Manfaat Membuat Biopori di Pekarangan Rumah Minimalis Anda

lubang biopori yang sudah bisa dimanfaatkan - diminimalis.com

Manfaat membuat biopori di sekitar rumah minimalis kita sangat banyak. Namun sebagai solusi mencegah banjir, penyerapan air tidak optimal bila hanya beberapa rumah saja yang menerapkan sistem biopori ini. Alangkah baiknya, banyak rumah yang serempak membuat sistem biopori, agar lingkungan tersebut dapat terhindar dari banjir. Selain itu, cara membuat biopori sebenarnya tidaklah sulit.

 manfaat membuat biopori, cara pembuatan biopori, kelebihandan kekurangan biopori, cara membuat biopori, cara membuat biopori dan manfaatnya, manfaat
lubang biopori yang sudah bisa dimanfaatkan – diminimalis.com

Biopori sendiri adalah sebuah resapan berupa lubang yang dibuat di sekitar rumah untuk mencegah banjir. Lubang-lubang dalam tanah tersebut, nantinya akan menjadi tempay beraktifitas organisme dan pengendapan sampah organik. Lubang-lubang ini akan juga menjadi tempat berlalunya air di dalam tanah, sehingga efektif sebagai sumber resapan di sekitar rumah Anda.

Lubang resapan biopori dapat maksimal menyerap air setelah kita memberikan amunisi utama ke dalamnya, yaitu sampah organik aatu kompos. Kompos inilah yang nantinya dapat mengembangkan bakteri pengurai, yang nantinya dapat memaksimalkan penyerapan air di lingkungan tempat biopori tersebut dibuat. Metode ini pertama kali dicetuskan oleh Ir. Kamir R Brata, M.Sc, salah satu peneliti dari Institut Pertanian Bogor.

Manfaat Membuat Biopori Sebagai Resapan Air di Lingkungan Sekitar Kita

Manfaat biopori untuk lingkungan sudah dikaui oleh para praktisi peduli lingkungan. Biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air, dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Metode ini dicetuskan oleh Dr. Kamir Raziudin Brata salah satu peneliti dari Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

cara membuat biopori, cara membuat biopori dan manfaatnya, manfaat
membuat lubang sebagai tahap awal pembuatan biopori – diminimalis.com

Peningkatan daya resap air pada tanah dilakukan dengan membuat lubang pada tanah dan menimbunnya menggunakan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang ini kemudian dapat menghidupi fauna tanah, yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah. Teknologi sederhana inilah yang kemudian disebut dengan nama biopori.

Kamir R. Brata sebagai penemu sebetulnya sudah meneliti tentang biopori sejak beliau menjalani kuliah S2 bidang studi Soil Physics di University of Western Australia mulai tahun 1992. Penelitian-penelitian tersebut mulai dikenal luas ketika terjadi peristiwa banjir di Jakarta pada tahun 2017. Pada saat itu, banyak media massa meliput berbagai solusi untuk mengatasi banjir. Sebagian diantaranya datang dan bertanya ke IPB. Ketika Kamir R. Brata menerangkan teknologi bipori, banyak yang terkesan dan akhirnya biopori dikenal luas sebagai solusi untuk mengurangi debit air banjir yang sangat efektif.

Kamir R Brata mengatakan bahwa fungsi biopori bukan hanya sebagai penyerap air akibat hujan, namun juga dapat mengolah sampah organik yang menumpuk untuk dijadikan sebagai kompos yang baik untuk tanah. Pengomposan sampah organik dapat mengurangi aktivitas pembakaran sampah yang dapat meningkatkan kandungan gas rumah kaca di atmosfer. Setelah proses pengomposan selesai, kompos ini dapat diambil dari biopori untuk diaplikasikan ke tanaman.

Namun menurut penelitian oleh LIPI, biopori tidak mampu mencegah banjir, namun efektif dalam menangani genangan air. Dengan dimensi pori-pori yang kecil, maka laju penyerapan air akan relatif lebih lambat dibandingkan dengan debit aliran air ketika terjadi banjir bandang. Selain itu biopori dianggap efektifit untuk mengatasi jentik nyamuk yang merajalela saat musim hujan. Biopori juga dapat meningkatkan aktivitas organisme dan mikroorganisme tanah sehingga meningkatkan kesehatan tanah dan tumbuhan sekitar. Demikian ulasan kami tentang manfaat membuat biopori di sekitar rumah minimalis Anda, semoga bermanfaat.(ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.