Manfaat Lukisan Dinding Dalam Ruangan (Bagian #2 dari 2)

Manfaat lukisan dinding dalam ruangan sebagian telah kami sebut pada artikel sebelumya. Disini kami akan menambahkan beberapa manfaat lukisan yang tidak hanya sekedar sebagai hiasan, namun juga bisa memberikan efek positif bagi jiwa Anda. Di artikel sebelumnya kami telah menyebutkan manfaat lukisan dalam ruangan hingga poin ke 3, Anda bisa membaca artikel tersebut dibawah ini.

manfaat lukisan dinding, inpirasi lukisan dinding, lukisan dinding pemandangan, lukisan dinding ruang tamu, lukisan dinding kamar tidur.
manfaat lukisan dinding dengan tema alam membuar ruang terasa damai- diminimalis.com

Tiga Hal Penting dan Manfaat Lukisan Dinding dalam Ruangan

Meski terbilang remeh, memasang lukisan dalam ruangan tertentu dari rumah memerlukan beberapa pertimbangan penting, diantaranya yaitu:

Pemilihan Lukisan Berdasarkan Ukuran

Anda harus tahu luas dinding untuk mendapatkan gambaran ukuran lukisan mana yang pas untuk dipasang di ruangan tersebut. Tentu ini sangat penting sebab jika Anda memilih lukisan berukuran besar untuk dipasang di ruangan dengan luas dinding yang kecil dan sebaliknya maka akan jomplang. Maka, cara terbaiknya adalah memperkirakan ukuran dinding dan memilih lukisan yang sesuai untuk luas area dinding tersebut.

Jumlah Lukisan yang akan Dipasang

Ini masih ada kaitannya dengan ukuran, jika luas dinding ruangan kecil dan tidak cukup untuk diisi dua lukisan yang ukurannya sama, maka tidak perlu dipaksakan. Berapapun jumlah lukisan yang akan terpasang sebaiknya tetap memperhatikan sisi estetika saja.

Kesesuaian Tema Lukisan dengan Ruangan

Ini hal penting lainnya yang juga tidak boleh Anda lupakan. Pastikan interior ruangan Anda mendukung tema lukisan yang akan dipajang. Jangan sampai kontras karena antara tema lukisan dan ruangannya terlihat sangat jauh dari kata identik.

Manfaat lukisan dinding dalam ruangan rumah minimalis

4. Memancing kreativitas dan daya imajinasi

Baik bagi seniman atau penikmat seni, manfaat lukisan dinding dalam ruangan bisa memancing daya kreativitas seseorang hanya dengan melihatnya atau menjadikannya sebagai kegiatan setiap hari. Dari segi seniman, semakin sering dia melukis, maka pikirannya akan terus terangsang dengan hal-hal yang baru untuk menjadi bahan lukisnya. Dari setiap komponen alam atau imajinasinya, seniman akan menggunakan kreativitas untuk menyempurnakan semua hasil karyanya.

manfaat lukisan dinding, inpirasi lukisan dinding, lukisan dinding pemandangan, lukisan dinding ruang tamu, lukisan dinding kamar tidur.
manfaat lukisan dinding yang bisa merangsang imajinasi – dimi nimalis.com

Sementara bagi Anda penikmat seni, Anda akan larut dengan daya imajinasi pelukis yang juga akan terpatri perlahan dalam ingatan. Semakin hari penikmat seni akan menyukai hal-hal yang lebih eksentrik dan inovatif. Hal ini mempengaruhi cara Anda bekerja, berperilaku, atau memikirkan gagasan dalam memutuskan sesuatu.

5. Meningkatkan semangat harian 

Hal ini tergantung dari jenis dan makna yang hendak disampaikan oleh sang pelukis. Warna-warna yang bisa meningkatkan semangat harian Anda adalah warna terang dan membara. Para pelukis mengenal betul bagaimana gelap terang dari setiap sisi lukisannya untuk bisa memberikan pengaruh semangat bagi penikmatnya. Maka pelukis akan membuat suatu mahakarya dengan memperhatikan setiap detail yang bisa menghidupkan suasana ruangan menjadi lebih ceria.

6. Sebagai sarana edukasi                                       

Sebagian besar lukisan juga tidak hanya digunakan sebagai sarana keindahan atau estetika saja, melainkan juga untuk keperluan edukasi. Lukisan yang digunakan untuk keperluan edukasi biasanya berisi tulisan persuasif dan menggunakan tokoh terkenal untuk menarik perhatian orang yang melihatnya.

Lukisan ini sering kita sebut dengan mural. Lukisan ini bisa berisi semboyan, atau ajakan tidak langsung untuk mempengaruhi sikap dan perilaku orang yang melihatnya. Umumnya lukisan ini biasa diaplikasikan pada dinding ruang umum, namun tidak jarang pula yang menempatkannya di rumah sebagai motivasi bagi pemilik rumah atau tamu yang mengunjunginya.

7. Saluran ekspresi yang tak terucapkan

Bagi para seniman, hal ini sangatlah penting bagi kehidupan mereka. Para seniman cenderung memiliki perangai yang tenang dan terbiasa berdiam diri untuk merasakan suasana alam dengan lebih dalam. Seniman membutuhkan suatu imajinasi yang hanya bisa terbangun pada dimensi lain di pikirannya.

Dalam lukisan, seniman menggambarkn bagaimana keadaan imajinasi yang merupakan wujud dari apa yang selama ini mereka rasakan. Anda pun bisa mengekspresikan diri dengan belajar menggoreskan kuas di atas kanvas, supaya bisa menuangkan apa yang ada dalam imajinasi Anda ke dalam bentuk lukisan.

Demikian ulasan kami tentang berbagai manfaat lukisan pada rumah minimalis bagian #2,  semoga artikel ini bisa memberi inspirasi untuk Anda dalam mendesain interior rumah minimalis Anda. (ls) editted by RN19122019


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.