Manfaat soda ash dalam perawatan kolam renang berfungsi untuk mengikat kotoran di dalam air. Dengan begitu, kotoran yang ada di permukaan akan mengendap di dasar kolam renang.

Untuk Anda yang sering mengalami masalah pada kolam renang yang kotor bisa keluarkan senjata andalan yang satu ini.

Soda Ash memiliki basis berbeda dengan HCL yang lebih asam. Bahan kimia ini juga mampu menyerap kelembaban dari udara dan membentuk larutan air alkali yang kuat.

Mengenal dan Mengetahui Manfaat Soda Ash untuk Kolam Renang

Soda ash memiliki nama ilmiah; karbonat natrium (Na2CO3). Soda ash sendiri adalah garam sodium dari asam karbonat yang berbentuk bubuk putih dan tidak berbau.

Karena sifat inilah, soda ash digunakan sebagai obat pengendali pH air. Sekaligus juga dapat sebagai pelunak dan penjernih air.

manfaat soda ash, manfaat soda ash untuk kolam renang, fungsi soda ash pada air
bentuk soda ash sebagai bubuk – diminimalis.com

Manfaat Soda Ash untuk Perawatan Kolam Renang

Natrium karbonat murni berwarna putih bubuk tanpa warna yang menyerap embun dari udara. Chemical ini biasa digunakan sebagai pelembut air saat mencuci pakaian.

Dampak bagi tubuh saat dipegang ialah dapat menyebabkan kasar, gatal dan panas.

Soda ash (sodium carbonate) termasuk chemical yang biasa digunakan sebagai penjernih air kolam yang keruh. Biasanya, penyebab air kolam terlihat keruh diakibatkan oleh penumpukan lumut yang mati. Tumpukan lumut itulah yang menyebabkan air kolam tampak berwarna kecoklatan dan seperti selalu kotor.

Untuk menjaga air kolam tetap sehat, salah satu solusinya adalah dengan menjaga keseimbangan pH airnya.

Anda bisa menggunakan soda ash untuk menyeimbangkan pH air kolam renang rumah Anda. Dosis yang digunakan untuk menyeimbangkan pH air kolam renang harus diperiksa menggunakan test kit terlebih dahulu.

Hal ini dimaksudkan untuk menyesuaikan jumlah takaran soda ash dengan kondisi air kolam dan volumenya.

Pengaplikasian soda ash bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut: Dalam penggunaannya, soda ash harus dicampur dengan air biasa terlebih dahulu lalu diaduk di dalam ember kecil. Setelah itu, soda ash dilarutkan dalam bit kolam sedikit demi sedikit.

Perlu diingat, filter mesin saat menambahkan soda ash harus diatur dulu dalam posisi sirkulasi. Hal ini dimaksudkan supaya soda ash dapat dilarutkan dalam kolam renang secara merata.

manfaat soda ash, manfaat soda ash untuk kolam renang, fungsi soda ash pada air
soda ash bisa Anda dapatkan di toko bahan kimia – diminimalis.com

Setelah dilarutkan, selanjutnya biarkan larutan selama kurang lebih 24 jam hingga keesokan harinya. Setelah chemical ini bekerja, maka hasil yang dapat terlihat adalah adanya endapan kotoran yang berwarna kecoklatan di dasar kolam.

Baca juga: Pentingya Memahami Cara Instalasi Filter Kolam Renang yang benar

Ini artinya kotoran lumut yang mati telah terpisah dari air kolam. Selanjutnya untuk membersihkan kotoran tersebut, kita dapat melakukan penyedotan dengan selang atau vacuum head.

Efek Samping Penggunaan Soda Ash untuk Kolam Renang

Soda ash selain bermanfaat untuk menghilangkan kotoran kolam renang, juga memiliki efek samping tertentu. Diantaranya adalah akan membuat mata sedikit perih jika air kolam renang terlalu banyak kandungan soda ash.

Untuk mengantisipasi ini, gunakan soda ash secukupnya saja. Seimbangkan kandungan soda ash dengan chemical yang lainnya. Dengan demikian, lakukan pencampuran chemical dengan benar sesuai dengan aturan.

Kesimpulannya;

Meski direkomendasikan, penggunaan soda ash ini bisa dilakukan secara opsional, yang mana Anda bisa menambahkannya atau tidak. Dengan menggunakan soda ash, Anda bisa merawat kolam renang supaya tetap sehat dan jernih.

Manfaat soda ash secara alami memang mampu membuat air kolam renang jadi lebih bersih. Kolam renang Anda akan terjaga kualitas airnya jika mampu mengaplikasikannya dengan baik.

Jenis Chemical Perawatan Kolam Renang Selain Soda Ash

Selain menggunakan soda ash, ternyata chemical pada perawatan kolam renang juga sangat bervariasi. Adapun obat renang lainnya yang perlu Anda ketahui yaitu:

1. PAC

PAC merupakan singkatan dari Poly Aluminium Chloride. Obat ini mempunyai fungsi untuk mengikat kotoran. Kotoran yang sudah terikat, akan mengendap di dasar kolam. Cara tersebut akan memudahkan Anda untuk membersihkan kotoran. Anda dapat menggunakan vaccum dalam proses permulaan dalam perjernihan air di kolam renang.

Untuk mendapatkan obat ini. Anda dapat membeli dengan harga yang bervariasi. Harga untuk PAC penjernih air mulai Rp16.000 per kg. Sedangkan, PAC Poly Aluminium Chloride (Jerman) harganya Rp18.000 per kg.

2. HCL

HCL adalah singkatan dari Hydrochloric Acid. Jenis obat kolam renang yang satu ini termasuk obat keras. Obat ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi, tidak mengherankan jika digunakan untuk menyeimbangkan air kolam ketika pH air terlalu biasa.

Penggunaan HCL hanya dilakukan disaat kondisi kolam terlalu keruh dan berlumut. Namun, apabila kondisi ini masih memungkinkan untuk diatasi dengan obat lainnya, sebaiknya menggunakan obat lain yang tidak terllau keras.

Harga untuk HCL bermacam-macam tergantung dengan tingkat keasamannya. HCL 32% mempunyai harga kisaran RP25.000 per liter, HCL 55% harganya mencapai Rp55.000 per liter, dan HCL Acriflavine harga 45.200 per liter.

3. Chlorine

Obat kolam renang selanjutnya adalah chlorine. Chlorine mempunyai bentuk, kegunaan, dan tingkat yang berbeda-beda. Salah satu chlorine yang terkenal adalah kaporit.

Kaporit mempunyai fungsi untuk meningkatkan konsentrasi chlorine. Kaporit dapat digunakan untuk menjernihkan air dan menghilangkan bakteri. Kandungan chlorine pada kaporit sebanyak 60%.

Ada juga chlorine jenis granular dengan tingkat 90%. Obat ini mempunyai kandungan chlorine yang lebih cepat daripada kaporit. Obat ini berbentuk butiran-butiran kecil.

Jenis chlorine yang terakhir adalah TCCA tablet tingkat 90%. Tingkatnya hampir sama dengan granular, namun fungsi TCCA adalah menjaga chlorine dan pH air agar selalu stabil dan tetap terjaga kejernihannya.

Chloride mempunyai tiga jenis dan harga untuk masing-masing jenis juga berbeda-beda. Harga tablet kaporit 90% sebesar Rp32.000 per tablet, harga kaporit tablet besar sebesar Rp55.000 per kg, dan harga kaporit powder tjiwi kimia 60% sebesar Rp30.000.

Jenis kedua yaitu granular. Harga kaporit granular per satu pack ukuran 1 kg yaitu Rp28.000 dan harga granular Jepang sebesar Rp65.000 per kg. Sedangkan harga untuk chlorine TCCA sebesar Rp30.500 per kg.

4. Trussi

Obat kolam renang selain soda ash yang terakhir adalah trussi. Trussi yang sering dikenal juga dengan istilah Copper Sulphate mempunyai fungsi untuk menjernihkan air dan menjaga warna biru pada air. Ternyata tidak hanya itu, trussi juga dapat digunakan untuk mencegah tumbuhnya lumut.

Trussi banyak di jual di toko peralatan kolam renang atau online shop. Anda dapat membeli trussi mulai harga Rp45.000 per kg. Harga akan selalu berubah mengikuti permintaan konsumen. Pastikan Anda selalu update harga.

Demikian ulasan kami tentang manfaat soda ash untuk kolam renang rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel terkait cara merawat kolam renang yang baik dan benar di bawah ini, semoga bermanfaat. (Is) editted by AL26102020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *