10 Manfaat Balkon untuk Desain Rumah Minimalis Dua Lantai Anda

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata manfaat balkon untuk rumah minimalis sangat banyak. Diantaranya, penggunaan balkon rumah bisa menambah tinggi citra fasad rumah Anda. Letaknya yang berada di lantai atas, membuat rumah menjadi terlihat megah. Mengingat letaknya berada di lantai atas, sebuah balkon tentunya juga harus memenuhi standar kekuatan yang ekstra. Standar untuk ukuran balkon dihitung berdasarkan standar minimal pergerakan orang. Hal ini dimaksudkan untuk menghindarkan pengguna balkon mengalami kecelakaan.

10 Manfaat Balkon pada Rumah Minimalis Anda

manfaat balkon untuk rumah minimalis, manfaat balkon untuk rumah minimalis, balkon minimalis sederhana
Balkon memiliki banyak manfaat untuk rumah minimalis 2 lantai – diminimalis.com

Balkon memang mempunyai berbagai manfaat yang sangat berguna, salah satunya sebagai tempat pelindung. Nah, untuk manfaat balkon lainnya diminimalis sajikan uraiannya dibawah ini. Berikut penjelasannya:

1. Balkon sebagai Perluasan Ruang

Balkon mempunyai letak yang melekat langsung disamping ruang lantai atas, balkon dapat menjadi solusi untuk perluasan ruang. Misalnya untuk memperluas kamar tidur di lantai atas. Anda bisa membangun balkon di sisi kamar yang berhubungan langsung dengan ruang luar, sisi depan, samping, atau belakang tergantung letak kamar tidur Anda.

2. Balkon menjadi Tempat Favorit di Pagi dan Sore Hari

Berada di lantai atas, tentu balkon lebih memiliki jendela pandang yang luas daripada lantai yang ada di bawahnya. Sehingga balkon juga bisa digunakan sebagai tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan lingkungan di sekitar rumah.

Bila posisi balkon berada di sisi timur rumah minimalis Anda, Anda bisa menikmati sunrise di pagi hari sambari menghirup udara pagi yang segar. Sedangkan apabila posisi balkon berada di sisi barat rumah minimalis Anda, Anda bisa bersantai disana menikmati sunset sembari membaca koran atau buku kesukaan.

balkon rumah minimalis
Balkon menambah tinggi nilai desain rumah minimalis – diminimalis.com

3. Menambah Tinggi Nilai Desain

Manfaat balkon untuk menaikkan nilai desain sebuah elemen bangunan rumah dan organisasi ruang. Sehingga membuat desain rumah lebih bernilai. Balkon bisa membuat bidang dinding menjadi terlihat hidup. Penggunaan balkon juga membuat tampilan fasad terlihat lebih dinamis.

4. Mereduksi Dampak Iklim

Balkon yang menjorok keluar tembok tentunya menyisakan ruang di bawahnya. Sehingga fungsi balkon pun juga bisa untuk peneduh ruang di bawahnya dari panasnya sengatan matahari.

5. Ruang Baca dan Ruang Santai Keluarga

Sebagaimana yang telah disebutkan diatas, balkon cocok untuk tempat santai sembari membaca koran atau buku kesukaan. Bila letaknya tidak persis bersebelahan langsung dengan sisi kamar, maka ruang bagian dalam bisa difungsikan sebagai perpustakaan pribadi, dan balkon sebagai ruang bacanya.

6. Mempercantik Rumah dengan Kebun Kecil

Pembuatan balkon ternyata dapat membuat tampilan rumah Anda menjadi lebih hidup dan menarik. Rumah Anda terlihat seakan-akan terlihat lebih 3D dan nyata. Balkon menjadikan rumah Anda menjadi lebih dinamis. Anda juga bisa mempercantik balkon dengan memberikan sentuhan taman.

Balkon yang menjorok ke luar akan memberikan kesan yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman. Sinar matahari juga sangat baik untuk Anda mendapatkan vitamin D saat pagi hari. Tanamlah berbagai macam bunga dan tumbuhan merambat di setiap sudut balkon. Adanya tanaman akan membuat rumah Anda terlihat lebih asri dan menambah pasokan oksigen di tengah-tengah peningkatan polusi udara.

7. Pembatas Level Rumah

Adanya balkon rumah dapat menjadi penanda antara lantai dasar dengan lantai atas. Rumah Anda menjadi lebih tegas karena dibatasi dengan bangunan yang memayungi bangunan bawah. Kehadiran balkon juga dapat mempertegas skala bangunan. Semakin besar balkon yang Anda bangun, maka skala bangunan rumah Anda juga semakin besar dan luas.

8. Memperluas Jarak Pandang

Manfaat balkon selanjutnya adalah memperluas jarak pandang. Kehadiran balkon di lantai atas ternyata dapat menambah jarak pandang Anda karena terdapat jendela yang lebih luas dibandingkan lantai bawah. Manfaat inilah yang dapat Anda rasakan untuk tempat bersantai sembari menikmati pemandangan bangunan di sekitar.

Agar lebih santai, Anda dapat menambahkan kursi atau sofa empuk dan meja. Letakkan radio mini untuk mendengarkan berita atau musik ditemani dengan secangkir teh di sore hari. Tidak hanya itu, udara di pagi hari yang sejuk dapat Anda gunakan untuk melatih pernapasan guna mengurangi stres.

9. Menjemur Pakaian

Balkon yang mempunyai konstruksi menjorok keluar akan mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak dibandingkan bangunan dibawahnya. Konstruksi inilah yang dapat Anda manfaatkan untuk menjemur pakaian. Namun, perlu menjadi catatan agar pakaian lebih rapi, Anda dapat menghindari menggantung pakaian pada railing balkon.

Anda dapat menggantung pakaian menggunakan jemuran baju alumunium lipat yang dapat dilipat setelah selesai. Dengan begitu, pakaian tidak terlihat berceceran yang dapat mencoreng keindahan rumah. Cara ini juga yang akan membuat rumah Anda tetap cantik.

10. Tempat Bermain dan Belajar

Manfaat balkon yang terakhir yaitu sebagai tempat bermain dan belajar. Anda dapat membangun balkon yang cukup luas apabila ingin digunakan untuk tempat bermain atau belajar bersama teman seperti bermain kartu, membuat lego, membaca buku, atau mengerjakan PR.

Disarankan untuk membangun balkon yang tidak mempunyai rongga yang terlalu lebar. Hal ini untuk menghindari bahaya atau teman yang takut dengan ketinggian. Anda juga bisa menambahkan hiasan menggantung seperti lampu atau loncong, sofa, dan meja untuk menambah kenyamanan Anda dalam mengerjakan tugas.

Tips Memaksimalkan Balkon yang Sempit

Beberapa manfaat balkon telah Anda simak sebelumnya. Sekarang, diminimalis akan memberikan tips bagi Anda yang mempunyai balkon yang sempit, namun ingin terlihat lebih estetik.

1. Ruang Tamu Outdoor

Tips yang pertama untuk memaksimalkan manfaat balkon yang sempit adalah dengan menjadikan balkon sebagai ruang tamu. Anda dapat meletakkan sofa ganda atau sofa single dan sebuah meja. Tempat ini akan menjadi spot yang menarik untuk teman-teman Anda bersantai. Tamu akan sangat senang dengan suasana semilir angin dan cuaca yang sayup-sayup.

2. Area Barberque dan Dapur Mini

Anda yang suka masak atau barberque bersama teman dapat memanfaatkan balkon sebagai solusinya. Cukup letakkan beberapa peralatan barberque atau kompor dan satu atau dua meja kecil untuk tempat penyajian. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi asap yang masuk ke dalam rumah, karena ketika barberque di balkon asapnya akan langsung menguap ke luar ruangan.

3. Taman Hijau

Seperti pembahasan sebelumnya, balkon dapat digunakan untuk meletakkan tanaman kesayangan Anda. Anda dapat menggunakan rumput sintesis sebelum meletakkan beberapa pot tanaman. Setelah itu, barulah tambahkan beberapa tanaman hias untuk mempercantik balkon Anda. Jangan lupa untuk menyiramnya setiap pagi dan sore hari agar tanaman tidak mudah mati.

4. Sudut Estetik

Tips memaksimalkan balkon yang sempit selanjutnya adalah menambah nilai estetika rumah Anda. Anda bisa meletakkan koleksi tanaman hias, menambahkan ayunan, mendekorasi dengan kotak-kotak kayu bekas yang di cat kemudian disusun semenarik mungkin.

5. Sudut Bersantai Zen Desain

Zen desain merupakan desain yang menonjolkan keserhanaan dan nuansa alam. Konsep desain zen cenderung simple, sehingga tidak membutuhkan terlau banyak ornamen. Anda cukup menggunakan tiga elemen dasar seperti kayu, batu putih kecil, dan tanaman hijau.

Adanya ketiga unsur ini akan menambah balkon Anda terlihat lebih sempurna untuk tempat relaksasi dan mengusir penat setelah seharian beraktivitas. Tambahkan juga satu atau dua kursi atau bean bag untuk bersantai.

Demikian ulasan kami tentang manfaat balkon untuk rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang merancang dekorasi balkon minimalis untuk hunian Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by AL070521.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.