Kenal Lebih Jauh Tentang Manfaat Plafon dan Tips Memilih yang Terbaik

Saat ini, hampir semua rumah minimalis modern menggunakan plafon. Selain berdampak pada sisi tampilan, keberadaan plafon juga mampu menghindarkan dari berbagai kemungkinan buruk. Misalnya, mampu melindungi dari kebocoran ringan akibat atap yang rusak dan menutupi elemen kelistrikan rumah. Serta, masih banyak manfaat plafon yang disadari atau tidak akan berdampak positif pada ruangan.

Di pasaran saat ini, ada banyak jenis plafon yang bisa dibedakan berdasarkan materialnya. Anda bisa baca artikel kami sebelumnya yang mengulas soal itu. Nah, berhubung ada banyak varian plafon yang bisa dipilih maka penting untuk memilih yang terbaik? Artikel kali ini akan coba memberikan pencerahan pada Anda tentang ragam manfaat plafon dan tips terbaik memilihnya. Jadi, pastikan baca sampai tuntas.

Manfaat Plafon dari Sisi Fungsional dan Estetika

Plafon sendiri digunakan sebagai pemisah batas tembok bagian atas dengan atap rumah. Sistem pemasangannya menggunakan rangka, terbuat dari material yang bervariasi. Plafon sangat direkomendasikan untuk dipasang untuk siapapun yang menginginkan rumahnya jadi lebih rapi.

Manfaat plafon, Manfaat plafon rumah, jenis jenis plafon, manfaat gypsum, manfaat gypsum adalah, manfaat gipsum dalam kehidupan manusia

plafon rumah yang dibuat dengan gypsum – diminimalis.comUntuk itu, Anda mesti kenali dulu manfaat plafon rumah minimalis dari beberapa sisi:

A. Manfaat Plafon Secara Fungsional

Dari sisi fungsi dasarnya, sebuah plafon mampu memberikan berbagai manfaat penting sebagai berikut:

Menjaga lantai dari kebocoran langsung

Plafon yang dipasang di dalam rumah akan membantu mengurangi potensi masalah kebocoran oleh kerusakan atap. Ini jelas akan berguna sekali saat musim hujan tiba. Air hujan tidak akan langsung jatuh ke lantai rumah lantaran adanya plafon yang menjadi penghalang. Tentu efektvitas fungsi tersebut tergantung juga dari jenis plafon yang dipilih. Jadi, inilah alasan dibalik pentingnya memilih plafon yang terbaik.

Membuat ruangan kedap suara

Ruangan yang terpasang plafon dengan baik setidaknya akan mampu meredam suara dalam ruangan. Anda bisa bandingkan dengan ruangan tanpa plafon, jika bersuara pasti suaranya menyebar ke ruangan lain bahkan keluar rumah. Ini terjadi karena secara teori, bagian rumah di bawah atap terhalang oleh plafon sehingga suara tetap di ruangan.

Melindungi lantai dari kotoran hewan rumah

Selanjutnya, plafon juga berfungsi untuk membantu agar ruangan terlindungi dari kotoran hewan yang sering tinggal dalam rumah seperti cicak dan serangga. Bisa dibayangkan jika rumah Anda tidak ada plafonnya maka akan sangat mungkin lantai akan terus kotor oleh hewan-hewan tersebut.

Tempat meletakkan soket lampu

Lampu menjadi bagian terpenting dalam rumah. Keberadaan lampu akan memberikan kenyamanan serta rasa aman pada penghuninya. Lampu itu sendiri dalam pemasangannya memerlukan penyangga atau soket. Elemen soket inilah yang dipasang di bagian tengah ruangan dengan memanfaatkan plafon. Jika tidak ada plafon maka akan ribet mengurus instalasi lampu ruangan.

Untuk memasang antena

Sudah bukan zamannya lagi memasang antena di luar. Selain resiko terkena petir, antena yang dipasang di luar juga rawan roboh akibat angin kencang. Disinilah fungsi plafon bekerja, yang mana sangat berguna untuk menempatkan antena televisi. Setidaknya jika antena berada di dalam rumah akan lebih aman dari sambaran petir dan angin. Plus juga kalau ada masalah bisa lebih mudah diotak-atik.

Bisa juga dimanfaatkan sebagai gudang penyimpanan

Ditengah sulitnya mengalokasikan tempat untuk menyimpan barang-barang tertentu, plafon bisa menjadi solusi. Ya, plafon bisa dimanfaatkan sebagai gudang penyimpanan yang sangat rahasia. Tinggal membuka pintu plafon yang biasanya ada di sudut ruangan berplafon.

desain plafon indah, desain plafon rumah sederhana, desain plafon kayu

desain plafon indah dengan cahaya lampu berwarna putih – diminimalis.com 

 

B. Manfaat Plafon dari Sisi Estetika

Selain banyaknya manfaat plafon dari sisi fungsionalnya, plafon juga bisa memberikan dampak positif dari sisi tampilan ruangan. Nah, apa saja manfaat plafon dari sisi estetika ruangan?

Sebagai penghias ruangan

Manfaat plafon secara umum akan berdampak pada nilai estetika ruangan. Plafon akan mampu memberikan sentuhan yang manis pada ruangan. Apalagi, plafon kini tidak hanya tersedia varian yang polos. Penambahan ukiran hingga cat warna menambah kesan epik pada ruangan dan model ini bisa Anda pilih.

Penunjang keindahan interior

Mungkin memasang plafon memerlukan tambahan pengeluaran yang tidak sedikit. Namun, cobalah untuk melihatnya sebagai investasi. Ruangan yang dipasangi plafon akan memberikan sentuhan keindahan pada interior rumah.

Furniture yang ada akan terlihat mewah. Bisa dibandingkan dengan rumah tanpa plafon, jelas akan kurang istimewa. Dengan paduan lampu yang menyoroti maka tampilannya akan lebih sempurna.

Penutup rangka atap rumah

Ruangan dalam rumah dengan plafon di dalamnya akan membantu menutup rangka atap rumah saat dilihat dari bawah. Tertutupnya rangka atap akan membuat ruangan jadi lebih rapi lantaran rangka yang mungkin berantakan jadi tidak terlihat.

Menyembunyikan elemen instalasi kelistrikan rumah

Kabel untuk keperluan pencahayaan rumah biasanya dibuat menjalar di tembok bagian atas. Keberadaan plafon akan membantu menutupi kabel agar tidak terlihat langsung dari bawah. Pada beberapa kondisi, plafon juga mampu mencegah potensi korsleting akibat ketidaksengajaan tergores dan sebagainya.

Jadi, banyaknya manfaat plafon akan membuat hunian semakin nyaman ditempati. Plafon tidak hanya diandalkan sebagai pemanis ruangan tetapi juga berperan sebagai elemen multifungsi. Anda perlu memperhatikan setiap bagian plafon rumah. Perawatan yang baik dan tepat akan membuat plafon tampak lebih cantik, indah, dan tetap awet.

Tips Memmilih Plafon Berkualitas dan Terbaikk       

Untuk mendapatkan kepuasan memiliki plafon di rumah, ada baiknya Anda praktekkan tips berikut ini.

Pertama, pilih plafon berbahan terbaik

Saat ini sudah banyak model plafon rumah minimalis yang terbuat dari berbagai jenis material. Anda harus memilih yang terbaik agar usaha Anda tidak sia-sia. Pilih plafon yang kuat dan berkualitas dengan harga yang terjangkau. Dengan memulai pemilihan plafon terbaik maka Anda sudah memulai dengan cara yang benar.

Kedua, perhatikan keserasian warna dengan konsep ruang

Selanjutnya, pilih warna plafon yang sesuai dengan tema ruangan. Banyak plafon saat ini hadir dengan warna yang berbeda meski bahannya sama. Jadi, pilih warna yang paling serasi dengan tema ruangan. Misalnya, jika rumah Anda didominasi kayu maka pilihlah plafon berwarna coklat.

Ketiga, pilih desain terbaru untuk kesan elegan

Di pasaran saat ini, produk plafon sudah berkembang cukup pesat. Anda tidak bisa mengacu pada model plafon yang lama jika ingin rumah Anda terlihat elegan. Cari referensi sebanyak-banyaknya tentang desain plafon terbaru, dan pilih yang paling cocok.

Keempat, memilih lampu yang tepat

Plafon yang bagus akan tidak terdukung dengan baik secara tampilan jika dalam memilih lampu sembarangan. Setidaknya Anda harus memilih jenis dan warna nyala lampu yang mendukung tampilan ruangan jadi bagus.

Kelima, memilih jasa pasang yang handal

Hampir sama dengan memilih lampu, menyerahkan project pengerjaan plafon pada pihak yang salah juga berpotensi merugikan Anda. Carilah referensi jasa pasang plafon prosesional yang mampu menawarkan kualitas pengerjaan yag bagus. Jangan lupa untuk memilih yang bersedia memberikan garansi pemasangan. Jika terjadi kerusakan, Adna akan lebih mudah menanganinya.

Mungkin demikian ya penjelasan dan uraian dari kami tentang manfaat plafon dan tips memilih yang terbaik. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk Anda. Salam diminimalis. (ls) editted by RN24042020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.