Siapa bilang keramik mozaik tidak bisa dipakai untuk menghias dinding rumah? Justru, manfaat keramik mozaik sangat kentara ketika dipakai sebagai pelapis dinding rumah lho.

Peranah lihat rumah dengan dinding eksterior atau kamar mandinya berlapiskan keramik ukuran kecil kecil seperti motif kotak-kotak? Ya, itu dia yang disebut dengan material keramik mozaik.

Tidak hanya untuk dinding eksterior saja lho, keramik mozaik bisa dipakai sebagai pelapis dinding interior rumah. Keramik mozaik ini juga sering dipakai sebagai pelapis tembok kamar mandi, terutama bagian bawahnya yang sering terkena percikan air.

Biasanya dipasang satu meter dari lantai kamar mandi agar tembok tak mudah keropos karena terus-terusan basah.

Nah, dari sinilah bisa disimpulkan bahwa manfaat keramik mozaik sangatlah besar sebagai bahan konstruksi rumah salah satunya sebagai lapisan dinding yang unik dan menarik.

Tertarik untuk mengadopsi keramik mozaik sebagai salah satu material pelapis dinding rumah Anda? Yuk, simak berbagai manfaat keramik mozaik untuk lapisan dinding rumah agar setidaknya Anda lebih mantap.

Ruangan-ruangan yang Bisa Diberi Lapisan Mozaik pada Bagian Dindingnya

Keramik mozaik adalah jenis keramik tile yang dibentuk dari potongan-potongan keramik berukuran kecil (mosaic), yang dirangkai membentuk pola tertentu sesuai dengan desain yang diinginkan.

Mozaik sangat fleksibel untuk diolah menjadi aneka desain sesuai dengan berbagai gaya interior, baik minimalis, klasik ataupun etnik. Manfaat keramik mozaik pada suatu ruangan selain sebagai pelindung, juga bisa membuat ruangan menjadi lebih berkarakter ketika dijadikan lapisan tembok.

manfaat keramik mozaik, cara memasang keramik mozaik, harga keramik mozaik
mozaik dengan berbagai motif – diminimalis.com

Seiring kemajuan teknologi, keramik mozaik terus berkembang dan muncul dengan desain dan motif yang selalubaru.

Desainnya berkembang mengikuti tren sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang diinginkan masyarakat. Bila Anda ingin rumah Anda tampil gaya dan unik atau ingin tampil lebih eksklusif, coba pertimbangkan memakai keramik mozaik di rumah Anda.

Hal yang menarik dari keramik mozaik yaitu dalam satu lembarnya, misal yang berukuran 20 cm × 30 cm, dapat terdiri atas warna, motif, dan tekstur yang berbeda.

Bila digabungkan, perpaduan ini akan menghasilkan motif yang enak dilihat dan membuat tampilannya tidak membosankan.

Keramik mozaik dapat diaplikasikan pada backsplash dapur, dinding kamar mandi, lantai, panel ruang keluarga, headboard kamar tidur, foyer, dan elemen rumah lainnya yang sifatnya dekoratif.

Berbagai Kelebihan dan Manfaat Keramik Mozaik Sebagai Pelapis Dinding Rumah Minimalis

Keramik mozaik bisa dibilang merupakan elemen yang sangat cocok untuk diaplikasikan pada dinding rumah minimalis.

Umumnya, keramik mozaik dipasang sebagai penghias kitchen-set. Tidak sedikit juga yang mengaplikasikan keramik mozaik untuk kamar mandi. Jadi, pada interior rumah minimalis, keramik mozaik bisa dipasang dimana saja karena mampu memberikan efek luas pada ruangan dengan motifnya yang beragam.

manfaat keramik mozaik, cara memasang keramik mozaik, harga keramik mozaik
aplikasi mozaik pada dinding dapur – diminimalis.com

Kelebihan penggunaan keramik mozaik untuk diaplikasikan pada dinding rumah minimalis diantaranya:

  • Memiliki daya serap air yang rendah, yang membuatnya mudah untuk di bersihkan dan tahan terhadap perubahan cuaca.
  • Jauh lebih menarik daripada ubin keramik biasa.
  • Mudah dibentuk / dipotong (hanya menggunakan gunting untuk memotong jaring pada bagian belakang mozaik)
  • Memiliki berbagai macam corak dan warna.
  • Memiliki tampilan yang atraktif dan dapat digunakan dalam gaya apapun.
  • Karena uurannya dapat dipotong sesuai keinginan, mozaik dapat digunakan untuk menghias-zona sulit dan area sempit.

Dengan berbagai manfaat tersebut, maka keramik mozaik sering digunakan sebagai bahan finishing untuk dinding supaya terlihat cerah dan glamor.

Baca juga: Cara Memasang Mozaik pada Dinding Rumah dan Tahapan-tahapan Pengerjaannya

Kesimpulan:

Dari ulasan di atas bisa disimpulkan bahwa ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh keramik mozaik selain sebagai material utama lapisan lantai.

Yaitu bisa juga diaplikasikan sebagai pelapis dinding ruangan/kamar untuk menunjukkan kesan unik dengan berbagai kelebihan yang dimiliki.

Jika dibandingkan dengan material lain yang serupa, manfaat keramik mozaik ini bisa dikatakan lebih unggul. Selain karena kelebihan tampilannya tadi, secara harga juga tidak terlalu berbeda dengan keramik biasa sehingga jatuhnya tetap menguntungkan.

Apalagi jika melihat hasil desain yang dihasilkan. Ruangan terasa lebih representatif setelah ada tambahan lapisan mozaik pada dinding rumah Anda nantinya.

Maka dari itu, memilih keramik mozaik sebagai bahan pelapis dinding rumah adalah pilhan yang menurut kami sangat tepat. Silakan dicoba dan buktikan sendiri. Mungkin itu saja ulasan singkat dari kami tentang kelebihan dan manfaat keramik mozaik sebagai pelapis dinding rumah. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN01102021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *