Manfaat Memiliki Sumur Sendiri di Halaman Rumah

Anda yang pemerhati lingkungan sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk membuat sumur karena manfaat memiliki sumur sendiri di rumah akan sangat dirasakan. Sumur telah digunakan sejak dulu untuk memenuhi kebutuhan air mulai dari mencuci hingga memasak. Seiring perkembangan zaman, sumur tidak hanya dijadikan sebagai penampung air, melainkan mencegah lingkungan termasuk rumah dari dampak perubahan iklim.

Sumur Galian, Apa Saja Manfaat Memiliki Sumur Sendiri yang Satu ini?

Manfaat Memiliki Sumur Sendiri, fungsi sumur resapan dan biopori, manfaat sumur resapan air hujan
sumur memiliki banyak manfaat untuk rumah minimalis – diminimalis.com

Sumur yang sering dibuat di rumah adalah sumur gali. Namun, terdapat juga jenis sumbur lainnya yang mempunyai manfaat bagi kehidupan yaitu sumur resapan. Untuk membuat sumur gali dan sumur resapan ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti tanah yang datar, jarak antara sumur dengan septic tank yang tidak terlalu dekat serta struktur tanah yang harus memiliki permeabilitas tanah yang baik. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi seputar manfaat memiliki sumur sendiri di halaman rumah seperti di bawah ini:

1. Pemenuhan Kebutuhan Air 

Jelas bila air merupakan sumber utama kebutuhan rumah tangga yang harus dipenuhi. Dengan adanya ketersediaan air yang cukup, membuat kegiatan rumah berjalan dengan baik mulai dari memasak, mencuci, minum dan sebagainya sehingga Anda dan keluarga terbebas dari masalah kekurangan air.

Manfaat Memiliki Sumur Sendiri, fungsi sumur resapan dan biopori, manfaat sumur resapan air hujan
sumur dapat menjadi alternatif saluran PDAM – dimiimalis.com

2. Dapat menjadi Alternatif Saluran Air PAM 

Bila Anda dan keluarga menggunakan air PAM, biasanya Anda sering sekali menemui masalah pada saluran air PAM dimana air yang mengalir jumlahnya sedikit karena berbagai faktor seperti maintenance. Adanya sumur pribadi dapat menjadi alternatif sebagai cadangan air ketika saluran air PAM tidak berfungsi dengan baik sehingga kebutuhan terhadap air bersih tetap terpenuhi.

3. Mencegah Rumah dari Banjir 

Bagi Anda yang tinggal di kawasan rawan banjir, maka membuat sumur resapan merupakan pilihan yang tepat. Air banjir yang masuk ke dalam rumah akan terhalang dan diresap oleh sumur resapan tersebut, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika musim hujan tiba.

4. Meningkatkan Debit Air 

Manfaat memiliki sumur sendiri selanjutnya adalah meningkatkan debit air. Masih berkaitan dengan hujan, adanya sumur resapan di rumah dapat meningkatkan jumlah debit air. Aliran air hujan akan diserap ke dalam tanah sehingga debit air meningkat dan kelembaban tanah pada halaman rumah tetap terjaga.

Cara Membuat dan Manfaat Memiliki Sumur Resapan Sendiri

Sumur resapan merupakan bangunan rekayasa yang dibangun untuk menampung air yang datang dari atas tanah, misalnya hujan yang kemudian ditampung di dalam sumur resapan ini. Tidak hanya sumur gali yang mempunyai banyak manfaat untuk kebutuhan sehari-hari. Manfaat memiliki sumur sendiri juga dapat Anda rasakan ketika membuat sumur resapan. Berikut manfaat yang dapat Anda rasakan ketika memiliki sumur resapan.

1. Mencegah Terjadinya Banjir

Ketika hujan tiba, maka air akan sangat melimpah dipermukaan tanah atau jalanan. Apabila disekeliling Anda jalanan berupa aspal atau bukan tanah, maka risiko terjadinya banjir sangat tinggi. Oleh karena itu, membuat sumur resapan dapat menjadi solusinya. Memang manfaat memiliki sumur sendiri ini hanya akan Anda dapatkan ketika musim hujan tiba. Namun, air yang sudah tertampung tanah ini juga dapat memberikan cadangan air di masa depan.

2. Memberikan Cadangan Air di Masa Depan

Air yang terus menerus diserap oleh sumur resapan, lama kelamaan dapat menyuburkan tanah dan meningkatkan cadangan air yang ada di dalam tanah. Hal inilah yang dapat berguna untuk kebutuhan manusia dan makhluk hidup lainnya ketika musim kemarau. Mayoritas wilayah Indonesia, terutama saat musim kemarau tiba, cadangan air termasuk air yang ada di sumbur gali menjadi kering.

Manfaat memiliki sumur sendiri berupa sumur resapan dapat menjadi solusi bagi anak cucu Anda kelak saat musim kemarau tiba. Saat kemarau tiba, Anda tidak perlu risau lagi membeli air atau menggunakan air yang tidak bersih. Cukup dengan cara ini dapat menjadi solusi masa depan untuk tidak kehabisan stok air.

3. Mencegah Penurunan Tanah

Tanah yang kekurangan kadar air akan mudah keropos dan mengakibatkan penurunan tanah. Hal inilah yang juga dapat mengakibatkan bangunan ambles atau kerusakan jalan. Apabila dibiarkan, kejadian ini akan mengakibatkan kerugian material dan korban jiwa. Pembuatan sumur resapan, sangat dianjurkan apalagi jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang sangat sulit menemukan daerah yang berlantai tanah.

4. Mengurangi Konsentrasi Pencemaran Air Tanah

Sumur resapan merupakan salah satu jenis sumur yang penting. Kegunaan sumur resapan dapat dirasakan ketika Anda mengetahui manfaat memiliki sumur sendiri. Sumur resapan dapat digunakan untuk mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah. Pencemaran air tanah dapat diakibatkan karena kandungan air yang ada di dalam tanah kurang. Sumur resapan dapat digunakan untuk menjaga kandungan air di dalam tanah agar tetap banyak dan menyuburkan.

5. Mencegah Erosi dan Sedimentasi

Erosi tanah terjadi karena air di atas tanah mengalir sangat deras tanpa diserap di dalam tanah. Adanya sumur resapan, air yang mengalir terutama saat musim hujan tiba dapat mengurangi terjadinya erosi. Sumur resapan tidak hanya dapat digunakan untuk mengurangi terjadinya erosi, namun bisa juga digunakan untuk mencegah sedimentasi pada tanah.

6. Meningkatkan dan Mempertahankan Ketinggian Permukaan Air Tanah

Manfaat memiliki sumur sendiri selanjutnya adalah meningkatkan dan mempertahankan ketinggian permukaan air tanah. Kandungan air yang ada di dalam tanah, apabila tidak disuplai dengan baik maka lama kelamaan akan habis, hal inilah yang akan mengakibatkan ketinggian tanah menjadi berkurang. Dampak dari semua ini adalah bangunan yang mudah ambles dan rusak.

Untuk mengatasi risiko ini, sebaiknya Anda membuat sumur resapan untuk meningkatkan kandungan air di dalam tanah. Adanya sumur resapan juga meminimalisir permukaan tanah yang turun. Keberadaan sumur resapan ini sangat bermanfaat untuk bangunan yang berada di daerah perkotaan.

Cara Membuat Sumur Resapan

Anda sudah mengetahui manfaat memiliki sumur sendiri berupa sumur resapan. Berikut diminimalis sajikan cara membuatnya.

  1. Galilah lubang ditanah dengan diameter 80-100 cm dengan kedalaman mencapai 1,5 m. Perlu menjadi catatan, bahwa kedalaman sumur ini tidak boleh melebihi muka air tanah.
  2. Langkah selanjutnya yaitu memperkuat dinding sumur dengan buis beton, pasangan batu atau bata kosong. Manfaatnya adalah untuk menahan agar dinding sumur tidak mudah longsor.
  3. Buatlah saluran water inlet dari pipa pralon untuk mengaliri air hujan dari talang air ke sumur resapan.
  4. Buatlah saluran pembuangan water outlet dari sumur menuju selokan. Ini bertujuan untuk mengeluarkan limpahan air apabila sumur resapan kelebihan air.
  5. Isilah bagian bawah sumur dengan koral yang mempunyai tebal 15 cm
  6. Terakhir tutup bagian atas sumur dengan plat beton

Itulah beberapa manfaat memiliki sumur sendiri di rumah. Sumur galian dan sumur resapan merupakan pilihan terbaik untuk meminimalisir berkurangnya pasokan air untuk kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan masa depan. Dengan demikian memiliki sumur resapan sendiri, Anda sudah turut membantu mengurangi dampak pemanasan global. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang Manfaat biopori sebagai resapan air di sekitar rumah minimalis Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by AL190521.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.