Ada beberapa manfaat gazebo di taman selain sebagai tempat bersantai, yakni untuk menunjang keindahaan eksterior rumah. Gazebo sendiri memiliki atap tapi terbuka di semua sisinya (tanpa dinding) sehingga memberikan keteduhan untuk digunakan sebagai tempat istirahat dan bersantai seluruh anggota keluarga.

Pada beberapa konsep rumah dengan taman, gazebo jadi lokasi yang bagus dan privatif untuk menjamu tamu. Manfaat gazebo di taman rumah makan juga sering dijadikan tempat bersantap, apalagi di dekat area pemancingan.

gazebo indah, gazebo glugu indah, gazebo soka indah, model gazebo taman, harga gazebo
manfaat gazebo di taman minimalis – diminimalis.com

Biasanya gazebo ditempatkan di taman belakang rumah, sehingga bisa ber-quality time sambil menikmati panorama taman yang sejuk dan asri. Pada umumnya, gazebo ditempatkan pada taman rumah yang luas, namun bukan berarti rumah minimalis tidak cocok. Manfaatnya yang banyak dengan penataan yang tepat, gazebo juga bisa diletakkan pada taman rumah minimalis.

Manfaat Gazebo di Taman Rumah Minimalis

Bahan yang banyak digunakan untuk membuat konstruksi gazebo adalah gelugu (kayu kelapa), namun ada juga gazebo yang dibuat menggunakan bambu, batu, besi, aluminium bahkan batu permanen.

Untuk pembuatan gazebo menggunakan bahan permanen, lebih baik direncanakan sejak awal mula pembangunan taman. Hal ini supaya tampilan taman terlihat indah saat ditambahkan gazebo nantinya. Untuk atap gazebo biasanya dibuat menggunakan bahan alang-alang, ijuk, sirap, atau genteng.

Manfaat gazebo di taman, gazebo indah, gazebo glugu indah, gazebo soka indah, model gazebo taman, harga gazebo
contoh dan manfaat gazebo di taman – diminimalis.com

Gazebo juga memiliki desain yang bermacam-macam. Desain ini bisa berupa struktur paviliun yang memiliki berbentuk persegi, segi lima, segi enam, hingga gazebo yang dibuat secara knockdown (bisa dibongkar-pasang). Bila Anda kreatif, Anda juga bisa mendesain gazebo sesuai dengan gaya dan ukuran yang Anda inginkan.

Bila Anda memerlukan gazebo indah untuk event-event tertentu, saat ini banyak jasa yang menyewakan gazebo portable. Rental gazebo ini biasanya digunakan untuk acara pesta pernikahan dan event- event di luar ruangan.

Gazebo merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memanfaatkan halaman rumah yang kosong agar dapat digunakan untuk tempat bersantai dan berkumpul keluarga.

Selain itu manfaat gazebo di taman juga bisa digunakan sebagai tempat bermain anak dan outdoor gathering yang nyaman. Bila Anda memiliki taman di belakang rumah, maka tidak ada salahnya untuk menambahkan gazebo agar bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai keluarga sambil menikmati udara segar dan asri di taman minimalis Anda.

Desain Gazebo Keren Ala Resto

Anda ingin mendapatkan manfaat gazebo di taman dan menikmati model kekinian yang mirip dengan resto? Namun, biaya yang dikeluarkan cukup tinggi? Anda dapat mencoba mengubah halaman belakang menjadi tempat yang nyaman tentunya dengan desain keren seperti gazebo ala resor mewah.

1. Gazebo dengan Konsep Nature

Gazebo dengan konsep “Back to Nature” memiliki konsep berupa pondok kecil dengan bentuk kotak yang menyerupai harmoni di lingkungan sekitar. Gazebo ini terbuat dari material kayu, bagian dalam dilengkapi kasur kecil untuk bersantai. Di bagian depan gazebo ini ada pemandangan berupa air mancur yang menyegarkan.

Di keliling gazebo ini juga terdapat tanaman hias dengan berbagai jenis tipe. Udara yang segar akan membuat Anda tenang dan dapat terhindar dari stres. Bersantai di gazebo ini akan terasa seperti  berlibur di alam terbuka.

2. Gazebo dengan Konsep Berkumpul

Anda yang mempunyai anggota keluarga yang banyak dapat menggunakan konsep gazebo dengan ukuran besar ini sebagai solusinya. Gazebo ini mempunyai sofa empuk disekelilingnya. Sangat cocok juga untuk acara-acara besar seperti arisan atau sekedar untuk latihan sendratari.

Gazebo ini sangat cocok untuk Anda gunakan bersantai di kala weekend atau untuk sekedar mencari inspirasi. Jangan lupa untuk rutin membersihkan gazebo ini karena pastinya banyak debu apabila jarang digunakan dan pergantian cuaca.

3. Gazebo dengan Konsep Romatis dengan Kolam

Jika Anda mempunyai kolam renang di rumah, Anda harus mencoba gazebo dengan konsep ini. Gazebo yang diletakkan di tengah kolam yang menyerupai resor di Bali.

Berada di gazebo ini akan memberikan kesan seperti bersantai di tengah laut. Apalagi ditambah dengan tirai akan semakin romantis persis seperti di resor-resor mewah. Nikmat sekali jika setelah lelah berenang, duduk bersantai di gazebo ini.

4. Gazebo dengan Konsep Tradisional

Rekomendasi gazebo untuk Anda selanjutnya adalah gazebo dengan konsep tradisional. Konsep ini mengacu pada bahan kayu yang digunakan dengan perpaduan desain klasik dan ukiran kayu yang mengusung tema batik.

Di sekelilingnya berbagai tanaman hias dan kolam ikan di depan gazebo akan menambah suasana menjadi lebih menyenangkan. Di gazebo ini juga ada beberapa sofa dan meja teh yang sangat cocok untuk tempat diskusi atau relaksasi.

5. Gazebo ala Pendopo Jawa

Jawa memang sangat kental dengan tradisi dan keelokan budaya yang tradisional. Anda yang suka dengan budaya jawa dapat memilih gazebo ini untuk di tempatkan di hunian Anda.

Gazebo ini mempunyai konsep seperti pendopo di rumah adat jawa yang menyajikan ruangan semi outdoor untuk dapat digunakan dalam berbagai aktivitas. Desain gazebo ini juga sangat otentik dengan tambahan penggunaan material kayu berupa atap limas.

Manfaat gazebo di taman jika model ini ialah dapat menjadi pengganti halaman rumah yang biasanya digunakan untuk acara berkumpul. Selain itu, gazebo ini juga dapat Anda gunakan untuk acara-acara penting seperti pernikahan, tahlilan, atau kumpul organisasi.

6. Gazebo Bentuk Kubah

Jika Anda ingin mendapati manfaat gazebo di taman yang berbeda, maka pilih bentuk kubah. Gazebo ini sangat unik dan beda dari gazebo pada umumnya. Gazebo ini mempunyai bentuk seperti kubah atau setengah lingkaran. Dinding dari gazebo ini mempunyai elemen dengan konsep futuristik.

Meskipun menggunakan bahan kaca tetapi gazebo ini tetap menggunakan bahan kayu sebagai bahan utamanya. Kombinasi dari keduanya akan menghasilkan gazebo yang modern dengan nuansa alam yang tenang.

7. Gazebo dengan Konsep Ala Resor Jepang

Resor ala Jepang pasti menjadi dambaan setiap orang. Apalagi bagi Anda yang menyukai berekreasi ke luar negeri. Konsep dari gazebo ini memang berbeda dari gazebo lainnya. Gazebo ini terbuat dari bahan yang sederhana dengan bahan dari konstruksi kayu.

Gazebo ini dikelilingi oleh bambu yang rimbun seperti hutan dengan nuansa alami. Tidak hanya itu, gazebo ini juga akan semakin terlihat asri dengan tambahan batu alam yang diletakkan sepanjang jalan menuju gazebo.

8. Gazebo untuk Tempat Santai di Tepi Kolam

Terakhir, manfaat gazebo di taman ialah untuk tempat santai jika lokasinya di tepian kolam. Berbeda dengan gazebo yang berada di tengah kolam. Gazebo ini diletakkan  di tepi kolam renang. Fungsi dari gazebo ini tidak lain untuk tempat bersantai setelah Anda lelah berenang.

Tidak hanya itu, gazebo ini juga bisa Anda gunakan untuk tempat bersantai di sore hari dan bahan mengobrol bersama keluarga atau teman. Tentunya dengan pemandangan kolam renang dan taman yang menyejukkan mata. Ditambah minum lemon tea akan menambah kesegaran pada suasana santai Anda.

Demikian ulasan kami tentang manfaat gazebo di taman dan gazebo yang keren ala resto rumah minimalis Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by AL271220.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *