by

Segudang Manfaat Berenang untuk Lansia yang Wajib Anda Ketahui

Pada kesempatan sebelumnya telah dibahas teknik berenang untuk lansia serta waktu terbaik untuk melakukannya pada artikel ini. Sementara itu, manfaat berenang untuk lansia akan kami ulas pada kesempatan kali ini .

Secara umum, berenang yang dilakukan dengan tepat dan teratur akan membawa pengaruh baik bagi tubuh lansia. Hal itu seperti memperlambatnya proses degenerasi karena pertambahan usia dan terbentuknya tenaga cadangan yang akan digunakan tubuh lansia ketika sakit.

Manfaat Berenang untuk Lansia 2-Diminimalis.com
Ilustrasi lansia (Pixabay.com).

Berikut beberapa manfaat berenang untuk lansia yang efektif meningkatkan kualitas kesehatan jasmani maupun rohani kaum lansia.

8 Manfaat Berenang untuk Lansia

Sebetulnya ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh lansia dari berenang yang rutin. Namun, sepertinya manfaat-manfaat itu masih jarang diketahui oleh para lansia.

Mereka cenderung lebih memilih senam atau lari ketimbang berenang, meski tidak dapat dipungkiri kedua jenis olahraga tersebut juga memiliki manfaat tersendiri.

Setidaknya ada 8 manfaat berenang untuk lansia yang kami rangkum untuk Anda, yakni sebagai berikut.

1. Menguatkan Otot Tubuh

Pada saat berenang, seseorang menggerakkan hampir seluruh otot yang ada pada tubuhnya mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Otot kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, hingga otot anggota gerak bawah, semuanya diajak bergerak.

Gerakan otot-otot itu digunakan oleh tubuh lansia untuk mengeluarkan energi guna melawan massa air kolam renang. Akibatnya otot-otot pada tubuh lansia menjadi kuat, sehingga para lansia terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang otot. Salah satu contohnya adalah penyakit rematik.

2. Meningkatkan Kemampuan Jantung dan Paru-Paru

Selain menguatkan otot, manfaat berenang untuk lansia juga dapat dilihat implikasinya pada meningktanya kemampuan jantung dan paru-paru. Mengapa demikian?

Gerakan-gerakan di dalam air yang dilakukan oleh anggota tubuh terutama tangan dan kaki, dapat memperlancar aliran darah menuju jantung dan paru-paru. Dengan demikian, kemampuan jantung dan paru-paru lansia akan meningkat.

Apabila fungsi jantung terjaga dengan baik, niscaya para lansia akan terhindar dari serangan jantung. Selain itu, lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh lansia juga dapat meminimalisir risiko tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Hilangnya kepadatan mineral dalam tulang akan berdampak pada melemahnya kekuatan tulang lansia. Hal itu terus terjadi secara perlahan seiring dengan bertambahnya usia mereka.

Keadaan tersebut dapat semakin parah apabila lansia memiliki riwayat patah tulang atau mengidap penyakit osteoporosis. Namun demikian, keadaan tulang dapat diperbaiki dengan aktivitas berenang yang teratur.

Kekuatan tulang dapat dipertahankan oleh kekuatan lain di luar tulang, yakni kekuatan otot. Gerakan otot yang mengerut dan mengendur selama berenang, dapat meningkatkan kekuatan otot dan otomatis akan memperkuat tulang lansia.

4. Melancarkan Pernapasan

Manfaat berenang untuk lansia diantaranya adalah dapat melancarkan pernapasan. Berenang yang dilakukan dengan benar dan rutin dapat membuat sistem kardiovaskular serta sistem pernapasan lansia menjadi sehat.

Dalam arti lain, dengan berenang pernapasan lansia menjadi kuat dan lancar. Selain itu, pernapasan juga menjadi lebih panjang sehingga lansia tidak mudah lelah.

5. Menurunkan Kadar Lemak

Jika dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya, berenang dinilai lebih efektif dalam membakar kalori tubuh (lemak). Gerak tubuh yang lakukan di dalam air akan terasa lebih berat dibanding ketika dilakukan di luar air. Akibatnya, energi yang dikeluarkan lebih banyak

Kalori dalam tubuh akan terbakar bersamaan dengan keluarnya energi dari dalam tubuh. Semakin banyak energi yang dikeluarkan, otomatis akan semakin banyak kalori tubuh yang terbuang.

Berkurangnya kadar kalori atau lemak dalam tubuh lansia dapat membantu lansia dalam menurunkan berat badan yang berlebih. Dengan kata lain, lansia akan terhindar dari bahaya obesitas.

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Risiko penyakit gula atau diabetes berkurang bersamaan dengan terbakarnya kalori tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa risiko diabetes menurun hingga enam persen pada setiap hilangnya 500 kalori yang terbakar saat berenang.

Dengan berenang 10 menit saja, sebanyak kurang lebih 300 kalori tubuh dapat terbakar. Itu artinya jika lansia berenang selama 30 menit sesuai prosedur yang disarankan, kalori tubuh lansia akan berkurang hingga 900 kalori. Dengan demikian, risiko diabetes pada lansia menurun hingga 10 persen.

7. Mengurangi Ketegangan Pikiran (Stress)

Salah satu manfaat berenang untuk lansia adalah dapat mengurangi ketegangan pikiran (stress) yang tengah dialami. Olahraga yang sifatnya rekreasi ini mampu membuat suasana hati dan pikiran lansia menjadi lebih rileks.

Manfaat Berenang untuk Lansia 3-Diminimalis.com
Berenang dapat menghilangkan stress yang tengah dialami lansia (sumber gambar: Pixabay.com).

Gerakan-gerakan berenang yang bersifat ringan dan santai dapat meningkatkan produksi hormon endorfin. Hormon endorfin ialah zat kimia penekan rasa sakit yang dikeluarkan oleh otak. Oleh sebab itu, berenang menjadi kegiatan yang dianjurkan untuk para lansia ketika mereka mengalami beban pikiran berlebih (stress).

8. Efektif Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pada dasarnya, semua jenis olahraga bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh lansia. Namun, kekebalan tubuh lansia dapat meningkat secara lebih efektif melalui berenang yang teratur.

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa ketika berenang, hampir seluruh otot tubuh bergerak. Dengan demikian, otot-otot tubuh lansia akan terlatih kekuatannya. Tubuh yang kuat tentunya akan kebal terhadap berbagai penyakit yang biasa menyerang kaum lansia.

Itulah 10 manfaat berenang untuk lansia yang membawa dampak baik terhadap kualitas kesehatan. Dapat disimpulkan bahwa olahraga air ini memberikan banyak keuntungan bagi lansia. Selain dapat memperbaiki dan meningkatkan sistem kesehatan, berenang juga dapat menghindarkan lansia dari berbagai penyakit.

Disamping dilakukan secara tepat dan rutin, ada beberapa hal yang juga dibutuhkan lansia agar latihan kekuatan di air ini dapat berjalan efektif. Hal-hal tersebut seperti pemberian nutrisi yang sehat, manajemen stress yang baik, dukungan sosial dari orang-orang terdekat serta dukungan aktivitas spiritual.

Catatan khusus bagi lansia yang memiliki riwayat sakit atau mengidap penyakit tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum rutin berenang. Tujuannya ialah agar tidak terjadi masalah saat melakukan kegiatan air ini.

Demikian tulisan singkat kami mengenai segudang manfaat berenang untuk lansia. Anda juga bisa membaca tulisan-tulisan kami yang lain di Diminimalis.com. Semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.