.com

4. Mengurangi banjir

Hampir setiap tahun saat musim hujan, beberapa wilayah terendam banjir. Masalah ini seolah hampir tak ada penanganannya. Membuat sumur resapan diklaim mampu menjadi solusi permasalahan ini.

Membuat sumur resapan dapat menahan aliran air masuk ke dalam dan menggenangi area dalam dan luar rumah. Cara ini juga dinilai lebih mudah diterapkan daripada membuat pondasi rumah menjadi lebih tinggi.

5. Mengurangi potensi terjadinya erosi 

Erosi atau pengikisan tanah masih sering terjadi di lingkungan kita. Oleh karenanya, sumur resapan ini diharapkan bisa jadi solusi untuk mencegah pengikisan tahan dan sedimentasi yang berisiko menimbulkan longsor dan pengurangan area lahan.

6. Mencegah terjadinya penurunan permukaan tanah

Permukan tanah dapat menurun yang menyebabkan air semakin mudah menggenang dan berpotensi menimbulkan banjir. Dengan adanya sumur resapan ini maka potensi itu bisa dilihilangkan dan permukaan tanah akan tetap stabil.

Baca juga: Cara membuat sumur resapan di halaman rumah

7. Menurunkan, mengurangi, dan menghindari penyebab-penyebab pencemaran air tanah.

Terakhir, manfaat dari adanya sumur serapan diantaranya adalah untuk menghindarkan dari pencemaran air. Sumur resapan ini dapat mengurangi potensi masalh yang mungkin timbul di kemudian hari.

Manfaat sumur resapan bukan isapan jempol belaka. Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan membuat sumur resapan. Sumur resapan tidak hanya menyuplai air untuk kebutuhan hidup melainkan juga turut berkontribusi menciptakan lingkungan yang lebih ramah.

Perlunya sosialisasi pembuatan sumur resapan agar masyarakat dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas dan detil. Cintai lingkungan dengan sumur resapan dimulai dari rumah Anda.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang manfaat sumur resapan untuk rumah minimalis Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN11112021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *