Material rotan menjadi salah satu alternatif terbaik untuk membuat sebuah furniture. Hal ini tidak lain karena manfaat rotan sebagai bahan furniture yang memang terkenal dengan keawetannya.

Tidak hanya awet, furniture dari material rotan juga biasanya akan memiliki tampilan yang estetis. Tidak heran jika saat ini sudah banyak penggemar furniture rotan yang cukup fanatis.

Pada postingan kali ini, diminimalis akan coba mengulas tentang apa saja manfaat rotan sebagai bahan furniture rumah minimalis. Harapannya agar Anda nanti tahu lebih jauh tentang karakter material yang satu ini.

Mengenal Karakter Rotan dan Manfaatnya Sebagai Alternatif Material Furniture selain Kayu

Manfaat rotan sebagai bahan furniture rumah minimalis sudah dikenal banyak orang secara kualitasnya. Hal ini karena sifatnya yang elastis dan tahan lama, sehingga wajar banyak dijadikan aneka macam perabotan rumah tangga.

Indonesia sendiri tercatat sebagai penghasil rotan terbesar di dunia, hampir sebagian besar kebutuhan rotan di dunia berasal dari Indonesia.

Rotan adalah sejenis kelompok palma yang hidup memanjat yang banyak tersebar di wilayah tropis Afrika, Asia dan Australia.

Manfaat rotan sebagai furniture , funriture rotan, furniutre rotan sintetis, contoh kerajinan rotan
Manfaat rotan sebagai bahan furniture rumah tangga – diminimalis.com

Saat masih muda, rotan tumbuh secara soliter dengan ciri fisik seperti kelapa atau aren, hanya saja tangkai daunnya lebih kecil. Tangkai tersebut berwarna hijau muda dan ditumbuhi banyak duri.

Duri inilah yang memiliki fungsi sebagai alat pertahanan diri dari herbivora,

Setelah rotan tumbuh besar, barulah muncul perubahan fisik pada organ-organ rotan. Warna daunnya menjadi agak hijau tua, dan tangkainya tumbuh lebih panjang.

Setelah itu rotan membentuk rumpun yang ditandai dengan munculnya beberapa anakan baru dari pangkal batang. Di satu rumpun dapat tumbuh beberapa batang inti yang bisa tumbuh panjang dengan cepat.

Batang inilah yang akan dipanen ketika rotan telah matang atau cukup umur. Batang rotan biasanya langsing dengan diameter 2–5 cm, beruas panjang, tidak berongga, dan banyak yang dilindungi oleh duri-duri yang panjang, keras, dan tajam.

Manfaat Rotan Sebagai Bahan Furniture Rumah Tangga dan Kekurangannya

Rotan yang jumlahnya sangat banyak dan mudah diolah sering dijadikan sebagai pengganti kayu. Rotan memiliki kandungan kimiawi yang membuatnya kuat dan tahan lama dibandingkan dengan kayu.

Itulah kenapa rotan sangat disukai oleh para pengrajin untuk dijadikan bahan dasar pembuatan mebel. Material rotan untuk furniture sudah seperti solusi terbaik untuk variasi baru.

Di sisi lain, banyak hasil karya kerajinan tangan yang bisa di buat dari bahan rotan, mulai dari aneka macam keranjang, hiasan dinding, ornamen hiasan rumah, vas bunga, pot gantung dan lain sebagainya.

funriture rotan, furniutre rotan sintetis, contoh kerajinan rotan
partisi ruangan berbahan dasar rotan – diminimalis.com

Penjual rotan di Indonesia sebagian besar dilakukan oleh para pengrajin atau usaha kecil menengah (UKM). Produksi rotan pun sebagian masih dilakukan secara tradisional, karena pabrik rotan skala besar masih sangat jarang.

Umumnya mesin rotan yang digunakan untuk produksi masih sederhana, sehingga kapasitas produksi kerajinan rotan belum sepenuhnya memenuhi permintaan pasar.

Meski begitu, manfaat rotan sebagai bahan furniture rumah tangga tidak diperdebatkan lagi. Rotan sudah jadi semacam alternatif terbaik untuk membuat perbaot rumah tangga yang biasa kita pakai sehari-hari.

Namun meski ada banyak manfaat rotan sebagai bahan furniture rumah, tetap saja material ini punya kekurangan, diantaranya yaitu:

1. Jika sudah jadi mebel, perlu perawatan khusus dan rutin agar tetap awet

Karena karakter fisiknya yang berserat dan banyak lubang pada permukaannya, perabotan dari bahan rotan sering menjadi sarang debu dan kotoran-kotoran kecil.

Partikel-partikel kotoran dari luar mudah berkumpul di lubang tersebut dan berpotensi menumpuk jika jarang dibersihkan. Maka dari itulah, furniture dari bahan rotan membutuhkan perawatan yang lumayan rumit dan rutin agar tetap bagus, otomatis ekstra waktu dan tenaga sangat dibutuhkan.

2. Furniture rotan perlu lapisan pelindung coating

Selain manfaat rotan sebagai bahan furniture rumah yang begitu banyak, ternyata untuk membuatnya juga cukup ribet. Rotan setidaknya perlu diaplikasikan coating pada permukaannya agar keindahan yang ditimbulkan selalu terjaga dan tetap terlindung dengan baik.

Jadi, furniture dari rotan memang tidak mudah jika dibiarkan saja. Setidanya Anda harus memilih yang kualitasnya terbaik kemudian siap untuk melakukan perawatan dengan benar dan rutin pula agar selalu awet.

3. Furniture rotan lebih cocok untuk indoor

Faktor cuaca sering menjadi faktor utama furniture dari rotan bermasalah. Furniture rotan termasuk kurang tepat apabila ditempatkan di area luar ruangan (outdoor) namun lebih tepat di dalam rumah.

Hal ini karena furniture rotan akan mudah rusak bila terkena sinar matahari dan air hujan secara terus-menerus. Meski begitu, jika Anda punya komitmen menjaganya bisa saja hal tersebut tebrantahkan.

4. Furniture rotan memerlukan perlakuan lain

Sama seperti kayu, rotan sintetis maupun yang alami juga cukup rentan rusak oleh serangan serangga dan hewan pengerat. Dibutuhkan perlakuan khusus supaya perabot dari rotan terhindar dari gangguan hewan-hewan perusak tersebut.

Untuk mengatasinya, bisa dengan menambahkan cat khusus anti rayap saat finishing. Ini bisa dilakukan oleh orang yang ahli jika memang Anda tidak biasa melakukannya.

Mungkin itu saja ulasan singkat dari kami tentang manfaat rotan sebagai furniture rumah tangga. Pada intinya, selain memiliki, Anda juga harus punya komitmen untuk merawatnya agar awet dan tahan lama. Sampai jumpa. (ls) editted by RN08112021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *