Perlu diketahui bahwa pergola dapat digunakan sebagai elemen peneduh dan penghias taman rumah. Kata pergola sendiri berasal dari bahasa Italia yaitu pergere yang artinya berjalan atau melanjutkan, kemudian diwujudkan sebagai lorong panjang tembus pandang. Manfaat pergola yang banyak dikenal adalah sebagai pelengkap dan pelindung tanaman rambat dari panas matahari.

Pergola merupakan bagian rumah atau bisa juga berdiri sendiri dan biasanya dibangun sebagai area berjalan santai di samping taman. Jika Anda memiliki taman yang ingin dimake over menjadi lebih cantik, menambahkan pergola bisa menjadi salah satu alternatifnya. Anda bisa menanam anggur, markisa, atau bunga nona makan sirih yang indah sebagai tanaman rambat di pergola Anda.

Manfaat Pergola Bagi Taman Rumah Minimalis

Apa sebetulnya fungsi dan manfaat utama dari sebuah pergola? Fungsi pergola adalah membuat bayangan yang teduh di area rumah atau bangunan. Tujuannya untuk melindungi area berjalan atau area duduk outdoor dari sengatan panas matahari. Lantas apa saja manfaat pergola yang akan Anda dapatkan jika membuatnya?

Pergola Taman Minimalis, Pergola Taman, desain Pergola Taman
Beragam manfaat pergola di taman minimalis Anda – diminimalis.com

1. Memberikan Kesan Alami

Manfaat pergola yang pertama adalah memberikan kesan alami. Ini dikarenakan material yang digunakan biasanya terbuat dari kayu, meski material lain juga kerap dipakai. Tapi, meskipun dibuat dari metal atau beton, pergola tetap memberikan kesan alami berkat tanaman rambat yang tumbuh diatasnya.

Anda bisa membuat pergola taman minimalis di rumah idaman Anda. Tiang-tiangnya dihiasi dengan tanaman rambat serta sudut-sudutnya diletakkan berbagai jenis bunga. Tambahan beberapa tempat bersantai seperti kursi santai akan menambah kesan nyaman yang membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

2. Digunakan untuk Acara Outdoor

Pergola di taman sebenarnya memiliki banyak fungsi penting. Apabila Anda berniat mengadakan acara pernikahan sederhana di rumah dengan konsep garden party, maka pergola dapat dihias untuk area menjamu tamu di taman minimalis Anda. Anda dapat mendekorasi pergola dengan bunga-bungaan agar terlihat cantik dan bisa digunakan untuk mengucapkan janji setia calon pengantin.

3. Menimbulkan Kesan Estetika pada Rumah

Manfaat pergola, Pergola Taman Minimalis, Pergola Taman, desain Pergola Taman
Manfaat pergola dan keindahannya – diminimalis.com

Pergola sebetulnya bukan merupakan bagian utama dari rumah, namun merupakan bagian tambahan yang bisa memberikan estetika dan kekayaan suasana ruang di sekitar rumah. Pergola bisa berada di semua bagian taman, baik di depan, di samping, atau di belakang rumah.

4. Digunakan untuk Tempat Bersantai

Pergola juga bisa ditempatkan di lantai atas, misalnya sebagai perpanjangan teras atau balkon atas, sebagai area bersantai yang nyaman. Di area itu bisa ditempatkan kursi untuk duduk sembari minum teh di sore hari. Apalagi, di musim kemarau akan sangat menyenangkan bila dapat berteduh di bawah tanaman rambat yang asri di bawah pergola.

Mengenal Model Pergola untuk Rumah Minimali

Material pergola mempunyai berbagai variasi, namun yang paling banyak digunakan adalah pergola kayu. Manfaat pergola dari bahan ini dapat Anda gunakan untuk mempercantik apapun jenis taman rumah minimalis Anda. Yuk, langsung saja simak pembahasannya.

1. Pergola Kayu dengan Hiasan

Model pergola yang pertama dapat dikatakan paling standar. Namun, jangan khawatir Anda dapat menambahkan hiasan seperti di setiap sudut pergola dan rangkaian lampu hias yang menggantung. Sedangkan untuk alas duduknya gunakan sofa yang empuk supaya lebih nyaman.

Manfaat yang dapat Anda rasakan ketika memiliki pergola ini dapat digunakan untuk tempat santai di malam hari. Anda dapat menambahkan lilin, bunga, atau aneka tanaman hias. Tempat ini dapat menjadi rehat setelah seharian melakukan aktivitas.

2. Pergola Kayu Bentuk Minimalis

Anda yang mempunyai rumah minimalis dengan halaman yang terbatas dapat memilih model ini. Pergola kayu dengan bentuk minimalis tampil dengan desain kekinian atau lebih modern. Kerangka kayunya membentuk model siku yang dapat menyatu langsung antara penyangga dan atapnya.

Pergola ini dapat digunakan untuk memberikan perlindungan yang lebih maksimal, sehingga tidak mudah keropos dan tetap kokoh. Selain itu, manfaat pergola ini untuk tempat meletakkan kendaraan dan ruang tamu outdoor. Anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman hias yang berbentuk gantung agar terlihat hidup.

3. Pergola Kayu, Dapur Outdoor

Anda suka barbeque atau kumpul-kumpul bersama keluarga dan teman? Anda wajib membuat pergola dengan model ini. Pergola kayu ini dapat Anda gunakan untuk melindungimu dari sinar matahari yang menyengat. Anda dapat membuat membuat pergola ini menyatu dengan meja atau kabinet dapur yang ada dibawahnya.

Anda juga bisa menambahkan bunga gantung agar terlihat lebih bagus dan tidak terlalu polos. Bunga dapat dipasang di penyangga tiang untuk mempercantik tampilan dan lebih manis. Dapur outdoor Anda menjadi lebih berbeda dan unik.

4. Pergola Kayu Bentuk Sederhana

Pergola yang satu ini mempunyai desain yang sangat sederhana. Pergola ini mempunyai tiang empat penyangga pada setiap sudutnya. Manfaat pergola ini dapat Anda gunakan untuk tempat bersantai di ruang terbuka dalam rumah. Anda bisa menambahkan lampu untuk penerangan atau tungku untuk menghangatkan badan. Pergola ini tampak kokoh meskipun tanpa hiasan.

5. Pergola Kayu Bentuk Melengkung

Anda ingin mempunyai pergola yang tidak biasa? Anda dapat menerapkan pergola melengkung ini. Pergola ini dapat Anda manfaatkan untuk menaungi tempat bersantai outdoor . Bentuknya yang setengah lingkaran dapat menutupi seluruh bagian tempat bersantai Anda. Tambahkan juga hiasan seperti lampu lantai bulat yang menyerupai bulan purnama atau meja dengan bentuk abstrak.

6. Pergola Kayu dengan Tanaman Merambat

Pergola selanjutnya adalah pergola kayu yang terdapat tanaman merambat pada tiang dan atapnya. Pergola ini terasa lebih teduh dan membuat suasana taman Anda menjadi lebih nyaman. Selain tanaman daun, Anda juga bisa menambahkan bunga merambat seperti morning glory atau alamanda untuk mempercantik taman rumah minimalis Anda.

7. Pergola Kayu Bentuk Trapesium

Pergola yang sangat cocok untuk taman rumah Anda adalah pergola kayu bentuk trapesium. Pergola ini memiliki ukuran yang cukup besar sehingga sangat cocok diletakkan di taman depan rumah. Celah-celah yang kecil membuat pergola ini sangat teduh. Manfaat pergola ini adalah untuk tempat berkumpul keluarga besar, kumpul dengan teman, dan lain-lain.

Pemeliharaan Pergola Kayu

Apakah Anda sudah memiliki pergola kayu yang sangat eksotik? Selain manfaat pergola yang Anda ketahui. Anda juga wajib untuk mengetahui perawatan pergola kayu. Ini penting agar pergola tahan lama, tidak mudah rusak, dan tetap terlihat cantik.

  • Rutinlah melakukan perawatan

Anda dapat rutin membersihkan pergola kayu dengan mengelap dan menyemprot disinfektan pada bagian-bagian yang terlihat kotor atau berjamur. Bersihkan bagian sela-sela tiang karena bagian ini yang biasanya mudah kotor. Anda dapat membersihkannya dengan lap kering dahulu kemudian menggunakan lap basah untuk menghilangkan kotoran yang menempel erat di kayu.

  • Memilih material yang berkualitas

Sebelum Anda membuat pergola, langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah memilih kayu yang berkualitas. Pergola sangat rentan terkena sinar matahari, hujan, dan debu. Pilihlah kayu dengan kualitas tinggi untuk mempermudah perawatan dan awet.

  • Mengecat kayu secara berkala

Langkah terakhir untuk perawatan pergola kayu adalah mengecatnya secara berkala. Ini bertujuan untuk menjaga kelembaban kayu dan menjaga tampilan agar menarik. Anda dapat menggunakan furniture polish untuk memberikan kesan mengkilap. Jadi apabila kayu sudah terlihat kusam, Anda bisa mulai mengecatnya.

Demikian ulasan kami tentang manfaat pergola bagi taman rumah minimalis. Semoga artikel yang kami sajikan ini bermanfaat untuk Anda. (ls) editted by AL040221.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *