Ada banyak manfaat pohon buah di teras rumah minimalis selain dari sekedar memperindah eksterior. Diantaranya ialah rumah menjadi lebih sehat karena ada tanaman hijau.

Meski manfaatnya banyak, ternyata ada juga yang masih enggan menanamnya karena tidak mau memenuhi teras kecilnya dengan pohon buah. Padahal banyak jenis buah yang memungkinkan untuk ditanam di lahan yang sempit.

Nah, pada kesempatan yang baik ini, diminimalis akan mengulas berbagai manfaat yang didapat bila Anda memiliki pohon buah di rumah. Apalagi jika menanamnya di bagian depan rumah atau teras.

10 Manfaat Pohon Buah di Teras Rumah Minimalis Anda

Di bawah ini kami rangkum beberapa manfaat pohon buah di teras atau halaman rumah minimalis Anda.

Manfaat pohon buah di teras, pohon buah di teras, tanaman buah di teras, pohon buah di teras rumah, jenis tanaman buah
pohon buah anggur di teras rumah minimalis – diminimalis.com

1. Penyejuk Udara Panas dan Kering

Dengan adanya pepohonan di sekitar rumah, maka panas matahari akan diserap oleh pohon, sehingga udara yang ada di sekitar pohon akan terasa lebih sejuk dan nyaman. Terlebih daun yang berjatuhan di atas tanah bisa berfungsi untuk menyerap air hujan dan melembabkan udara. Kesejukan ini tentu berbeda dibanding bila Anda menggunakan peneduh lain seperti kanopi atau genteng.

2. Penyaring Udara Kotor

Salah satu manfaat pohon buah di teras yang juga penting adalah sebagai penyaring udara kotor. Tanaman buah-buahan yang berdaun rimbun dapat melakukan penyaringan udara yang kotor. Semakin banyak pohon, maka akan semakin banyak pula udara kotor yang disaring oleh pepohonan tersebut. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak ragu untuk menanam pohon buah berukuran sedang, supaya daya serap polutannya bisa maksimal.

Selain memilih pohon berukuran sedang, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah jenis akarnya. Sebab, tidak semua jenis pohon memiliki akar yang cocok untuk ditanam di halaman depan rumah. sebelum menanam, pilihlah pohon yang pertumbuhan akarnya tidak merusak pagar depan rumah minimalis Anda.

3. Hiasan Hidup untuk Rumah

Dengan melakukan perencanaan yang baik sebelum menanam pohon buah, maka pohon tersebut nantinya dapat dijadikan pendukung keindahan rumah. Dengan perawatan yang baik dari kecil hingga besar, pohon buah-buahan yang ditanam dapat tumbuh seperti apa yang diharapkan. Terlebih bila bisa dipadukan dengan aneka bunga yang indah, maka pohon-pohon buah yang ada akan terlihat indah dan menawan.

pohon buah di teras, tanaman buah di teras, pohon buah di teras rumah, jenis tanaman buah
pohon markisa yang bergizi tinggi di teras rumah minimalis – diminimalis.com

4. Makanan Tambahan yang Bergizi Tinggi

Karena setiap pagi, tubuh lebih membutuhkan asupan vitamin daripada karbohidrat, maka memakan buah sangat cocok dijadikan sebagai alternatif pengganti sarapan. Manfaat pohon buah di teras adalah ANda bisa memetik sendiri saat matang, Anda tak harus selalu belanja buah untuk mendapatkan asupan nutrisi tambahan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya Anda menanam beberapa pohon buah di halaman rumah untuk kebaikan Anda sendiri maupun orang tetangga sekitar.

5. Relaksasi

Menanam pohon di halaman rumah dapat membantu mengurangi stres. Melihat bunga yang tumbuh pada pohon buah dapat menstimulasi pelepasan hormon adrenalin. Dengan begitu, membantu oksigen mengalir menuju otak yang dapat membantu Anda menjadi relaks.

6. Inspirasi

Ketika Anda sedang penat dan membutuhkan kreativitas untuk pekerjaan Anda. Anda sebaiknya keluar rumah untuk sebentar melihat dan menghirup udara yang segar dari pepohonan.

Tumbuhan hijau dan rindang dapat memberikan Anda inspirasi karena otak yang semula tenang akan menjadi relaks. Inspirasi yang semula tidak terpikirkan sering muncul secara tiba-tiba.

7. Mencegah Banjir dan Erosi Tanah

Anda yang mempunyai rumah di dekat sungai sebaiknya menanam pohon. Menanam pohon di dekat sungai dapat membantu untuk mengurangi ketinggian air banjir hingga 20 persen. Akar-akar yang terdapat pada pohon dapat menyerap air dan membantu untuk menahan air agar tanah tidak mudah terkikis.

Pada saat hujan lebat, tanah akan memberikan tekanan karena banyak air yang masuk. Apabila ada pohon, tekanan dari air hujan dapat tersaring sehingga risiko longsor pun rendah.

8. Mengurangi Perubahan Iklim

Penyebab terjadinya perubahan iklim yang ekstrim pada beberapa wilayah adalah banyaknya karbon dioksida yang ada di udara. Penanaman pohon di halaman rumah dapat menyaring karbon dioksida dan membantu mengeluarkan oksigen. Sehingga dapat membantu mencegah perubahan iklim.

9. Mengurangi Paparan Sinar Ultraviolet

Di negara tropis seperti di Indonesia, sinar matahari sangat berlimpah. Risiko yang dapat terjadi adalah tingginya sinar ultraviolet. Akibat dari paparan sinar matahari yang terus menerus yaitu kanker kulit. Penanaman pohon di halaman rumah dapat mengurangi sinar ultraviolet sampai 50% sehingga dapat juga mengurangi dampak negatif dari sinar tersebut.

10. Menambah Cadangan Air di Tanah dan Menjaga Populasi Makhluk Hidup

Penanaman pohon bisa membantu tanah untuk menyimpan cadangan air agar tidak cepat menguap. Dengan begitu, cadangan air di tanah tetap terjaga. Agar pohon tetap hidup, Anda perlu menyiram setiap pagi dan sore.

Selain itu, pada batang pohon juga bisa menjadi rumah bagi berbagai jenis makhluk hidup seperti burung, serangga, jamur, dan reptil. Menanam pohon dapat membantu hewan tidak kehilangan rumah dan menjaga keberlangsungan.

3 Jenis Pohon Buah yang Cocok ditanam di Teras

Manfaat pohon yang ditanam di teras telah Anda ketahui. Sekarang, Anda akan mengetahui 5 jenis buah yang biasa ditanam di teras, yaitu:

1. Pohon Mangga

Mangga merupakan pohon yang berasal dari perbatasan India dengan Burma yang kemudian menyebar ke Asia Tenggara. Buah ini dapat Anda nikmati dalam keadaan segar, campuran es, atau sebagai olahan manisan.

Tak heran jika buah ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Perawatan pohon ini juga tergolong mudah. Jika Anda memilih mangga sebagai salah satu pohon buah di teras rumah, Anda tak perlu terlalu repot. Anda hanya perlu menyiram secara rutin setiap pagi dan sore hari. Kemudian, Anda juga dapat memangkas dahan yang menghalangi sinar matahari atau yang sudah rapuh.

2. Pohon Jambu Air

Tanaman selanjutnya yang bisa Anda tanam di pekarangan rumah adalah pohon jambu air. Buahnya yang segar dengan warna merah atau putih yang mencolok sangat cocok untuk jenis tanah yang mempunyai kesuburan tanah baik.

Selain dimakan secara langsung, buah ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai rujak dan asinan. Kayunya bisa Anda gunakan sebagai bahan bangunan atau kayu bakar. Daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus tape ketan.

3. Pohon Rambutan

Rambutan merupakan pohon buah yang berasal dari Asia Tenggara. Pohon ini sangat cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia. Buah rambutan biasanya akan masak pada musim hujan yang terjadi pada bulan Desember hingga Maret.

Pohon rambutan mengandung 75 kalori dan 1,3 – 2 gram serat yang sangat bangus untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan vitamin c yang cukup tinggi juga dapat menjaga kesehatan jantung dan menyehatkan pembuluh darah. Tanamlah pohon ini di pekarangan rumah Anda.

Demikian ulasan kami tentang manfaat pohon buah di teras rumah minimalis, Anda juga bisa membaca artikel kami terkait aneka jenis pohon buah lainnya yang bisa Anda tanam di teras rumah minimalis di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls) editted by AL121220

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *