Salah satu faktor penyebab rumah minimalis banyak diminati adalah karena banyak orang semakin sadar kelebihannya. Manfaat memiliki rumah minimalis sendiri jika mau dijabarkan jawabannya cukup banyak.

Diantaranya adalah konsepnya kekinian sehingga terbilang modern untuk desain hunian saat ini. Kemudian dari sisi budgeting juga lebih murah sehingga kebutuhan biaya pembangunan lebih sedikit alias hemat.

Kalaupun mau beli jadi juga tentu saja harganya relatif lebih murah. Itu adalah beberapa manfaat memiliki rumah minimalis yang sebaiknya dipertimbangkan jika mau membuat hunian baru.

Kelebihan Rumah Minimalis Dibandingkan Lainnya

Kita tahu bahwa rumah minimalis adalah satu diantara banyak gaya bangunan yang sedang gencar dikembangkan oleh para desainer rumah. Tidak heran jika jenis kombinasinya pun banyak, dari mulai gaya klasik, modern, hingga tropis.

Di Indonesia sendiri, konsep minimalis sudah cukup banyak digunakan karena memang sekaligus jadi solusi akan kebutuhan hunian/tempat tinggal yang semakin meningkat.

Dengan konsep hunian minimalis maka kebutuhan lahan bisa ditekan dan pemanfaatannya juga lebih besar. Jika dibandingkan dengan konsep lain, rumah minimalis jelas lebih unggul baik dari sisi desain maupun alokasi anggaran.

Konsep non minimalis secara teori membutuhkan dana lebih banyak karena kebutuhan lahan dan ukuran bangunan yang berbeda [lebih besar].

manfaat memiliki rumah minimalis
Kelebihan dan Manfaat memiliki rumah minimalis – diminimalis.com

Berbagai Manfaat Memiliki Rumah Minimalis Modern

Selain faktor makin berkurangnya lahan yang tersedia untuk area pemukiman, terdapat beberapa alasan lain yang membuat rumah berkonsep minimalis pantas disukai.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa memiliki rumah minimalis terbuka adalah pilihan yang tepat untuk Anda:

Simpel tapi Tetap Representatif

Manfaat memiliki rumah minimalis dari sisi interior ialah mampu menyajikan berbagai nuansa yang berbeda. Desain ruangan dan pencahayaan mampu memberi pengaruh yang menenangkan.

Desain minimalis yang simpel dan umumnya tidak terlalu banyak memberikan elemen dekoratif yang menyesaki ruangan jadi nilau plus tersendiri. Ruangan jadi nampak luas dan terasa lega, dengan kata lain rumah minimalis tetap representatif.

Baca juga: Perbedaan Rumah Minimalis Modern VS Klasik Berdasarkan Desainnya

Penataan yang optimal bisa menunjang kesehatan

Rumah minimalis yang ideal, umumnya meminimalisir barang-barang yang dapat menjadikan ruangan jadi padat dan sesak. Dengan barang-barang yang terpaksa harus dikurangi menjadikan debu jadi tidak punya kesempatan untuk hinggap.

Pada konsep rumah minimalis, penataan barang selalu mengutamakan efisiensi ruang agar mudah dibersihkan dan mempermudah ruang gerak. Dengan pertimbangan tersebut, biasanya barang yang tidak sering dipakai hanya perlu diletakkan pada ruang khusus atau gudang.

Dengan pola penataan seperti ini, Anda bisa meminimalisir debu yang menumpuk. Tidak hanya itu, Anda jadi bisa dengan lebih mudah membersihkan interior rumah setiap saat.

Manfaat Memiliki Rumah Minimalis yang Jarang Disadari 1

Bentuk sederhana sangat menenangkan

Gaya minimalis memang identik dengan bentuk geometris yang mengutamakan nilai estetika. Dikarenakan penataan ruangan yang efisien, maka tak banyak obyek yang menstimulasi otak Anda.

Hal itu dapat menjadikan Anda merasa lebih tenang dan nyaman ketika berada di rumah.

Lebih leluasa memainkan kombinasi warna

Desain minimalis memerlukan penyesuaian warna cat dinding agar menghasilkan tampilan hunian yang menawan. Permainan warna yang tepat sendiri dapat memberikan kesan luas pada ruangan rumah minimalis Anda.

Harganya Relatif Rendah

Manfaat memiliki rumah minimalis lainnya yaitu harganya yang tidak terlalu mahal. Hal ini karena luas rumah yang tidak terlalu besar sehingga budget pun lebih sedikit.

Di tengah harga properti yang terus meningkat setiap tahunnya, rumah minimalis ini bisa dibilang memiliki harga yang cenderung stabil dan terjangkau.

Karena luas rumahnya yang terbilang standar dan harganya yang terjangkau, maka rumah minimalis ini jelas sangat cocok untuk Anda yang saat ini memiliki keluarga kecil.

Mudah dalam Perawatannya

Selain harganya yang terjangkau, salah satu faktor lain yang membuat rumah minimalis ini diminati banyak orang adalah karena perawatannya yang mudah.

Kenapa mudah perawatannya? Sebenarnya sudah bisa ditebak dari ukurannya yang memang minimalis.

Dengan ruangan rumah yang terbilang pas saja, furniture yang digunakan pun jadi tidak terlalu banyak. Dari sinilah memungkinkan pemilik rumah untuk lebih mudah dalam merawatnya.

Baca juga: 15 Gambar Desain Rumah Minimalis Terbuka Yang Menginspirasi

Nilai Investasi Tinggi

Terakhir, manfaat memiliki rumah minimalis lainnya ialah bisa disulap menjadi aset. Walau harga beli/bangunnya tidak terlalu besar, namun model rumah minimalis ini terbilang memiliki nilai investasi yang tinggi.

Hal ini dikarenakan minat dan kebutuhan terhadap hunian yang kian hari semakin meningkat. Sehingga, membangun rumah minimalis bisa menjadi aset jangka panjang.

Untuk perkiraan nilai investasinya tentu faktor lokasi juga berpengaruh. Jadi jika Anda punya lokasi yang bagus, lebih baik bangunkan rumah minimalis. Anda atau keluarga/saudara Anda bisa menempatinya sebelum saatnya dijual.

Mungkin itu saja ulasan dari kami tentang kelebihan dan manfaat memiliki rumah minimalis. Semoga apa yang kami tulis ini bisa bermanfaat untuk Anda jadikan referensi bacaan. Sampai jumpa. (ls) editted by RN07082021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *